Usaha Roti Kukus Srikaya dari Rumah, Laris Manis Lho!

Usaha roti kukus srikaya bisa jadi alternatif ketika pandemi. Beberapa waktu belakangan, roti ini memang sedang viral di media sosial. Tekstur rotinya lembut, sedangkan selainya manis sehingga mudah membuat siapa saja ketagihan. Beberapa cofee shop bahkan memasukkan roti kukus srikaya ke dalam menu mereka. Jadi kamu bisa lihat tingginya minat masyarakat terhadap roti ini kan?

Ternyata pembuatan  roti kukus srikaya mudah lho. Bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak, usaha roti kukus srikaya bisa kamu coba di rumah. Tapi sebelumnya kita simak dulu yuk kelebihan hingga analisis modalnya. Dengan begitu kamu akan punya gambaran nih.

Kelebihan Usaha Roti Kukus Srikaya

Apa saja kelebihan kalau kamu mau memulai bisnis ini ini?

a. Tidak Perlu Modal yang Besar

Bahan-bahan untuk membuat roti kukus srikaya tidak susah ditemukan di warung ataupun swalayan. Selain itu, harganya juga tidak terlalu mahal. Fakta kecil dari roti ini: tidak memerlukan srikaya asli yang mungkin hanya ditemukan dalam musim-musim tertentu. Jadi untuk kamu yang biayanya terbatas, mungkin bisa mencoba nih.

b. Mudah dibuat

Kamu cukup membuat roti kukus dan juga selai. Perkiraan waktu yang diperlukan adalah 30 menit. Jadi bisa dibilang roti ini tidak memerlukan cara khusus untuk membuatnya. Untuk kamu yang bekerja dan ingin mendapatkan tambahan uang, bisa mencoba bisnis roti kukus srikaya karena tidak memerlukan biaya besar dan pembuatan tidak rumit.

c. Roti Kukus Srikaya Punya Rasa yang Mudah Disukai

Perpaduan antara roti kukus dan selai srikaya membuat roti ini tidak terlalu manis yang bisa membikin eneg. Banyak kalangan masyarakat yang merasa campuran antara keduanya membuat rasa jadi seimbang.

Kekurangan

Kekurangan yang utama adalah kamu tidak bisa melakukan pengiriman ke wilayah yang terlalu jauh. Selai dan roti mungkin akan mengalami perubahan rasa. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah menguatkan penjualan di lingkungan sekitarmu. Ada beberapa mode usaha yang bisa kamu lakukan. Baca terus artikel ini ya.

Usaha Roti Kukus Srikaya dari Rumah, Laris Manis Lho!
inews.id

Analisis Modal

Analisis modal ini hanya untuk 21 buah (2 bungkus).

Bahan roti              Jumlah            Jumlah
 Tepung terigu           500 gr            Rp.  6.000
 Gula pasir              125 gr            Rp.  2.500
 Mentega putih           100 gr            Rp.  3.000
 Air                     200 ml            Rp.  2.000
 Fermipan                1/2 bungkus kecil Rp.  2.500
 Bahan selai
 Telur (hanya kuningnya) 5 biji            Rp.  6.500         
 Santan                  400 ml            Rp. 16.000
 Air                     400 ml            Rp.  2.500
 Daun pandan             20 lembar         Rp.  5.000
 Gula pasir              230 gr            Rp.  5.000
 Tepung terigu           3 sdm             Rp.  2.000
 Tepung sagu             1 sdm             Rp.  1.000
 Total biaya                               Rp. 54.000
 Total biaya (1 roti)                      Rp.  3.600
 Total biaya (30 roti x 25 hari)           Rp.2.700.000
 
Alat                      Jumlah            Harga
 Blender                   1                 Rp.100.000          
 Baskom stainless          2                 Rp. 50.000
 Pengukus                  1                 Rp.150.000    
 Total                                       Rp.300.000

Total Biaya Operasional
 Bahan Baku (25 hari) + Modal Awal
 Rp.2.700.000 + Rp.300.000                = Rp.3.000.000
 
Estimasi Pendapatan Awal
 Rp. 7.000 (harga jual roti kukus srikaya perbiji)x 30 bungkus x 25 hari                                  = Rp.5.250.000
 
Penghitungan Laba Satu Bulan
 Estimasi Pendapatan - Biaya Operasional
 Rp.Rp.5.250.000- Rp.3.000.000            = Rp.2.250.000

Cara Membuat Roti Srikaya:

  1. Membuat roti: cairkan mentega putih (bisa juga diganti dengan minyak sayur, sesuaikan selera). Setelah itu seluruh bahan dicampur jadi satu. Uleni sampai kalis. Kalau sudah, bagi adonan menjadi tiga.
  2. Giling dan bentuk bulat memangjang, kemudian tata menggunakan kertas roti. Diamkan selama kurang lebih 50 meniy sampai mengembang.
  3. Setelah mengembang kukus selama 20 menit, atau jika dirsaa sidah matang.
  4. Angkat dan dinginkan, setelah itu baru dipotong-potong.
  5. Membuat selai: Blender pandan dengan air. Kalau sudah saring.
  6. Campurkan seluruh bahan selai jadi satu, kemudian saring kembali.
  7. Masak dengan api sedang sembari diaduk hingga mengental dan meletup. Matikan api.
  8. Masukkan selai ke dalam adonan roti, bentuk seperti isian sandwich.

Langkah Memulai Bisnis Roti Kukus Srikaya

1. Menentukan Segmentasi Pasar

Sudah tahu mau dipasarkan ke mana jualanmu? Roti semacam ini akan populer di kalangan anak muda. Jadi kamu bisa mengincar anak sekolah, mahasiswa, atau kalangan milineal yang biasa nongkrong di kafe. Sesuaikan harga jual dengan ukuran supaya rotimu dapat menjangkau banyak kalangan.

2. Tentukan Model Bisnis yang Akan Kamu Lakukan

Jika sudah tahu siapa konsumen yang kamu incar, saatnya menentukan model bisnis yang ingin kamu lakukan.  Ada beberapa alternatif nih, yuk kita kupas satu-satu:

a. Konsinyasi

Titipkan di swalayan, kantin sekolah, kantin kampus, atau coffe shop yang biasa disinggahi anak muda. Ada banyak tempat yang bisa jadi pilihan, untuk meningkatkan kesan kamu bisa bermain di kemasan. Tips kecil ketika melakukan konsinyasi: untuk awalnya jangan langsung menitipkan dalam jumlah banyak. Sebagai tester kamu mungkin bisa menitipkan 4 atau 5, baru setelah itu melihat antusiasme dari konsumen. Jika dirasa respon yang didapat bagus, silakan ditambahkan.

c. Platform Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk mengenalkan bisnis roti kukus srikayamu. Jangan lupa ambil foto yang bagus agar semakin banyak orang tertarik. Apa jasa fungsi dari media sosial yang bisa kamu maksimalkan?

1. Memperluas jaringan pelanggan roti srikayamu dengan cepat.

2. Meningkatkan popularitas roti srikaya.

3. Mendapatkan testimoni yang bisa digunakan untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan lain.

d. Pesan-Antar untuk Usaha Roti Kukus Srikayamu

Kamu tidak perlu menyewa toko untuk memulai usaha ini, kamu bisa melakukan produksi di rumah maupun kos. Maksimalkan promosi dan gunakan layanan pesan antar secara maksimal. Gunakan foto yang menarik dan menggugah rasa penasaran calon pelanggan. Jangan lupa tuliskan deskripsi secara jelas.

3. Tingkatkan Branding Bisnis Roti Kukus Srikayamu

Kualitas rasa adalah cara paling cepat untuk meningkatkan popularitas merekmu. Lakukan cara ini dengan terlebih dahulu melakukan tester kepada orang-orang sekitar. Minta respon jujur dari mereka agar kamu bisa fokus memperbaiki kelemahan-kelemahanmu. Kedua, gunakan kemasan yang baik dan unik.

4. Strategi Pemasaran Bisnis Roti Kukus Srikayamu

a. Tawarkan Promo dan Diskon

Di awal kamu bisa menawarkan beli satu dapat satu (lagi). Minta pelangganmu untuk memberikan testimoni. Untuk respon yang baik, pajang di akunmu.

b. Buka Akun Bisnis

Apa keuntungan menggunakan akun bisnis? Kamu bsia perkembangan usaha, mulai dari berapa banyak pengguna yang mencari akunmu, sejauh mana interaksi yang terbangun, hingga rentang usia yang melakukan akses.

5. Evaluasi Usaha Bisnis Roti Kukus Srikaya

Saatnya melakukan evaluasi usahamu nih, kita buat daftarnya agar gampang ya:

a. Bagaimana masyarakat merespon roti srikayamu? Adakah komplain, pujian, dan saran? Jika ada, segera lakukan perbaikan.

b. Apakah pemasukan dan pengeluaranmu sudah sesuai? Jangan lupa untuk membuat laporan keuangan agar tahu apakah bisnismu termasuk sehat atau tidak. Dengan begitu kamu juga bisa menghitung keuntungan yang didapatkan. Kamu juga harus memisahkan keuangan pribadi dan untuk produksi ya.

c. Apakah bisnismu sudah masuk stabil? Penjualanmu sudah aman atau belum? Jika sudah mungkin saatnya untuk membicarakan inovasi apa yang ingin kamu lakukan supaya tidak tersaingi dengan bisnis lain ya.

Nah di atas sudah dipaparkan potensi bisnis satu ini ya, semoga artikel ini melecutmu sampai tertarik. Kalau tulisan ini kamu rasa bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya dengan teman-teman sekitar. Sekarang, apa kamu sudah mulai tertarik untuk mengisi peluang usaha roti kukus srikaya ini?

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment