Tips Sukses Berbisnis Ala Dahlan Iskan

Tokoh fenomenal Dahlan Iskan tentu sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Tak hanya kiprahnya sebagai Menteri Negara BUMN saja yang sekarang ini sering kita dengar beritanya, namun juga kepiawaiannya dalam menjalankan roda usaha menjadi sorotan berbagai media sehingga tidak heran bila sekarang ini Dahlan Iskan mulai dijadikan sebagai salah seorang narasumber di berbagai acara seminar bisnis.

Dahlan Iskan

Kesuksesannya sebagai Chief Executive Officer Jawa Pos Group dan prestasi kerjanya dalam memimpin berbagai perusahaan besar, menjadi bekal pengalaman berharga bagi Dahlan Iskan sebelum akhirnya menjabat sebagai seorang Menteri BUMN. Nah, kira-kira tips apa saja yang bisa kita ambil dari kesuksesan Dahlan Iskan?

 

Berikut kami informasikan 5 tips sukses berbisnis ala Dahlan Iskan yang bisa kita terapkan dalam merintis sebuah usaha.

1. Tak harus dari keturunan pengusaha
Istilah peribahasa yang berbunyi “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya!” ternyata tak berlaku dalam merintis sebuah usaha. Menurutnya setiap orang bisa dan berhak menjadi seorang pengusaha sukses tanpa harus ada embel-embel garis keturunan dari keluarga pengusaha. Contoh nyata bisa kita lihat dari kisah Dahlan Iskan itu sendiri. meskipun beliau terlahir dari keluarga sederhana yang ayahnya hanya berprofesi sebagai buruh tani dan ibunya sebagai buruh batik, namun Dahlan tidak berkecil hati untuk terus bekerja dan berusaha mencapai kesuksesan yang Ia impikan.

2. Mulai dari usia muda
Sebagian besar pengusaha sukses telah merintis bisnisnya semenjak Ia masih belia. Bahkan kesuksesan Dahlan Iskan pun telah Ia rintis sejak beliau masih remaja. Hal ini perlu diperhatikan para pemula karena ketika kita merintis usaha di usia muda, maka kita masih memiliki waktu cukup panjang untuk belajar, berkembang, dan merasakan jatuh bangunnya merintis sebuah usaha. Dan ketika memasuki usia senja, kita tinggal menikmati keberhasilan dari kerajaan bisnis yang kita bangun.

3. Jangan memaksakan ingin cepat sukses
Tak ada yang instant untuk meraih sebuah kesuksesan. Sebagai seorang pengusaha kita dituntut untuk bisa tahan banting dalam setiap kondisi dan menikmati setiap proses/ perjalanan menuju gerbang kesuksesan. Sebagai seorang pelaku usaha tentunya kita tak perlu takut menikmati pahit manisnya perjalanan bisnis, berani mengambil tantangan untuk menciptakan sebuah peluang, dan jangan pernah bergantung dengan bantuan orang lain.

4. Menjadi pribadi yang cerdas
Dahlan mengungkapkan bahwasannya sebagai pebisnis kita tidak hanya harus pintar melihat peluang namun juga harus bisa mencari jalan keluar dari setiap permasalahan yang mereka hadapi. Kejelian pengusaha dalam membidik peluang dan kecerdasan mereka dalam menuntaskan permasalahan, menjadi modal utama bagi para pengusaha untuk bisa sukses menjawab semua tantangan pasar.

5. Fleksibelitas terkadang dibutuhkan para pengusaha
Meskipun setiap pengusaha memiliki perencanaan jangka pendek maupun rencana jangka panjang, namun terkadang banyak hal bisa terjadi di kemudian hari. Karena itu Dahlan selalu selalu menekankan pada setiap pelaku bisnis bahwasannya fleksibilitas itu sangat penting. Ketika plan A kurang berjalan efektif, maka jangan pernah ragu untuk segera mengambil plan B agar bisnis Anda bisa tetap berkembang di tengah ketatnya persaingan pasar.

Dengan menerapkan 5 tips bisnis diatas, diharapkan kedepannya bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar dan mendatangkan kesejahteraan bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

 

Sumber Gambar :

  1. http://www.metrotvnews.com/image.php?image=bank_images/actual/116796.jpg
  2. http://media.viva.co.id/thumbs2/2011/11/14/131568_dahlan-iskan-saat-berkunjung-ke-redaksi-vivanews_663_382.jpg

3 Komentar

  1. aku bingung harus mulai dari mana dan apa yg harus aku buat untuk mengawali bisnis.kar na laman bisnis yg ku baca setiap hari belum bisa menggugah dan menarik untuk mulai berbisnis.sebetulnya saya sangat perlu dan ingin berbisnis .di karnakan saya lagi dan masih nganggur.tolong perbanyak dan berbagai laman bisnis serta di perjelas.dan juga laman importir nya yg kongrit

    • Mungkin anda perlu mencoba strategi bisnis lain selain MLM. Jd pebisnis katanya harus punya banyak plan. Plan A….B…C….dst…..yaaaaah siapa tau jodohnya bukan di MLM kaaaannnn…………….teriring doa untukmu….semoga berhasil…..

Comments are closed.