Hampir semua orang tahu tentang buah yang satu ini, karena buah ini dapat tumbuh dimana saja baik di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Buah yang berasal dari Brazil, Amerika Serikat tersebut memiliki nama latin psidium guajava linn . Jambu biji yang mudah ditemui di Indonesia ini memiliki banyak jenis, antara lain jambu sukun, jambu apel, jambu biji merah, jambu bangkok, jambu pasarminggu dan masih banyak lagi jenis lainnya. Mungkin setiap orang tahu bentuk dan rasa dari jambu biji, namun tidak semua orang tahu tentang kandungan gizi dan manfaat yang terkandung dari jambu biji.

Video Praktisi

Mencari Ide Bisnis Dari Limbah Rumah Tangga

Dari hasil penelitian ternyata jambu biji merupakan salah satu buah yang memiliki antioksidan paling tinggi, dibanding buah – buahan yang lain. Jambu biji juga mengandung vitamin C hingga dua kali lipat vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk. Selain itu jambu biji juga mengandung banyak serat, yang berguna untuk menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh kita. Tanin yang terkandung dalam jambu biji juga bermanfaat memperlancar sistem pencernaan dan sirkulasi darah.

Jambu biji juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung, dengan kalium yang terkandung didalamnya. Tak hanya itu saja, jika kita mengkonsumsi jambu biji maka likopen pada tubuh kita akan meningkat sehingga akan memberikan perlindungan pada tubuh dari beberapa jenis kanker. Jika buahnya memiliki banyak gizi, maka tak ketinggalan pula khasiat daun yang dimilikinya mampu mengobati sakit diare dan obat luka.

Tak heran lagi jika jambu biji kini banyak dijadikan sebagai pilihan rasa dalam berbagai menu makanan dan minuman, ataupun sebagai bahan dasar obat karena kadar gizi yang dimilikinya. Misalnya saja jus jambu biji, sirup jambu biji, sari buah jambu biji, jelly jambu biji, pudding jambu biji, dan masih banyak lagi. Dengan hanya bermodalkan buah jambu biji yang relatif murah, mampu tercipta peluang usaha baru. Dan dapat dijadikan sebagai salah satu contoh peluang usaha dengan modal kecil, namun mampu menghasilkan keuntungan yang besar.

Sumber gambar : Tim Bisnis UKM