Trend Pemasaran Ramadan 2021 Biar Cuan Tetep Ngalir

Begini trend pemasaran ramadan tahun 2021 yang bisa bikin cuan semakin mengalir deras. Momen ramadan adalah saat yang paling ditunggu oleh umat muslim diseluruh dunia. Bahkan bulan ramadan adalah bulan yang kerap jadi peluang bagi para pelaku bisnis untuk meraup keuntungan.

Pada bulan ramadan gaya hidup masyarakat berubah menjadi lebih konsumtif. Sehingga aktivitas belanja cenderung meningkat 2 hingga 3 kali lipat. Tentu hal ini memberikan peluang dan keuntungan bagi para pelaku bisnis. Kemudian banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan besar selama bulan ramadan.

Untuk kamu yang tidak mau bisnismu stuck ditempat dan mau terus berkembang. manfaatkan bulan ramadan ini dengan mulai menyusun beberapa rencana promosi yang akan kamu gunakan. Strategi tersebut sebagai senjata agar kamu tetap bisa bersaing dipasaran. Bahkan menaikkan penjualan beberapa kali lipat selama bulan ramadan.

Trend Pemasaran Ramadan 2021

Sebagai pelaku bisnis sudah sepantasnya untuk secepatnya mulai menyusun strategi pemasaran yang akan digunakan menjelang bulan ramadan. Persiapan yang dilakukan ini berlaku untuk para pemula, pelaku usaha kecil mikro, maupun menengah.

Kesempatan untuk meraih untung besar selama ramadan ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Ini merupakan kesempatan bagus bagi pelaku bisnis untuk memperkenalan produk besar-besaran. Berikut ini adalah beberapa poin trend pemasaran ramadan yang bisa kamu jadikan referensi :

Konten Produk Berkaitan Dengan Ramadan

Untuk menyambut bulan ramadan tiba maka sudah sepantasnya menyiapkan strategi pemasaran. Salah satunya dengan membuat konten yang relevan dengan tema ramadan. Jangan lupa untuk membuat konten yang berkaitan dengan produkmu. Kombinasikan elemen ramadan dengan produk yang kamu jual.

Dengan begitu konten yang kamu buat akan menarik trafik website di mesin pencari google. Menurut beberapa pengamat analis trafik selama ramadan, konten yang berkaitan dengan ramadan naik hingga 4 kali lipat. Maka sebaiknya kamu menyiapkan konten mulai dari sekarang.

Aktif Update Konten

Untuk membuat akun jualanmu tetap ramai selama bulan ramadan. Maka pastikan kamu selalu aktif update konten untuk memancing interaksi calon konsumen. Pastikan juga kamu upload konten di waktu efektif ketika orang aktif di sosial media.

Waktu efektif orang online di sosial media berubah selama ramadan. Selama ramadan orang aktif sosmed dalam 3 waktu. Pagi, siang dan malam, pada pagi hari sekitar setelah sahur hingga jam 08.00. Siang pada pukul 11.00 hingga 15.00. Terakhir setelah shalat terawih sekitar pukul 20.00 hingga 22.00.

Konten Video

Konten visual berupa gambar dan video memang cenderung lebih menarik ketimbang tulisan. Sehingga perkembangan konten paling populer kini bergeser pada konten video.

Video yang dikemas dengan tambahan efek tentu akan membuatnya lebih menarik dan hidup. Maka buatlah video promosi produk yang ada kaitannya dengan ramadan. Dengan penggunaan konten video akan semakin memperkuat konten.

Maksimalkan Media Online

Trend pemasaran bisnis tahun 2021 ini lebih cenderung pada iklan video. Sebab video dinilai lebih menarik dengan tambahan efek dan filter. Salah satu media online yang bisa membantu meningkatkan penjualan adalah youtube dan tiktok.

Pengaruh kedua media tersebut sangat kuat, hanya dalam hitungan menit informasi dapat dengan mudah tersebar dan menjadi viral. Tentunya karena banyaknya masyarakat yang menggunakan media ini. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai media untuk melakukan promosi.

Jangan lupa untuk membuat konten video yang menarik dan juga kreatif. Konten yang simpel dan kreatif akan mudha dipahami dan para penggunanya juga akan menikmati konten yang informatif, menghibur dan relevan.

Konten Ibadah Puasa

Berbicara soal tema konten, baik itu konten video maupun gambar selain dibuat menarik. Sesuaikan dengan tema ramadan dengan membuat konten yang kaitanya dengan ibadah puasa. Buat konten dengan sesuatu yang dapat menarik perhatian. Tema ramadan yang bisa diambil bisa berhubungan dengan ibadah puasa.

Maksimalkan Toko Online

Era modern ini membuat para masyarakat lebih suka bermain sosial media melalui mobile phone. Untuk membuat penjualanmu tetap naik beberapa kali lipat selama bulan ramadan kamu perlu menyusun strategi promosi.

Pastikan jika aplikasi dan tampilan website yang kamu gunakan lebih efisien dan user friendly. Berikan layanan transaksi yang lebih mudah. Contohnya sistem pembayaran yang mudah dan aman dengan menggunakan pihak ke tiga.

Optimalkan Promosi Mobile

Selama bulan ramadan gaya hidup masyarakat berubah drastis menjadi lebih konsumtif. Perubahan selama bulan ramadan tersebut banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk berbelanja. Ada beberapa jenis produk yang mengalami kenaikan selama bulan ramadan.

Salah satunya adalah makanan dan minuman, tiket kendaraan, fashion, pulsa dan paket data, handpone dan alat elektronik lainnya. Bagi para pelaku bisnis yang menawarkan jenis produk diatas. Maka jangan sampai ketinggalan untuk memanfaatkan promosi ini di mobile selama bulan ramadan hingga lebaran.

Promosi Produk Paling Populer

Seperti yang sudah kita bahas dipoin sebelumnya bahwa beberapa produk akan mengalami kenaikan permintaan. Jika kamu adalah salah satu pelaku bisnis yang terjun dalam bidang tersebut alangkah lebih baik jika kamu membuat promosi yang menarik untuk dilihat calon konsumen. Bisa dengan memberikan diskon atau potongan harga.

Promosi Dibeberapa Sosmed

Sekalipun kamu sebagai pemula tidak masalah mencoba beberapa sosial media untuk promosi. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada hanya terfokus pada 1 jenis media online untuk promosi saja. Maksimalkan dengan menggunakan semua sosial media seperti facebook, instagram, youtube, tiktok, SEO, google my bussines, website, marketplace dan pinterest.

Meskipun masih pemula tidak masalah dan tidak akan tertinggal. Asalkan mau belajar sedikit demi sedikit dan berprogres. Maka bukan mustahil jika akhirnya kamu menguasai semua platform tersebut untuk berjualan. Seiring berjalannya waktu pun nanti semua platform tersebut akan berkembang.

Sekian pembahasan kita tentang trend pemasaran ramadan 2021 yang bisa kamu jadikan referensi untuk menyusun strategi pemasaran selama bulan ramadan ini. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat memberikan ide maupun solusi bagi para pembaca.

Leave a Comment