Training Pengelolaan Usaha untuk Difabel dan Keluarga di Pengasih

Training Pengelolaan Usaha untuk DifabelBisnisUKM bersama Pusat Rehabilitasi Yakkum Yogya, kembali mengadakan training bisnis pada 10-11 November 2014. Bedanya dengan training sebelumnya adalah pada training lanjutan ini peserta diajak untuk belajar tentang cara mengelola usaha. Peserta training ini masih sama dengan peserta training wirausaha yang diadakan di Kecamatan Pengasih pada 29 September – 1 Oktober 2014 lalu.

Dalam training pengelolaan usaha kali ini, pesera diajak untuk belajar cara mengelola usaha dengan baik melalui implementasi POAC (planning, organizing, actuating, dan controlling). Meski materi cukup berat, peserta tetap antusias karena materi disampaikan dengan bahasa yang ringan dan sehari-hari. Training ini dinarasumberi oleh Ekoheru Utomo, SE sebagai training utama BisnisUKM.com. Sesuai peserta paham dengan pengelolaan manajemen ukm, materi pada hari pertama ini berlanjut ke tatacara mengelola fasilitas dan bahan baku usaha. Fungsi pengendalian bahan baku dilakukan untuk mengendalikan bahan baku agar tidak sampai kelebihan atau kekurangan stock.

Di hari kedua, peserta diajak untu belajar manajemen proses produksi, mulai dari bagaimana merencanakan produk, bentuk apa yang akan dihasilkan, hingga pengendalian proses mutu produk hingga sampai ke konsumen. Peserta pun dijelaskan juga tentang pentingnya pembuatan kemasan yang menarik untuk meningkatkan penjualan produk.

Adanya pelatihan ini diharapkan mampu memberi gambaran secara lebih luas bagi para difabel dan keluarga dalam menjalankan bisnisnya. Mereka dapat mandiri secara finansial dan meningkatkan ekonomi keluarga. Maju terus pebisnis pemula, maju terus UKM Indonesia! Salam sukses.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba