Dari Sekedar Hobi Menjadi Bisnis Yang Menguntungkan

towel cake

Bisnis merupakan hasil kecintaan kita terhadap sesuatu. Bisnis tidak harus dimulai dari sesuatu yang besar. Bahkan seseorang bisa memulai bisnis dari hobinya. Apakah Anda salah satunya?  Jika Anda senang membuat aneka kerajinan dengan kreasi Anda, maka ini adalah peluang besar untuk mengembangkan hobi Anda. Hobi ternyata bisa mendatangkan keuntungan.

Dari sekedar hobi menjadi bisnis yang menguntungkan dan dapat mendatangkan tambahan penghasilan dalam jumlah yang tidak sedikit. Hal utama yang diperlukan dalam mengembangkan bisnis adalah komitmen. Aneka kreasi Anda bisa dijadikan souvenir/cinderamata. Salah satu kerajinan yang bisa dijadikan souvenir adalah handuk. Saat ini, souvenir berbahan handuk banyak diminati. Hasil kreasinya mirip dengan roti tart atau cake sehingga biasa disebut dengan `towel cake`. Tentu sudah banyak kreasi towel cake saat ini. Namun bagi Anda yang memiliki tangan-tangan kreatif tentu memiliki segudang ide untuk membuat towel cake dengan design yang jauh lebih cantik.

Konsumen
Kerajinan towel cake ini banyak diminati oleh anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Bentuknya yang unik dan mirip dengan cake atau tart membuat orang menyenangi produk ini. Kegunaan kerajinan ini adalah sebagai souvenir ulang tahun, hantaran pernikahan, souvenir pernikahan, hadiah ulang tahun, dll.

Info Produk
Bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan yang mudah didapat dan murah. Hal yang diperlukan dalam membuat kerajinan adalah kreatif. Dengan kreativitas, akan tercipta bentuk-bentuk baru untuk towel cake.

Harga untuk bahan baku (handuk) bervariasi sesuai dengan kualitas bahan yang dipilih. Sedangkan bahan pendukung lainnya seperti pita, tempat cake (terbuat dari mika), hiasan buah dan kain sebagai hiasan dan lain-lain memiliki harga yang terjangkau.

Kelebihan usaha
Kerajinan towel cake terbilang unik dan kreatif, sehingga menarik minat para konsumen. Selain itu modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini juga sangat kecil, karena peralatan dan bahan baku yang dibutuhkan mudah didapatkan dan dijual dengan harga yang relatif murah.

Kekurangan usaha
Bisnis kerajinan towel cake membutuhkan kreativitas untuk menghasilkan produk yang berkualitas, sehingga produk yang diciptakan bisa bervariasi dan tidak mudah ditiru oleh para pesaing.

Pemasaran
Pemasaran yang biasa digunakan untuk mengenalkan towel cake kepada masyarakat yaitu melalui pameran – pameran yang sering diadakan di kota Anda. Selain itu pemasaran juga bisa diperluas dengan menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis souvenir pernikahan, untuk mensuplai towel cake sebagai salah satu produk souvenir yang ditawarkan kepada konsumennya.

Analisa ekonomi
Berikut perhitungan ekonomi pembuatan towel cake untuk hantaran :
Biaya operasional towel cake per buah
1. Handuk ukuran sedang                Rp 25.000,00
2. Tempat cake                         Rp  5.000,00
3. Hiasan lengkap                      Rp  5.000,00
4. Tenaga                              Rp  2.000,00
5. Gunting                             Rp  2.000,00 +
Total                                  Rp 39.000,00

Harga Jual per buah adalah  Rp 50.000,00
Laba per buah
Rp 50.000 - Rp 39.000    =  Rp 11.000,00

Kunci sukses
Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kerajinan selain kreatifitas adalah kualitas dan pelayanan konsumen. Agar konsumen tidak kecewa, seorang pengusaha akan mengutamakan kualitas dan pelayanan terhadap konsumen. Mungkin pernyataan ini terdengar hal yang biasa, namun ini adalah fakta bahwa kualitas dan pelayanan terhadap konsumen yang baik mampu menumbuhkan kepercayaan terhadap konsumen terhadap peluang usaha Anda.

Untuk mensiasati pesaing towel cake Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1.    Perbanyak ide-ide baru yang unik
2.    Tingkatkan kualitas produk Anda
3.    Tingkatkan pelayanan terhadap konsumen
4.    Lakukan pemasaran secara efektif
Sumber gambar : www.unbridaled-wedding-ideas.com

7 thoughts on “Dari Sekedar Hobi Menjadi Bisnis Yang Menguntungkan”

  1. Ada yang tau flend belik material kain flanel dan kain flanelnya sendiri di medan…setelah baca artikel ini kayaknya bagus tuh buat memulai bismis pernak pernik dari kain flanel…Mohon bantuannya yah…
    Thx be 4

  2. Wah….terimakasih atas respon yang telah diberikan untuk content kami. Untuk memperbanyak dan menyebarluaskan content kami, diperbolehkan tetapi sesuai dengan peraturan copyright yang telah tercantum di halaman bawah website kami. Terimakasih.
    Salam Sukses

  3. artikel yang sangat inspiratif sekali,boleh ngak ya artikel di bisnisukm di copy dan disebar luaskan ?

  4. saya sedang merintis usaha dari kain flanel, selama ini saya mengerjakan sendiri. Sekarang saya terpikir untuk merekrut tenaga kerja tapi saya tidak tahu sistem upahnya bagaimana? mohon petunjuknya.Terima kasih hp saya 08121053149
    .-= indahsari´s last blog ..NEW COLLECTION !!!!! =-.

  5. Mohon utk dapat bergabung menjadi member bisnis UKM dan mohon petunjuk selanjutnya. Bisa hub saya di HP No. 08156006410. Terimakasih.

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba