Inspirasi Bisnis

UKM Gallery : Solusi Pemasaran Produk UKM

pameran produk di ukm galerryMenghadapi dampak krisis global yang mulai terasa sejak awal tahun 2009 ini perlu adanya campur tangan pemerintah untuk membantu dunia usaha. Sejak januari hingga maret tahun ini volume ekspor Indonesia sudah menurun 35%, jika hal ini berlanjut maka medio tahun ini diperkirakan dunia usaha mengalami bleeding.

Tidak ingin keadaan ini berlarut pemerintah mulai membuat terobosan dengan mendirikan UKM galerry. UKM gallery ini diharapkan bisa memberikan secercah harapan bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk bertahan pada terpaan badai krisis.

Pemerintah melalui Meneg Koperasi dan UKM Suryadharma Ali meminta UKM Gallery di Gedung Smesco Indonesia di Jalan Gatot Subroto, Jaksel, dapat menjadi lokomotif untuk menarik gerbong industri kreatif.

UKM Gallery di tiga lantai gedung tersebut mulai hari ini menampilkan berbagai produk usaha kecil menengah (UKM) unggulan dari seluruh Indonesia. Sebelumnya galeri tersebut hanya memasarkan produk furnitur dan asesoris saja.

Pengelolaan galeri ini harus cermat untuk mendapat cara terbaik menarik pengunjung. Misalnya melalui acara fashion show, lomba desain maupun talkshow yang bisa menarik minat massa yang banyak.

Karena itu gerai tiga lantai itu jangan hanya sekadar tempat promosi dan pemasaran produk, tetapi juga dapat menjadi sarana strategis menggerakkan produsen, sarana inovasi, dan penggali produk unggulan daerah.

UKM Gallery diharapkan mampu memberi jawaban atas dampak krisis krisis finansial global karena terbukti menurunkan ekspor poduk UKM ke manca negara akibat menurunnya daya beli masyarakat dunia.

Dengan adanya UKM Gallery ini diharapkan para pemilik UKM tidak pesimistis menghadapi krisis, tetapi justru harus dijadikan momentum mengoptimalkan pasar lokal serta melakukan penetrasi pasar alternatif ke kawasan Eropa Timur, Timur Tengah dan Afrika.

Baca Juga  Ide Bisnis Rumahan Dari Korea Yang Bisa Anda Tiru

Kain Tenun Gringsing dari Bali
UKM Gallery memasarkan kain tenun Gringsing dari Bali sebagai salah satu produk unggulan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUMKM) yang ditampilkan di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta Selatan, mulai 3 April.

Harun Kussuwardhono, Direktur Lembaga Layanan Pemasaran (LLP-KUMKM) selaku pengelola UKM Gallery, mengemukakan beragam produk kerajinan lainnya dari seluruh Indonesia akan ditampilkan dengan harga kompetitif. Tidak hanya keindahan batik hasil karya maestro, UKM Gallery juga akan menampilkan beragam kerajinan songket, tenun, asesoris, patung, anyaman, furniture serta produk interior.

Produk yang ditampilkan di tiga lantai Gedung Smesco Indonesia, telah melalui proses seleksi yang ketat, baik desain, kualitas bahan baku, proses produksi sampai pada kemasan produk. Kain tenun Gringsing yang dihasilkan melalui metode ikat ganda, saat ini hanya ditemukan di Gujarat, India dengan nama tenun Patola. Proses pengerjaan satu lembar tenun Gringsing lebih dari setahun.

Sebuah terobosan dari Pemerintah  yang patut dihargai, dimana kebijakan yang lebih mengedepankan usaha kecil dan menengah memang diperlukan jika ingin memajukan perekonomian bangsa ini. Kita masih ingat ketika pada waktu krisis 1998 yang merontokkan kongkomerasi besar, tetapi UKM mampu tampil sebagai penyelamat.

Sumber Gambar : UKMcentre.org