Waw, Bisnis Frozen Food Ternyata Bisa Jadi Bisnis Sampingan

Bisnis frozen food bisa jadi salah satu bisnis sampingan yang cukup menguntungkan loh. Pasalnya dikota-kota besar kebanyakan masyarakat disibukkan dengan padatnya aktivitas dan pekerjaan kantor. Bahkan tak menutup kemungkinan di kota-kota kecil pun juga akan berkembang.

Sekarang ini banyak wanita karir yang menghabiskan waktunya lebih banyak diluar rumah. Sehingga kesempatan untuk mengolah dan menyiapkan makanan di rumah sangat terbatas. Maka tak heran kebanyakan mereka menyukai makanan yang simpel dan mudah untuk diolah karena dinilai sangat praktis dan tidak merepotkan.

Tentunya dengan begitu menjadi potensi yang sangat bagus bagi para pebisnis bisnis frozen food. Bahkan bisa dipastikan kedepannya akan terus berkembang baik. Nah gimana dengan kamu apa tidak tertarik dengan peluang yang cerah ini? Bisnis frozen food ini dinilai akan terus berkembang melihat perkembangan zaman dan gaya hidup di era modern ini semuanya menjadi serba praktis.

Bisnis Frozen Food Sedang Hits

Peluang Cerah

Di dalam bidang kuliner makanan beku siap saji ini semakin banyak peminatnya. Seperti yang kita sempat singgung diatas tadi. Bagi wanita karir yang sibuk dengan pekerjaan kantor memiliki keterbatasan waktu dan tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Sehingga dengan begitu kebanyakan mereka memilih makanan frozen food atau makanan beku untuk diolah menjadi makanan yang nikmat.

Frozen food di beberapa bulan belakangan ini mulai trend kembali. Selain praktis, mudah dan tidak membutuhkan waktu banyak dalam mengolahnya. Makanan frozen food ini selain praktis tapi juga awet dan tahan lama. Sehingga sangat bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama untuk stok makanan. Menarik sekali bukan, adanya peluang dan kesempatan yang bagus ini tentu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terutama buat kalian para ibu rumah tangga, mahasiswa atau karyawan yang mau cari bisnis yang bisa dijadikan sampingan.

Mudah Dijalankan

Bisnis frozen food ini tergolong bisnis yang mudah dijalankan. Bahkan bisa dilakukan dengan skala kecil rumahan. Tentunya tidak merepotkan bukan? Nah sekarang mulai cari tahu yuk kira-kira frozen food apa yang paling banyak digemari masyarakat. Nah frozen food yang paling populer dan disukai masyarakat diantaranya adalah nugget, bakso, sosis, galantin, kaki naga, pizza, dumpling keju, stick crab, chicken stik, tempura, otak-otak ikan, dumpling, dimsum, pempek, siomay, cireng dan masih banyak lagi.

Banyaknya pilihan makanan beku ini menjadikan tidak membosankan. Masyarakat pun senang dengan adanya varian pilihan olahan daging beku ini. Tentu bisnis sampingan frozen food ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk dikembangkan. Bahkan bisa dijalankan tanpa mengeluarkan banyak modal. Ada banyak cara untuk menjualnya, kamu bisa menjualnya secara matang dengan menyediakan jajanan untuk anak-anak, bisa pula kamu menyediakan untuk wanita karir disekitar tempat tinggalmu. Bahkan bisa pula menjadi agen bagi para pedagang jajanan keliling maupun agen di pasaran.

Dukungan Beberapa Faktor

Tidak sulit untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Pasalnya di era modern sekarang ini sudah sangat didukung oleh beberapa faktor diantaranya kebiasaan masyarakat yang mengandalkan dan menyukai sesuatu yang serba praktis. Ditambah lagi pemasaran di era modern ini sangat dibantu dengan adanya sosial media online.

Maka dengan adanya peluang dan prospek yang cerah, serta didukung dengan beberapa faktor media online sebagai sarana untuk memasarkan dan kemudahan dalam menjalankan. Tentu menjadi suatu kemudahan bagi siapapun untuk memulainya. Tidak membutuhkan skill khusus. Hanya perlu ketelatenan dan kesungguhan dalam menjalankannya.

Hal yang terpenting dalam berbisnis, ketika sudah memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis maka harus dijalankan dengan kesungguhan. Apapun resikonya dihadapi, dicari solusi dan diperbaiki untuk perkembangan bisnismu. Kamu tidak akan pernah tau kemampuan berbisnis kamu sampai mana jika kamu tidak mencoba.

Jika tidak dimulai dari sekarang kita hanya akan terus bermimpi tanpa mewujudkannya. Tidak ada yang sukses dalam berbisnis tanpa melalui proses belajar. Meskipun kita sudah mengantongi teori bisnis. Tanpa langsung eksekusi kita bisa saja gagal. Tidak ada bisnis tanpa resiko, tidak ada bisnis tanpa melalui proses gagal. Dari praktik dan terjun langsung maka kita benar-benar akan tahu dimana letak kurangnya dan bagaimana upaya untuk mengembangkannya hingga menjadi sukses.

Buat yang mau mulai terjun bisnis frozen food ini tapi masih ragu karena merasa belum banyak persiapan dan tidak tahu harus memulai dari mana. Begini cara memulai bisnis frozen food.

Cara Memulai Bisnis Frozen Food

Bisnis frozen food ini bisa kamu mulai kecil-kecilan atau skala rumahan. Memang ketika bisnis ini sudah besar kebutuhan akan beberapa peralatan akan semakin besar. Namun untuk menjalankan dalam skala rumahan yang masih pemula kamu tak perlu khawatir. Mulai aja dulu yuk, dan pelan-pelan dijalankan dan berproses. Begini cara memulai bisnis frozen food :

Menentukan Jenis Produk

Sebelum memulai bisnis frozen food hal yang harus diperhatikan adalah menentukan jenis produk apa saja yang akan kamu buat. Kamu bisa memulai dari olahan daging ikan, sapi dan juga ayam. Atau kamu juga bisa membuat makanan beku seperti camilan siomay, dimsum, pempek, cireng dan siomay.

Menghitung Modal Bisnis

Sebelum memulai bisnis frozen food ini maka penting sekali untuk mempertimbnagkan modal awal yang dibutuhkan. Baik untuk peralatan, bahan baku dan kemasan. Perhitungan modal ini nantinya juga untuk menentukan harga jual yang sesuai dan layak. Dengan menghitung modal bisnis beserta rincian biayanya maka kamu juga bisa menentukan arah modal dan memanage keuangan agar bisnis tidak berhenti ditengah jalan.

Kemasan Frozen Food

Hal yang tak kalah penting dengan modal adalah kemasan. Pengemasan yang baik maka akan turut mendukung penjualan dan perkembangan bisnis. Semakin menarik suatu kemasan maka minat beli masyarakat juga akan tinggi. Memilih kemasan juga akan membantu menjaga kualitas dari frozen food itu sendiri. Pastikan pula jika kamu juga mengemas dengan kemasan khusus makanan beku.

Pada biasanya kemasan frozen food ini berbeda dengan kemasan makanan jenis lainnya. Cenderung lebih kedap udara tidak memiliki pori dan perlu adanya vakum untuk mengeliminasi udara dalam kemasan. Cantumkan juga label usaha, logo brand dan informasi detail produk.

Promosi Online

Strategi pemasaran sangat dibutuhkan untuk mendongkrak penjualan. Salah satunya menyusun strategi pemasaran yang akan digunakan untuk membidik pangsa pasar. Salah satunya adalah dengan menggunakan sosial media. Untuk menjangkau target pasar agar jangkauannya luas maka perlu adanya strategi yang sesuai.

Menggunakan sosial media akan memudahkan para calon pembeli untuk mengenalkan produk. Mengetahui informasi detail lengkap, alamat, kontak dan memudahkan untuk memesan produk kamu. Melalui sosial media ini bisa juga sebagai media untuk komunikasi antara penjual dan pembeli.

Demikian pembahasan kita mengenai bisnis frozen food dan cara memulai bisnisnya. Dapatkan ide bisnis menarik lainnya hanya di website bisnisukm.com.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba