Trend Pemasaran di Social Media Tahun 2014

social mediaSesuai dengan hasil pantauan yang ada di lapangan, saat ini hampir setiap pebisnis online memanfaatkan social media sebagai salah satu alat promosi yang terbilang sangat efektif. Mudahnya cara berpromosi di social media, serta tingginya minat masyarakat kita untuk berinteraksi melalui social media, menjadikan alat promosi yang satu ini menjadi pilihan tepat untuk memasarkan produk atau jasa di dunia maya.

Bahkan, saking efektifnya pemasaran di sosial media, sekarang ini situs online tersebut menjadi senjata ampuh bagi pemilik toko online untuk memasarkan serta memperkenalkan produk atau jasa mereka tanpa harus mengeluarkan biaya promosi yang cukup besar.

Meski awalnya social media diciptakan sebagai tempat untuk berinteraksi dengan teman dan handai taulan di dunia maya, namun di era digital seperti sekarang ini bukan hal yang tabu lagi bila kita memanfaatkan social media untuk membuka lapak dagang di ranah online.

Agar tak kalah bersaing dengan pelaku bisnis online lainnya, simak trend pemasaran di social media yang memberikan efek luar biasa bagi pemasaran toko online Anda di tahun 2014 ini.

Membuat Google+

Melihat kesuksesan Google sebagai raksasa mesin pencarian online, rasanya tak heran lagi bila social media ciptaannya pun juga memberikan efek yang luar biasa pada perkembangan bisnis toko online. Melalui Google+ kita bisa menginformasikan keberadaan toko online kita, mengupload produk atau jasa yang kita tawarkan, serta mengumpulkan teman atau calon konsumen yang memiliki ketertarikan sama dengan bisnis toko online Anda. Tidak hanya itu saja, Google+ juga memudahkan toko online kita untuk terindeks oleh mesin pencarian Google.

Membuat Facebook

Seperti kita ketahui bersama, Facebook dan Twitter masih menduduki peringkat pertama pertama di Indonesia. Meski di US sendiri Facebook telah mengalami penurunan, namun di Indonesia jumlah pengguna Facebook justru semakin bertambah banyak sehingga Anda bisa membuat fanpage FB untuk menggaet calon konsumen di dunia maya.

Membuat Twitter

Kendati pertumbuhan Twitter tak sepesat pertumbuhan Facebook, namun jejaring social yang satu ini mampu memberikan keuntungan yang cukup signifikan bagi pemasaran bisnis toko online. Melalui platform tersebut, para pemilik toko online bisa membangun loyalitas konsumen dan mengumpulkan follower twitter sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan kepercayaan dari para konsumen.

Situs berbagi foto

Selain konten tulisan, sekarang ini trend pemasaran 2014 yang cukup efektif untuk mendongkrak penjualan online yaitu menggunakan konten visual seperti misalnya media foto. Melihat perkembangan gadget yang semakin hari kian berkembang pesat, situs berbagi foto seperti misalnya Instagram, Pinterest, Path, dan lain-lain pun belakangan ini mulai banyak digunakan oleh kalangan masyarakat luas.

Konten video

Strategi pemasaran melalui video menjadi alternatif tepat di tahun 2014 ini untuk mendatangkan penjualan besar di dunia maya. Semakin banyak perangkat ponsel pintar yang beredar di kalangan masyarakat luas, semakin kreatif pula cara konsumen untuk melakukan pencarian produk. Termasuk salah satunya melalui konten video yang banyak dishare ke media berbagi video, seperti misalnya YouTube, Vimeo, Vine, dan lain sebagainya.

Membuat LinkedIn

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, diprediksikan pada tahun ini LinkedIn bakal menjadi pemain besar untuk pemasar B2B (Business to Business). Melihat sekarang ini LinkedIn berdiri stabil sebagai situs jejaring sosial bagi professional, tak heran bila kini LinkedIn memposisikan dirinya sebagai sumber terbesar bagi professional serta tempat berkumpulnya pelaku bisnis.

Membuat MySpace

Suka atau tidak, diprediksikan pada tahun 2014 ini MySpace akan berkembang cukup pesat. Karenanya, Anda bisa melakukan upaya branding produk dengan membuat akun di situs MySpace. Dengan menggunakan MySpace, kita dimungkinkan untuk terhubung dengan pengguna lainnya, menerima pesan pribadi, serta mendengarkan stasiun radio personal.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pebisnis online dan salam sukses!
Jabat Kaban
Jabat Kaban, ST

Serius menekuni bisnis sejak kuliah semester 6 di Universitas Brawijaya Malang, dengan bisnis pertamanya adalah perakitan komputer. Sejak itu jatuh bangun menjalankan berbagai macam bisnis pernah dialami (lebih dari 20 jenis). Puncaknya di tahun 2006 ketika bisnis-bisnis tersebut berjatuhan, mengalami kerugian hingga milyaran Rupiah. Setelah itu berbagai upaya dilakukan untuk bisa bangkit, salah satunya dengan mempelajari bagaimana berbisnis dengan menggunakan teknologi internet. Dimulai dari berjualan e-Book, menjadi broker toko tenda sampai membantu pemasaran mesin-mesin pertanian.

Establishing Business :

1. PT. KHALIFAH NIAGA LANTABURA

Aneka Mesin : Produksi Mesin Rekayasa Teknologi Tepat Guna.

www.anekamesin.com, www.anekaindustri.com (2007 – Now)

2. PT. LANTABURA MEDIA

Sumber gambar : http://cdn2.business2community.com/wp-content/uploads/2013/12/social-media-new1.jpg