“Berawal dari kebiasaan, akhirnya berubah menjadi peluang.” Inilah yang menjadi awal cerita hadirnya inovasi baru rendang kemasan Uni Farah yang kini mulai dikenal luas oleh para konsumen.

Video Praktisi

Membangun Kerjasama Tim Bisnis Roti van Java

Bila selama ini kita hanya mengetahui rendang sebagai salah satu menu andalan di berbagai restoran padang yang menjamur di seluruh pelosok nusantara. Reno Andam menawarkan sebuah inovasi baru yang belum pernah terpikirkan oleh pelaku bisnis lainnnya. Yaitu rendang padang dalam kemasan kedap udara (vacuum packed).

Tidak seperti rendang basah lainnya yang tak bisa bertahan lama, rendang Uni Farah dapat bertahan hingga berbulan-bulan lamanya tanpa tambahan bahan pengawet sedikitpun. Inovasi ini mulai dikenalkan Andam ke pasaran sejak tahun 2004 yang lalu. Kebiasaannya mengirim masakan rendang kepada para kerabat yang lokasinya cukup jauh, menginspirasi ibu rumah tangga ini untuk menciptakan rendang yang bisa bertahan lama, mengingat proses pengiriman produk biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Hal itulah yang akhirnya membuat Andam mulai bereksperimen untuk menciptakan rendang kemasan dengan cita rasa unik dan kemasan yang menarik. Cita rasa unik sendiri didapat dari proses produksinya yang masih alami, dengan proses pengadukan secara manual di atas tungku kayu selama 7 jam. Rendang buatan Andam menjadi lebih tanak, dan tidak mudah basi. Sedangkan kemasan menarik ditampilkan Andam dengan menawarkan produknya dalam berbagai pilihan wadah kedap udara, seperti kemasan plastik, toples, mangkok, serta paper bag yang semuanya cukup praktis dan sangat menjual.

Keunikan yang ditawarkan ibu dua anak ini pun mendapat tanggapan positif dari masyarakat luas. Sebab, tidak hanya daya tahannya saja yang bisa melebihi masakan rendang pada umumnya. Produk baru yang ditawarkan Andam juga memiliki cita rasa alami yang khas dengan rendang asli Padang. Bahkan untuk menyiasati selera pasar yang berbeda, Andam memberanikan diri untuk menambahkan varian rendangnya dalam berbagai pilihan rasa, seperti rendang daging sapi, rendang paru, rendang kentang, serta rendang udang.

Sesuai dengan varian rasa yang ditawarkan Andam, harga rendangnya pun juga beragam. Mulai dari Rp 20.000,00 sampai Rp 270.000,00. Biasanya untuk satu kilogram rendang daging sapi, Andam membandrol dengan harga Rp 170.000,00 (berisi 22 potong rendang sapi). Untuk rendang kentang ditawarkan dengan harga Rp 75.000,00/kg, rendang paru dihargai Rp 180.000,00/kg, sedangkan untuk rendang udang dihargai Andam sebesar Rp 270.000,00 untuk tiap kilogramnya.

Meskipun harga yang ditawarkan Andam terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan masakan rendang lainnya. Namun karena kualitas produk yang ditawarkan sangat memuaskan, konsumen pun tidak segan untuk merogoh kantongnya lebih dalam guna mendapatkan rendang Uni Farah. Tak heran jika omset puluhan juta rupiah berhasil diperoleh Andam setiap bulannya.

Dengan menjaga proses produksi secara alami, Andam berharap cita rasa rendang buatannya bisa menjadi obat rindu bagi sebagian besar konsumennya yang sedang berada diperantauan. Serta menjadi sebuah pilihan tepat bagi konsumen lainnya yang ingin memberikan bingkisan unik kepada kerabatnya. Semoga info produk untuk pekan ini, dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca yang sedang bingung mencari peluang usaha. Salam sukses!!!

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/_Oon4Fib701I/SoJz46yQiZI/AAAAAAAAAA8/qV6Uynbs9bw/s1600-h/brosur+halaman+depan+jpeg.jpg dan http://4.bp.blogspot.com/_Oon4Fib701I/SoJn_u9hJsI/AAAAAAAAAAc/kVdGD5YAjQU/s1600-h/brosur+insert+parsel+jpeg.jpg