Tips Sukses Meningkatkan Bisnis Waralaba Untuk Franchisor

Tips Bisnis WaralabaBerbisnis dengan menjalin kerjasama kemitraan kini menjadi salah satu cara yang ampuh dalam membangun sebuah ladang bisnis. Jenis kerjasama seperti waralaba atau franchise adalah jalan yang banyak dilakoni oleh para pengusaha kelas atas maupun para entrepreneur muda yang belum mempunyai banyak pengalaman di dunia bisnis.

Di Indonesia sendiri, bisnis dengan jenis kemitraan atau waralaba sudah cukup berkembang pesat. Bisnis waralaba mulai dikenal pada tahun 1950-an, yaitu dengan munculnya kerjasama kemitraan bisnis daeler kendaraan bermotor dengan pembelian lisensi. Seiring dengan berjalannya waktu beberapa pelaku bisnis dari berbagai macam produk terus mencoba mengembangkan bisnisnya dengan menawarkan sebuah kerjasama kemitraan waralaba kepada masyarakat luas yang berminat.

Sekarang ini, di negara kita terdapat ribuan jenis bisnis waralaba dengan berbagai macam produk. Sebagian adalah franchise global dan sebagiannya lagi waralaba milik pengusaha Indonesia. Hal ini telah menandakan bahwa kiprak pengusaha muda di Indonesia semakin hari kian bertambah.

Namun, dengan semakin banyaknya pelaku bisnis waralaba tentu saja kompetisi bisnis juga semakin ketat. Jika Anda tidak pandai mengatur strategi bisnis, maka bisnis waralaba yang Anda jalankan dapat berhenti ditengah jalan.

Untuk menghindari hal itu terjadi pada bisnis waralaba Anda, maka ada beberapa strategi bisnis yang harus dilakukan oleh franchisor untuk meningkatkan bisnis waralabanya. Berikut ini adalah tips sukses meningkatkan bisnis waralaba untuk franchisor agar bisnis waralabanya dapat berkembang dengan pesat.

Lakukan analisa pada gerai yang sudah ada

Sebelum Anda melakukan ekspansi dan memperbanyak jumlah gerai, pastikan bahwa Anda telah melakukan analisa internal dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar kinerja gerai yang sudah ada. Jika telah terbukti sekitar 70% gerai yang sudah ada menunjukkan keberhasilannya dalam mencapai target bahkan melebihi sasaran, maka dapat dikatakan bahwa bisnis waralaba Anda tergolong sukses dan sudah siap untuk dikembangkan lebih luas lagi.

Hindari persaingan internal

Yang dimaksud persaingan internal dalam bisnis waralaba adalah persaingan antar gerai-gerai franchise milik Anda. Tidak dapat kita pungkiri lagi jika sekarang ini tidak hanya persaingan dari kompetitor luar saja yang perlu untuk diwaspadai oleh para franchisee atau mitra, namun mereka juga melakukan persaingan dengan pesaing internal atau franchisee sejenis yang membuka gerai di sekitar wilayahnya. Untuk itu, setiap franchisor harus selalu menyasar target pasar baru sebelum melakukan penambahan gerai, sehingga tidak akan terjadi persaingan antar franchisee.

Jaga keseimbangan antara support dan ekspansi

Sebagai seorang franchisor, tentu saja Anda dituntut untuk selalu adil dan juga seimbang dalam menjalankan operasional manajemen. Misalnya saja dengan menyeimbangkan dukungan atau support bagi gerai-gerai yang telah ada, tanpa lupa pula menyiapkan sebuah strategi ekspansi untuk membuka gerai-gerai yang baru. Meskipun demikian, sangat disayangkan bahwa sampai sekarang ini masih banyak para franchisor yang terlalu fokus dengan ekspansi gerai atau penambahan gerai baru, sehingga para franchisee yang telah terdahulu tidak ditanggapi secara optimal yang pada akhirnya gerai mengalami penurunan sampai akhirnya gulung tikar.

Mempertahankan positioning produk

Selain memperkuat manajerial, penting juga bagi para franchisor untuk mempertahankan positioning produk franchisee yang ditawarkan. Setiap produk pasti nya mempunyai siklus hidup yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu mengetahui produk apa saja yang mempunyai waktu hidup cukup lama serta produk mana saja yang siklus hidupnya telah habis. Untuk itu, lakukan evaluasi produk secara berkala agar produk yang Anda tawarkan banyak diminati oleh para konsumen.

Semoga tips bisnis waralaba di atas bisa memberikan inspirasi bagi bisnis waralaba Anda. Maju terus UKM Indonesia. Salam sukses!

1 Komentar

Comments are closed.