Dari Usaha Kerajinan Kreatif, Produk Wanita Ini Rambah 65 Swalayan

Dari Usaha Kerajinan Kreatif, Produk Wanita Ini Rambah 65 Swalayan

Yogyakarta – Ika Sofiana, owner usaha kerajinan kreatif celengan Yogya rutin mengikuti Bazar atau pameran di sekitar Yogyakarta. Hanya dalam kurun waktu 2 tahun usaha kerajinan kreatif yang ia rintis kini banjir pesanan. Pesanannya tak hanya dari perorangan, melainkan sudah berhasil merambah ke 65 swalayan, sekolah, dan lainnya.

Pada kesempatan kali ini tim liputan BisnisUKM.com menemui sang pengusaha kerajinan kreatif celengan dari Yogyakarta dan berhasil bertemu langsung dengan Ika Sofiana sang owner Celengan Yogya. Bagaimana mau tahu kelanjutan kisahnya dalam merintis usahanya? Simak wawancara eksklusif kami dengan sang pengusaha langsung ini.

Kisah Perjalanan Merintis Usaha Kerajinan Kreatif

Merintis Usaha

Kapan pertama kali usaha kerajinan celengan ini dirintis? Dan kapan Anda mulai berani ikut bazaar?

”Usaha kerajinan celengan Yogya dirintis mulai 2014, tapi kami baru berani ikut bazaar tahun 2015. Dari pertama ikut bazaar itu langsung ada yang pesan ratusan untuk souvenir ulang tahun anaknya. Tentu peluang emas ini membuat kami semakin optimis untuk serius menekuni usaha ini,” ungkap ika.

“Dari melihat potensi bazaar yang luar biasa, membuat saya ketagihan mengikuti even serupa. Di bulan – bulan selanjutnya pun saya akhirnya terus mencari informasi di sekitaran Yogyakarta yang akan mengadakan event dan membuka stand bazar,” tambahnya.

Cara Memasarkan

Lalu, bagaimana cara Anda mendapatkan info bazaar?

Bazaar usaha kerajinan celengan
Bazaar usaha kerajinan celengan

”Nah jadi kalau di jalan saya sering memperhatikan baliho jika ada info bazar, saya langsung gercep dan terus kontak. Dan apabila harga standnya cukup terjangkau, kami langsung ikut mendaftar. Karena saya merasakan ikut bazaar membuka peluang pemasaran yang sangat potensial. Bisa bertemu konsumen langsung, dan berinteraksi dengan mereka. Dalam satu bulan kami bisa ikut 1-2 bazar,” jelasnya.

Ika melanjutkan, bisa bertemu langsung dengan konsumen dan berinteraksi menjadi momen penting. Karena selain bisa memberikan informasi tentang keunggulan produk, juga mendapat masukan langsung dari konsumen untuk perbaikan kualitas produk ke depannya.

Pemasaran Yang Efektif

Apakah pemasaran produk kerajinan melalui event bazaar cukup efektif?

“Selain interaksi, tak jarang kami juga langsung mendapat pesanan perorangan namun dalam jumlah banyak yang memesan secara berkala. Misalnya pada bazaar di Kaliurang, celengan kami langsung diborong oleh wisatawan dari Kalimantan. Beberapa bulan sekali konsumennya itu datang ke Yogya untuk memborong celengan dan dijual kembali disana,” katanya.

Ternyata potensial juga buka lapak di kawasan wisata seperti di Kaliurang. “Dan sampai saat ini setiap Minggu saya berjualan celengan di sana dengan dibantu putri sulung saya,” tutur ibu tiga anak ini.

Strategi Pemasaran

Selain rutin mengikuti bazaar, strategi pemasaran seperti apa yang pernah Anda jalankan?

Usaha kerajinan celengan yogya

“Selain rutin ikut bazaar, pengalaman saya menjadi sales alat tulis selama 5 tahun menjadi modal awal menembus puluhan toko dan swalayan di Yogyakarta. Dari toko satu ke toko lainnya saya mencoba melakukan penawaran. Dan dari kerja keras itu pula, saya memiliki pesanan tetap di 65 swalayan setiap pekannya,” jelas Ika.

Ia juga bercerita pada kesempatan bazar di tempat berbeda Ika pernah mendapat konsumen dari seorang guru sekolah dasar (SD) yang memesan rutin celengannya setiap tahun ajaran baru. “Celengan tersebut dibagikan ke murid-murid sebagai souvenir dari sekolah. Dari situ pula, saya mendapat pelanggan orang tua murid yang juga memesan celengan untuk putra-putrinya maupun sebagai kado ulang tahun,” terang Ika ketika .

Kapasitas Produksi

Berapa kapasitas produksi celengan Yogya setiap harinya?

“Dengan dibantu 6 orang karyawan, setiap harinya kami mampu membuat sedikitnya 50 buah kerajinan celengan. Tiga orang bekerja di pagi hingga sore hari, ketiga lainnya bekerja dari sore hingga malam hari. Itupun masih belum mampu memenuhi kebutuhan pasar, hal itulah yang menjadi kendala kami saat ini,” tutur Ika yang kini didukung penuh oleh suami yang juga ikut terjun mengelola usaha kerajinan ini dan meninggalkan pekerjaan sebelumnya.

Kendala Yang Dihadapi

Selama menjalankan usaha kerajinan celengan, kendala apa saja yang Anda hadapi?

”Meski terkendala jumlah karyawan yang memproduksi dan permodalan usaha, tapi saya tidak mau berhutang. Saya hanya mengambil beberapa persen keuntungan untuk peningkatan produksi. Semampunya dulu, sebisanya dulu jangan sampai hutang,” papar wanita 38 tahun ini.

Perkembangan Usaha

Terakhir, apa harapan Anda untuk perkembangan usaha celengan Yogya?

“Saya berharap kedepannya area penjualan celengan Yogyakarta bisa makin luas hingga ke luar kota. Karena beberapa kota besar misalnya Jakarta, sudah beberapa kali memesan celengan dengan jumlah hingga ribuan buah,” pungkasnya.

Kunci Sukses Produk Ada Pada Kemasan

Nah lalu apa yang menjadikan kunci sukses dalam usaha? Salah satu yang menjadi faktor kesuksesan dalam usaha adalah adanya kemasan yang menarik. Dengan adanya kemasan yang menarik tentu akan membantu membuat produkmu jadi lebih dikenal luas dan dapat meningkatkan penjualan.

Sekarang buat para pengusaha apapun itu tak perlu binggung lagi. Kami punya solusinya, untuk mendapatkan berbagai jenis kemasan dengan desain yang menarik dan kekinian Anda bisa pesan di dikemas.com, berbagai jenis kemasan tersedia, mulai dari kemasan minuman, makanan, snack, sambal bahkan fashion semua tersedia.

Tertarik Usaha Kerajinan Kreatif? Pelajari Hal Berikut

Cukup sekian ulasan inspirasi yang dibagikan oleh pengusaha kerajinan kreatif celengan ini. Semoga dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca sekalian. Cukup menarik bukan kisah yang dibagikannya? Semoga bermanfaat ya. Untuk mendapatkan lebih bayak inspirasi seperti diatas dan yang lebih menarik lagi bisa di cek di website bisnisukm.com.

Di bisnis UKM Anda bisa menemukan berbagai informasi mengenai usaha mulai dari peluang usaha, memulai usaha, inspirasi bisnis, pemasaran, video bisnis, bisnis online dan masih banyak lagi. Salah satu artikel bisnis yang bisa Anda jadikan bahan untuk belajar. Pengusaha sukses yang produknya telah mendunia yakni pemilik produkhijab elzatta. Simak bila ingin sukses bisnis harus ada dasar ilmu dan keseriusan.

Untuk Anda yang belum memiliki usaha dan ingin memulai usaha namun masih binggung usaha apa, kami ada solusinya. Anda bisa bergabung dengan mitra agen franchise, berbagai macam waralaba makanan dan minuman bisa Anda pilih dan ajak kerjasama.

Jangan sampai terlewatkan pula inspirasi lain dari video liputan bisnis kuliner, Anda bisa belajar bisnis juga dari kisah inspiratif yang dibagikan oleh pengusaha sukses. Sedikitnya ada 50 lebih jenis video liputan pengusaha cafe, restaurant dan rumah makan. Kini tersedia sebanyak 242 video liputan dari berbagai macam jenis usaha yang bisa Anda jadikan pelajaran.

Salah satunya bagaimana cara memulai usaha, bagaimana mendapatkan modal usaha, cara memilih lokasi usaha, menjaga resep, sistem produksi yang dilakukan, startegi pemasaran yang digunakan, manajemen keuangan, manajemen SDM dan bagaimana mengembangkan usaha.

Tim Liputan UsahaUKM

(Titis A.W)

Kontributor UsahaUKM.com wilayah Yogyakarta

1 thought on “Dari Usaha Kerajinan Kreatif, Produk Wanita Ini Rambah 65 Swalayan”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba