Pandan merupakan tanaman pantai yang dahulu tidak banyak dimanfaatkan. Namun sekarang ini, banyak perajin yang mulai memanfaatkan pandan untuk diolah menjadi berbagai aneka kerajinan. Pandan termasuk serat alam yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kerajinan. Peluang pasar aneka kerajinan berbahan dasar pandan sangat besar. Mengingat kerajinan tersebut ramah lingkungan dan bernilai seni tinggi.

Video Praktisi

Inovasi Produk Gudeg Jogja

Kerajinan dari pandan banyak diminati turis mancanegara. Saat ini ekspor kerajinan dari pandan meningkat. Negara tujuan ekspor kerajinan pandan adalah Amerika, Afrika, Eropa, dan Asia. Pandan mudah didapat di sebagian wilayah di Indonesia dan harga yang murah. Walaupun bahan baku yang murah, namun kerajinan berbahan dasar pandan memiliki nilai jual yang tinggi. Kreativitas dalam membuat kerajinan sangat penting karena tren pasar akan selalu berubah. Produsen kerajinan hendaknya memiliki inovasi-inovasi baru untuk menjaga kelangsungan usahanya.

Pemasaran barang-barang kerajinan bisa di dalam atau luar negeri. Hal yang perlu diperhatikan dalam pemasaran produk kerajinan adalah keunggulan produk dan segmentasi pasar. Seorang produsen harus fokus pada keunggulan produknya. Keunggulan produk yang dimaksud seperti kualitas produk, desain yang selalu up-todate, harga yang terjangkau, dll.  Segmentasi pasar adalah target pasar yang akan dituju. Hal ini penting karena menentukan lokasi pemasaran yang akan dilakukan. Pemasaran kerajinan bisa dilakukan di obyek wisata, toko seni, butik, toko cinderamata, lokasi pagelaran seni, pameran, dan pasar seni.

Kebutuhan modal untuk membuka usaha kerajinan pandan tidak besar. Usaha kerajinan pandan dapat dimulai dengan modal kecil. Oleh karena itu, ini merupakan peluang bagi para calon usahawan untuk segera bergerak memulai usaha kerajinan pandan. Peluang usaha kerajinan dari pandan masih terbuka lebar. Hal ini dapat dilihat dari permintaan pasar yang terus meningkat. Bisnis kerajinan pandan sangat menguntungkan karena tren kerajinan dunia pada masa yang akan datang masih akan fokus pada bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati. Kekayaan Indonesia tersebut mendorong pertumbuhan industri kerajinan berbahan serat alam. Kerajinan berbahan serat alam akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya kebutuhan dunia.

sumber gambar : http://cdn.bisnisukm.com/2009/09/tas-pandan.jpg