Usaha Bakso Tusuk Jadi Pilihan Untuk Bisnis Modal Kecil

Usaha bakso tusuk bisa dibilang makin bertambah di Indonesia. Mulai dari wilayah perkotaan dan pedesaan saat ini bisa ditemui pelaku usaha bakso tusuk. Sebab bakso yang pada mulanya dijadikan makanan utama sekarang telah diinovasikan sebagai jajanan yang mengenyangkan menjadi bakso tusuk. Bakso pada dasarnya telah menjadi salah satu sajian kuliner favorit kebanyakan orang Indonesia. Sajian makanan dengan bentuk khas bulat ini juga mudah ditemukan di banyak tempat. Mulai dari kaki lima, keliling, warung, sampai restoran.

Peluang Usaha Bakso Tusuk

Melihat bahwa bakso merupakan kuliner yang familiar dan banyak disukai orang dari berbagai kalangan menjadikan peluang usaha bakso makin menjanjikan. Termasuk peluang usaha bakso tusuk yang merupakan bentuk inovasi dari kuliner bakso. Usaha bakso tusuk hadir sebagai bentuk inovasi untuk menjadikan sajian bakso lebih mudah dinikmati oleh semua kalangan dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu usaha bakso tusuk juga memberikan cara baru bagaimana menikmati sajian kuliner bakso.

Usaha Bakso Tusuk Jadi Pilihan Untuk Bisnis Modal Kecil
food.grab.com

Pada umumnya bakso disajikan dalam mangkuk dengan dampingan mie kuning, bihun, seledri, sawi hijau, tetelan daging sapi, disiram dengan kuah kaldu sapi dan taburan bawang goreng. Tapi berbeda dengan bakso tusuk yang menawarkan kesan lain dalam menikmati sajian bakso. Di mana bakso tusuk tidak menggunakan daging sapi sebagai bahan utama tapi daging ayam. Sebab harga jual yang dipatok oleh para pelaku usaha bakso tusuk juga lebih terjangkau dibandingkan dengan harga bakso sapi. Selain itu usaha bakso tusuk hadir untuk memberikan konsep baru menjadikan bakso sebagai camilan yang mengeyangkan harga murah meriah. Bakso tusuk saat ini sudah jadi jajanan favorit banyak orang.

Konsep Usaha Bakso Tusuk

Untuk menjalankan usaha bakso tusuk ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar sebab biaya produksinya juga tidak besar. Usaha bakso tusuk sangat cocok untuk kamu yang ingin memulai bisnis modal kecil dengan keuntungan yang mejanjikan.

Sudah ada bukti nyata pelaku usaha bakso tusuk yang bisa meraup omzet puluhan juta dalam sebulan. Dia adalah Ibu Sainah asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengawali usaha bakso tusuk dengan dagang keliling. Sampai pada akhirnya bisa mendirikan beberapa outlet di Yogyakarta. Bahkan saat ini produk bakso tusuknya sudah diinovasikan dalam beragam produk. Mulai dari bakso mercon sampai bakso frozen food.

Ada beberapa pilihan konsep usaha bakso tusuk yang bisa kamu jalankan. Pertama adalah konsep waralaba, di mana kamu membeli sistem bisnis yang sudah ada kamu tinggal mengaplikasikan dan menjalankannya. Kedua adalah konsep kaki lima, kamu bisa memulai usaha secara mandiri dengan skala kaki lima. Pilihlah lapak jualan di lokasi yang strategis terutama di dekat sekolah atau kampus. Ketiga adalah konsep kedai, kamu bisa menyewa tempat untuk warung atau kedai bakso tusuk. Ketika memilih konsep kedai ini kamu perlu memperhitungkan betul terkait modal sebab biaya sewa tempat tidak murah.

Persiapan Memulai Usaha Bakso Tusuk

Sudah menjadi kebiasaan yang umum kalau anak muda itu suka jajan. Mulai dari anak sekolah, anak kuliahan, bahkan mereka yang sudah kerja juga suka membeli beragam jajanan. Termasuk salah satunya bakso tusuk yang menjadi incaran mereka. Selain mengenyangkan bakso tusuk ini juga harganya terjangkau untuk kantong pelajar dan anak-anak muda. Ketika kamu akan memulai usaha bakso tusuk ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Simak beberapa persiapan untuk usaha bakso tusuk.

1. Tentukan Konsep Bisnis Bakso Tusuk

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa setidaknya ada tiga konsep bisnis yang bisa kamu pilih untuk usaha bakso tusuk ini. Ketika kamu memilih konsep usaha kaki lima atau kedai yang pada dasarnya dijalankan secara mandiri persiapannya akan lebih banyak. Untuk konsep bisnis kaki lima kamu bisa memanfaatkan etalase atau gerobak yang mobilitasnya mudah. Supaya tidak menyulitkan kamu ketika membuka lapak. Kalau kamu memilih konsep bisnis kedai, maka perhitungkan dengan betul terkait modal, biaya operasional, dan pendapapatan.

2. Rencana Produksi Bakso Tusuk

Untuk menghasilkan bakso tusuk yang enak dan disukai konsumen tentu kamu perlu perencanaan yang matang. Mulai dari pemilihan bahan sampai proses produksinya. Dalam menyusun perencanaan produksi ini kamu perlu membuat daftar belanja bahan. Buatlah rencana produksi dengan terlebih dulu melakukan riset supplier bahan. Pilihlah supplier yang memang berkualias, terpercaya, dan harga penawarannya sesuai dengan budget usaha kamu. Jadi setiap kali kamu belanja bahan untuk produksi bakso tusuk tidak perlu berpindah dan mencari supplier baru.

3. Buatlah Inovasi Produk

Kalau pada umumnya para pelaku usaha bakso tusuk menawarkan konsumen dengan menu yang sama, kamu bisa berinovasi lebih kreatif. Misalnya selain menyediakan bakso tusuk kuah kamu juga menyediakan menu bakso tusuk bakar. Bisa juga dengan variasi lain yaitu bakso tusuk mercon, bakso tusuk ikan, bakso tahu, bakso tusuk goreng, bakso tusuk jamur, dan inovasi produk bakso tusuk lainnya yang bisa kamu kembangkan. Bisa juga dengan menambahkan variasi saus atau sambal untuk bakso tusuk yang kamu jual. Misalnya sambal kacang pedas, sambal setan,  serta sambal lainnya.

Resep Bakso Tusuk

Untuk menghasilkan bakso tusuk yang sesuai dengan selera konsumen tentu bukan proses yang instan. Perlu adanya percobaan sampai kamu bisa menciptakan resep yang menghasilkan bakso tusuk dengan cita rasa yang konsisten dan sesuai selera konsumen. Berikut ini resep sederhana dan cara pembuatan bakso tusuk yang bisa kamu kembangkan.

Bahan

– Telur 1 butir

– Tepung terigu 2 sdm

– 1 sdm tepung tapioka

– Bawang putih 3 siung 

– Daun bawang

– Garam secukupnya 

– Merica secukupnya

– Penyedap rasa secukupnya

Bahan Sambal Saus

– Saus sambal

– Kecap

– Mayones

Cara Pembuatan

1. Pertama daging ayam dihaluskan dengan campuran bawang, garam, dan merica. Bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya.

2. Kemudian siapkan adonan tepung dengan menambahkan telur dan adonan daging ayam yang telah digiling. Tambahkan juga penyedap rasa dan irisan daun bawang.

3. Aduk adonan hingga kalis. Kemudian bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Ukuran bulatan disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Setelah itu siapkan panci yang berisi air dan tambahkan sedikit minyak ke dalamnya.

5. Masukkan adonan bakso yang telah dibentuk bulatan ke dalam panci. Tunggu sampai bakso matang ditandai dengan bakso yang mengambang ke permukaan. Angkat dan tiriskan.

6. Setelah dingin, tusuk bakso dengan tusuk sate sesuai selera. Sajikan dengan saus.

7. Bakso tusuk siap dinikmati.

Itulah ulasan mengenai usaha bakso tusuk yang bisa kamu jadikan ide bisnis modal kecil. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa memberikan kamu inspirasi untuk memulai bisnis modal kecil ya. Ikuti terus artikel tentang ide usaha modal kecil lainnya hanya di bisnisukm.com Teruslah berkembang untuk menjadian usaha kamu #NaikKelas ! Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya semakin banyak orang yang terpacu untuk menjalankan usaha. Salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba