Bisnis Kuliner, Inspirasi Bisnis

Ini 10 Bisnis Kuliner Menjanjikan, 3 Bulan Sudah Balik Modal!

10 bisnis kuliner menjanjikanAda banyak bisnis kuliner menjanjikan yang kita temukan di sekitar kita. Banyaknya orang yang memilih bisnis ini karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Itu sebabnya sampai kapanpun peluang bisnis kuliner selalu terbuka dan keuntungannya juga menggiurkan.

Di Indonesia banyak sekali jenis makanan yang tersebar di berbagai daerah, mulai dari makanan berat (nasi dan kawan-kawannya) hingga jajanan ringan. Harganya juga beragam, dari mulai yang murah meriah hingga yang super mahal.

Menjalankan bisnis kuliner tentu tidak semudah membalikkan tangan. Namun bukannya tidak mungkin mencapai kesuksesan. Ada banyak contoh pengusaha kuliner sukses yang bisa dijadikan motivasi. Di antara mereka ada yang berawal memulai bisnis dengan modal yang kecil, berani untuk berinovasi dan banyak cerita menarik lainnya yang bisa dijadikan semangat untuk berbisnis. Jika ditekuni apa yang dituai itu yang dinikmati.

Langkah awal memulai bisnis kuliner adalah memilih jenis makanan apa yang akan dijual, selain itu juga disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Berikut ini kami akan berbagi informasi mengenai 10 ide bisnis kuliner jenis makanan ringan yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar usaha.

Hanya dalam waktu 3 bulan Anda menjalankannya, sudah bisa balik modal atau bahkan bisa jadi hanya 1 bulan saja. Apa saja?

1. Bisnis Gorengan Mudah dan Murah

Ide bisnis kuliner yang pertama adalah jual gorengan. Menjalankan bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Awalnya Anda harus membeli peralatan dan bahan-bahan untuk memulai bisnis. Ada banyak jenis gorengan yang bisa dijadikan pilihan, seperti: bala-bala, pisang goreng, cireng, comro, tahu isi, tempe goreng, risoles, dan jenis gorengan lainnya.

Jika Anda berniat jualan gorengan pastikan jenis gorengan yang dijual lebih dari 3 agar orang bisa memilih jenis yang mereka sukai.

2. Usaha Aneka Macam Keripik

Dari dulu hingga sekarang salah satu jenis cemilan yang paling banyak digandrungi di masyarakat adalah keripik. Makanan ringan ini memang cocok dijadikan santapan saat kumpul bersama, teman, keluarga, menonton film, dan lainnya. Ada beberapa jenis keripik yang selalu dirindukan oleh lidah banyak orang, yaitu keripik singkong, kentang, pisang, rebung atau Anda bisa melakukan inovasi dengan membuat keripik yang unik, misalnya keripik rebung rasa keju.

3. Bisnis Jajanan Kue

Dari jenisnya, kue dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu kue basah dan kue kering. Kelebihan kue kering lebih tahan tahan lama dibandingkan dengan kue basah. Jika Anda ingin menjualnya secara online kami sarankan memilih jenis kue kering. Anda bisa memilih jenis kue yang dipasarkan berdasarkan moment-moment tertentu.

Misalnya saat menjelang lebaran, bisa pilih beberapa jenis bisnis kue kering seperti: nastar, sagu keju, putri salju, semprong, ranginang dan makanan khas lebaran lainnya.

Sedangkan untuk jenis kue basah bisa dijual offline, seperti lemper, kue kukus, kue apem, kue bolu, kue lapis, dan lainnya. Agar pemasaran lebih luas Anda bisa memanfaatkan bergabung di aplikasi Grab atau Gojek Food.

4. Jualan Martabak Mini

Tampilan dan bentuknya yang menarik serta rasanya yang lezat membuat siapapun yang melihatnya ingin segera menyantapnya. Jajanan ini ternyata diterima disemua kalangan, terutama anak-anak. Buatlah beberapa pilihan varian toping yang menarik.

Dari segi harga, martabak mini harganya relatif murah dan orang umumnya akan beli lebih dari satu. Karena kecenderungan tersebut peluang bisnis kuliner jualan martabak mini bisa memberikan keuntungan dalam waktu relatif singkat.

5. Camilan Bakso Goreng Bisa Jadi Ide Bisnis

Peluang bisnis kuliner yang ramai pembeli berikutnya adalah bakso goreng. Makanan berbentuk bulat dengan daging didalamnya menggugah selera para penikmatnya. Bakso yang biasanya dinikmati dengan kuah dan mie bisa disajikan dengan cara lain, yaitu dengan digoreng. Cara membuat bakso goreng terbilang mudah, sama seperti membuat bakso pada umumnya. Tambahkan bahan pelengkap lainnya, seperti: saos tomat, sambal, kecap dan bawang goreng.

Anda bisa membuat baso dengan ukuran yang beragam atau jika tidak membuatnya sendiri, Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional.

6. Kue Cubit Bisnis Kuliner Unik Banyak Peminatnya

Jajanan yang satu ini namanya cukup unik “kue cubit”. Diberi nama kue cubit karena pada waktu pembuatannya, kue ini diangkat dengan cara dicubit menggunakan penjepit. Atau bisa juga karena cara makannya seperti tangan hendak mencubit karena ukuran kue ini kecil.

Di beberapa daerah makanan ini menjadi trend, biasanya ada beberapa varian rasa, tidak hanya cokelat dan keju tapi ada juga rasa green tea, rainbow atau 2 variasi toping. Rasanya yang lembut dan lumer membuat makanan ini disukai oleh banyak orang, tentu saja hal ini dapat membuat bisnis Anda ramai setiap harinya.

7. Roti Bakar Bisnis Kuliner Menjanjikan

Jualan roti bakar masuk ke dalam list daftar kuliner yang menjanjikan dan cepat balik modal. Mengolah roti bakar cukup mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Anda tinggal menyediakan alat pemanggang dan bahan-bahannya, seperti roti, margarin, bagian isi: susu, keju, selai kacang, selai strawberry. Anda bisa menggabungkan usaha ini dengan jenis makanan lain, misalnya kopi, kopi susu, indomie.

8. Kuliner Unik Seblak Menu Kekinian yang Laris

Orang Bandung tentu kenal yang namanya seblak. Jika Anda ke Bandung bisa dengan mudah menemukan jajanan ini. Makanan dari kerupuk yang disiram dengan kuah beraroma kencur ini semakin hits. Buktinya semakin banyak vloger yang mengulas tentang seblak.

Walaupun tampilannya agak aneh, namun rasanya bisa membuat siapapun yang merasakannya ketagihan. Keunikan seblak terletak pada bahan yang digunakan dan cara pembuatannya. Nah, jika Anda dari luar Bandung, jualan seblak bersiap-siaplah didatangi banyak pembeli yang penasaran dengan rasanya.

9. Mie Lidi Makanan Jadul Banyak Peminatnya

Bagi generasi 90-an makanan ini mampu membawa memorabilia ke jaman SD. Ya, makanan cemilan khas anak SD generasi tahun 90-an ini banyak dirindukan dan disukai oleh generasi milenial. Diberi nama mie lidi karena bentuknya yang mirip seperti lidi. Biasanya ada dua pilihan rasa: pedas dan keju. Membuat mie lidi cukup mudah, selain itu gampang pula menjualnya.

10. Makaroni Pedas

Biasanya makaroni dijadikan campuran sayur sop atau makanan berkuah lainnya. Sekarang makroni bisa dijadikan cemilan di waktu bersantai. Ada dua jenis jajanan makroni yang menarik perhatian masyarakat, yaitu makroni goreng dan makroni basah (rebus). Banyaknya minat masyarakat terhadap makanan ini, menjadi peluang bagi Anda yang ingin berbisnis kuliner.

Jangan Anda remehkan 10 jenis ide bisnis kuliner yang sudah kami rekomendasikan, banyak buktinya yang mampu meraup penghasilan jutaan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.

5 Faktor yang Mendorong Kesuksesan Bisnis Kuliner

Yang perlu Anda ketahui ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan menjalankan usaha kuliner, di antaranya adalah:

  1. Menjaga kualitas makanan yang dijual.
  2. Melakukan inovasi.
  3. Jaga hubungan baik dengan konsume.
  4. Mengarah pada target sasaran (pasar) yang tepat.
  5. Berpikir positif, pantang menyerah dan berdoa.

Sebenarnya masih banyak jenis kuliner lainnya yang menarik dijadikan ide bisnis. Apapun pilihannya tergantung bagaimana kreativitas Anda. Sebelum memulai usaha, lakukan riset produksi dan riset pasar.

Walaupun makanan ringan namun kenyataannya, menjalankan bisnis kuliner menjanjikan dan  bisa mengubah kehidupan ekonomi para pebisnis yang menjalankannya. Modal yang paling penting jika ingin menjalankan usaha kuliner adalah keinginan, perencanaan yang matang, pelaksanaan yang konsisten, dan berani melakukan inovasi.