Inspirasi Bisnis

Usaha Kerajinan Kaca Mintorogo, Dilirik Keluarga Presiden Joko Widodo

Mintorogo pemilik usaha kerajinan kaca Risang Aji

Mintorogo, pemilik usaha kerajinan kaca ini tak pernah menyangka akan dilibatkan dalam pernikahan putri presiden Joko Widodo.

Hajatan pernikahan putri semata wayang Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution menyisakan cerita manis bagi beberapa usaha kecil menengah di Kota Solo. Salah satunya usaha kerajinan kaca milik Mintorogo ini. Mintorogo mendapat pesanan souvenir pernikahan putri presiden dan harus berpacu dengan waktu untuk mengerjakannya.

Awalnya Mintorogo sama sekali tak menyangka, utusan keluarga presiden mendatangi rumah sekaligus tempat usaha kerajinan kaca yang ia beri nama Risang Aji, di Kampung Kauman, Setabelan, Banjarsari. Kedatangan utusan keluarga presiden disambut baik oleh Mintorogo meski ia belum mengetahui siapa mereka dan tujuan kedatangannya ke Risang Aji.

“Saat utusan keluarga Presiden datang, saya sedang tidak di rumah. Namun setelah beberapa jam, utusan tersebut kembali lagi ke sini (Risang Aji.red),” kisah Mintorogo saat ditemui BisnisUKM di showroom sekaligus workshopnya tersebut.

Mintorogo mengaku sempat kaget saat utusan tersebut mengungkapkan keinginannya untuk memesan produk kerajinan grafir kaca Risang Aji. Pria 48 tahun tersebut semakin kaget karena pesanan tersebut ternyata digunakan sebagai souvenir pernikahan putri semata wayang Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

kerajinan kaca untuk souvenir pernikahan

Inilah beberapa contoh kerajinan yang dipesan keluarga Presiden Joko Widodo. Ada 500 kerajinan yang dipesan dan semuanya dikerjakan Mintorogo secara manual.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Awalnya pesanan berjumlah 1.000 buah. Namun, karena harus dikerjakan secara manual, Mintorogo hanya menyanggupi 500 buah saja. Dalam pengerjaannya, Mintorogo memang hampir tak menggunakan mesin. Satu-satunya mesin yang ia gunakan yaitu mesin gerinda, itu pun hanya untuk menghaluskan potongan.

“Alhamdulillah seluruhnya (pesanan.red) ada 500 buah. Jujur, saya bangga sekaligus tak menyangka keluarga presiden akan melibatkan usaha kecil seperti di tempat saya ini dalam pernikahan putrinya, Mbak Kahiyang,” aku Mintorogo sambil tersenyum.

Bentuk, Motif dan Filosofi Souvenir Kaca Mintorogo

mintorogo pengrajin grafir kaca

Menurut Mintorogo cepuk berbentuk datar pesanan keluarga presiden memiliki pesan mulia yaitu semakin tinggi seseorang ia harus tetap merakyat.

Pihak keluarga presiden memesan beberapa jenis kerajinan grafir kaca yaitu souvenir model segi enam, model segi lima, nampan, serta tempat cincin. Semuanya memiliki filosofi tersendiri. “Kalau model segi enam ini agak unik, terutama bagian cepuk (bagian tutup.red). Cepuk ini tidak mengerucut ke atas, tapi datar. Bagi saya ini menandakan bahwa seorang pemimpin memang harus merakyat,” ungkap Mintorogo.

Souvenir yang dipesan tidak hanya unik bentuknya, tapi juga motif yang disematkan penuh filosofi. Sesuai pesanan keluarga presiden, Mintorogo membuat kerajinan kaca tersebut dengan menyematkan motif batik sidamulya. Motif sidamulya sendiri merupakan motif batik yang menggambarkan kesejahteraan dan hidup yang tentram.

Workshop Risang Aji

Workshop Risang Aji, tempat Mintorogo memproduksi souvenir pernikahan putri tunggal Joko Widodo.

Ditanya soal beban, Mintorogo mengaku sedikit terbebani dengan nama besar Presiden Joko Widodo. “Kalau kesulitan tidak ada karena sehari-hari memang membuat kerajinan kaca. Tapi kalau beban, bagi saya ada sedikit beban karena pemesannya orang nomor satu Indonesia. Jadi harus benar-benar bagus kualitasnya dan tepat waktu,” ungkap Mintorogo.

Meskipun terdapat kendala, Mintorogo akhirnya berhasil memenuhi pesanan 500 kerajinan kaca sebagai salah satu souvenir dalam pernikahan putri Presiden Joko Widodo. Souvenir tersebut diberikan kepada tamu undangan resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby pada 8 November silam.

Risang Aji Jadi Surganya Kerajinan Kaca

produk kerajinan kaca grafir

Pesanan dari presiden memotivasi Mintorogo dalam berkarya dan mengembangkan Risang Aji.

Bagi Mintorogo bukan nominalnya saja yang jadi perhatian, namun juga kebanggaan dapat menjadi bagian dari hajatan keluarga sekaliber keluarga presiden. Mintorogo pun mengaku pesanan dari keluarga presiden meningkatkan motivasinya untuk berkarya.

Saat ini telah banyak produk kerajinan kaca yang dibuat Mintorogo. Semuanya berjajar rapi di rumahnya, mulai dari perabotan ruang tamu seperti lampu, bingkai lukisan, dan wadah tisu, hingga perabot dapur seperti gelas dan piring.

Total sudah ribuan produk yang Mintorogo hasilkan dari kiprah membangun Risang Aji ini. “Harapannya, ke depan Risang Aji mampu menghasilkan produk kerajinan kaca yang terbaik. Dan saya sendiri dapat terus berkarya di dunia usaha ini,” harap Mintorogo.

Selain aktif mempromosikan usaha kerajinan kaca melalui media sosial, Mintorogo juga aktif dalam pengembangan pariwisata Kota Solo berbasis usaha kecil menengah. Produk-produk buatan Mintorogo sering tampil dalam berbagai ajang pameran mewakili Kota Solo.

Produk-produk tersebut dibandrol dengan harga bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Harga produk Mintorogo sebanding dengan bentuk, ukuran, serta rumitnya pengerjaan.

Tim Liputan BisnisUKM
(Rizki B.P)
Kontributor BisnisUKM.com wilayah Solo Raya