Penerima Hibah BPUM Bisa Akses Platform Edukasi Online “Link UMKM”

Tahukah kalian kalau ternyata pencairan BPUM tahap 3 belum ada. Menurut Kementerian Koperasi dan UMKM bantuan yang saat ini dicairkan baru akan memasuki tahap 2. Berdasar data kemenkop UMKM sampai sebelum lebaran 2021 BPUM sudah dicairkan ke 9,8 juta penerima. Pencairan berdasarkan data penerima lama dan baru.

Dari hasil keputusan rapat KCPEN bulan Maret 2021 direncanakan dana hibah sebesar 15,36 triliun. Dari jumlah tersebut sebesar 11,76 triliun sudah dibagikan kepada 9,8 juta penerima. Renacananya masih ada 3,6 triliun yang akan diberikan pada 3 juta penerima.

Harapannya 3,6 juta triliun ini yang akan masuk dalam BPUM tahap ke 2. Seperti yang kita ketahui bersama jika pengusul BPUM tahun ini dari Dinas Kabupaten Kota. Untuk saat ini BPUM tahap 2 masih dalam proses. Bagi pelaku usaha yang belum mendaftarkan diri bisa mendaftar melalui Dinas Koperasi dan UMKM hingga 31 agustus 2021.

BPUM Tahap 2 Cair, Yuk Daftar Segera

Cara Daftar Sebagai Penerima BPUM

  • Calon penerima BPUM bisa menghubungi Dinas Koperasi setemoat untuk informasi pendaftaran. Misal di Yogyakarta pelaku usaha cukup akses aplikasi Jogja Smart Service atau JJS untuk mengajukan pendaftaran.
  • Kemudian isi formulir secara daring serta mencetak bukti pendaftaran.
  • Pelaku UMKM datang ke kantor kelurahan sesuai domisili untuk menyampaikan berkas dan syarat pengajuan pendaftaran. Dibuktikan dengan KTP, Izin Usaha Mikro (IUM) atau NIB.
  • Bagi UMKM yang sudah mendaftarkan tahap 1 diberikan kesempatan untuk mendapatkan BPUM tahap 2.

Cara Cek Penerima BPUM Melalui BRI & BNI

Melalui Bank BRI

  • Buka link e-form BRI melalui eform.bri.co.id
  • Pilih menu BPUM (cek data BPUM)
  • Muncul kolom cek penerima BPUM UMKM
  • Masukkan KTP dan kode verifikasi
  • Klik proses inquiry dan akan muncul notifikasi pesan “penerima atau tidak”

Melalui Bank BNI

  • Buka link banpresbpum.id
  • Masukkan nomor e-ktp atau NIK
  • Kemudian pilih “cari”

Setelah kalian mendapatkan dana hibah UMKM untuk meningkatkan kapasitas atau modal usaha dari Pemerintah, langkah selanjutnya kalian bisa bergabung dengan edukasi online “Link UMKM”. Link UMKM adalah platform yang diberikan BRI kepada UMKM untuk mendapatkan pelatihan dan pendampingan usaha.

Ada yang tahu apa itu Link UMKM? Berdasarkan sumber linkumkm.id, Link UMKM adalah sebuah platform yang dapat membantu UMKM naik kelas. Melalui rangkaian program pemberdayaan terpadu platform seluruh UMKM Indonesia dapat memanfaatkan ajang untuk tampil bersama UMKM media.

Dengan menggunakan menu pelatihan dan konsultasi untuk mengembangkan usaha, memperkaya diri dengan UMKM pedia, bergabung dengan komunitas untuk memperluas jaringan kerja dan menampilkan produk di etalase UMKM.

Menurut pengakuan para penerima hibah BPUM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro di salah satu Bank Pemerintah yakni BRI, para pelaku usaha mendapatkan akses untuk memanfaatkan edukasi online LinkUMKM. Link UMKM sebuah platform online yang dapat diakses via website dan aplikasi smartphone. Platform ini dibuat agar UMKM Indonesia naik kelas dengan adanya serangkaian program pemberdayaan.

UMKM yang bergabung dalam link ini akan mendapatkan beberapa keuntungan. Salah satunya adalah mendapatkan informasi seputar pengembangan bisnis, pelatihan, konsultasi dan literasi keuangan untuk mengembangkan usaha. Kemudian mempromosikan produk dietalase secara daring dan kesempatan bergabung dengan komunitas secara mudah.

Kehadiran LinkUMKM bagi para pelaku usaha ini dirasakan sangat bermanfaat dimasa pandemi yang menyebabkan beberapa sktor usaha mengalami penurunan penjualan. Dengan memanfaatkan fitur dalam platform ini maka UMKM bisa mengikuti modul soft competency untuk meningkatkan kapasitas.

Menurut UMKM yang bergabung dengan platform ini juga mendapatkan assesment. Apalagi progra pelatihan dengan modul yang mengacu pada aspek parameter UMKM. Pelatihan tersebut mirip dengan kartu prakerja untuk meningkatkan keahlian.

Bahkan tidak hanya itu saja, fasilitas yang di dapatkan UMKM akan mendapatkan bacaan artikel, infografis, podcast hingga video tahapan. Tidak hanya kelas tradisional namun juga kelas modern semua bisa diikuti. Untuk UMKM yang mengikuti post test dengan baik pun akan mendpaatkan hadiah pendampingan dalam mempersiapkan UMKM go global.

Sedangkan untuk modul yang diberikan kepada UMKM beragam, mulai dari Standar Operasional Prosedure (SOP), ragam akses modal dalam meningkatkna akses pasar. Selain itu Link UMKM ini juga menyediakan fitur skoring yang dilakukan untuk melakukan self assessment pada skala usaha yang dimiliki.

Tidak sedikit pelaku UMKM yang setelah mendapatkan dana hibah BPUM kemudian bergabung dengan Link UMKM kini mengalami peningkatan kapasitas. Sejumlah manfaat dirasakan mulai dari mendapatkan komunitas UMKM yang meliputi bidang tertentu hingga mendapatkan sistem waralaba. Dengan adanya program Link UMKM ini tentu menjadi sebuah peluang dalam mengembangkan usaha.

Nilai tambah dari dana hibah BPUM mamng cukup besar, selain penambahan modal usaha. UMKM juga mendapatkan fasilitas untuk meningkatkan dan mengembangkan usahanya melalui kapasitas modul soft competency. Program tersebut tentu tujuannya agar UMKM melek digital.

Itu tadi adalah manfaat dari Link UMKM yang bisa diakses oleh penerima BPUM sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mendukung UMKM bangkit dan maju go digital.

Leave a Comment