Produk nata yang selama ini mendominasi pasar adalah nata de coco yang memiliki masalah keterbatasan dalam bahan bakunya yang berupa air kelapa. Hal tersebut menyebabkan permintaan pasar yang tinggi akan nata de coco ini belum dapat terpenuhi secara maksimal. Ini merupakan suatu peluang usaha yang terbuka lebar bagi perusahaan pengembangan produk dari olahan singkong yaitu nata de cassava sebagai pengganti nata de coco dalam pasar nata di Indonesia.

Video Praktisi

Temukan Ide Bisnis dari Hobi Travelling

Limbah padat (onggok) tapioka yang selama ini hanya menjadi makanan ternak bisa dimanfaatkan menjadi makanan penyegar yang berserat bernama Nata de Cassava. Nata de cassava merupakan inovasi baru produk makanan berserat yang layak masuk dalam persaingan industri makanan di Indonesia. Dengan bahan baku yang berasal dari limbah tapioka, nata de cassava akan muncul sebagai produk yang kokoh karena bahan bakunya berasal dari cassava atau singkong ini, karena Indonesia merupakan penghasil cassava terbesar ketiga di dunia (13.300.000 ton/tahun). Sehingga tidak akan jadi masalah tentang ketersediaan bahan baku nata de cassava. Proses yang lebih ekonomis, karena tidak membutuhkan adanya penambahan gula sehingga untuk skala produksi nata de cassava lebih ekonomis dan efisien. Selain itu nata yang dihasilkan lebih kenyal, tebal dan lebih putih. Menjadikan nata de cassava merupakan pesaing berat bagi nata yang lain. Keunggulan yang ditampilkan pada bisnis ini adalah inovasi limbah tapioka baik padat maupun cair yang dimanfaatkan menjadi produk unggulan makanan berserat nata de cassava.

Dengan adanya produk nata de cassava ini dapat memberikan solusi bisnis yaitu dengan meningkatkan nilai ekonomis limbah tapioka sebagai variasi produk nata. Bahan baku yang melimpah ruah dan murah merupakan kekuatan utama nata de cassava, sehingga memudahkan dalam kepastian ketersediaaan bahan baku. Produk ini akan menjadi produk unggulan, karena didukung dengan proses dan bahan yang sederhana yang membuat bisnis ini menjadi layak dan dipastikan mendatangkan profit. Oleh karena itu keunggulan nata de cassava dapat dijadikan peluang bisnis.

sumber gambar: http://w14.itrademarket.com/pdimage/74/1763074_11067_1200860493900_1000187653_30518963_8173949_n.jpg