Segarnya Peluang Bisnis Air Isi Ulang di Perkotaan

Segarnya Peluang Bisnis Air Isi Ulang di Perkotaan

Bisnis air minum isi ulang merupakan peluang bisnis yang tetap bisa survive di masa yang akan datang. Walaupun bisnis air minum isi ulang ini belakangan cukup menjamur, namun Anda tidak boleh patah semangat untuk menekuninya, sebab semua orang butuh air, baik untuk minum ataupun keperluan kebutuhan yang lainnya. Menekuni bisnis ini tidaklah terlalu sulit pengelolaannya dan juga tidak membutuhkan tempat yang luas namun harus berada pada tempat yang benar-benar strategis. Tempat depot air isi ulang yang strategis ini ternyata dapat mendongkrak penjualan sampai 50% selain harga tentunya yang lebih kompetitif, karena orang sangat interest sekali untuk mendapatkan perbedaan harganya.

Tertarik Bisnis Air Isi Ulang? Ini Analisa Usahanya

1. Peluang Bisnis

Sebagain besar perbedaan harga antara depot yang satu dengan yang lainnya itu tidak signifikan. Bahkan bisa dibilang bisnis ini mirip dengan jual voucer isi ulang, orang akan mencari tempat pengisian atau  tempat depot air isi ulang walaupun perbedaan harga air isi  ulang bisa dikatakan tipis. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan ketika anda akan menekuni bisnis ini. Banyak sekali tempat depot air isi ulang yang semakin sukses, karena bisnis tersebut sangat menjanjikan sekali.  Menjalankan usaha ini bisa meraup keuntungan yang besar, karena masyarakat banyak yang beralih menggunakan jasa depot pengisian air isi ulang tersebut.

Langkah awal yang perlu anda lakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah menyediakan tempat di lokasi strategis. Untuk bisnis air isi ulang tidak membutuhkan tempat yang luas, ruangan ukuran 4 x 5 meter saja sudah lebih dari cukup.  Kemudian anda harus mencari agen penyulingan dan juga perakitan alat pengisian ulang air mineral. Biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memasangkan alat penyulingan tersebut.

2. Pelaku Bisnis

Bisnis isi ulang air minum ini terbuka luas dan cocok untuk dijalankan oleh siapa pun dan dimana pun. Kebutuhan masyarakat akan air minum akan terus meningkat karena merupakan kebutuhan pokok yang harus tersedia setiap waktu. Hal ini menjadikan berbisnis yang satu ini tidak akan mengecewakan dan tidak akan pernah ada matinya. Itu mengapa menekuni bisnis yang satu ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

3. Konsumen

Semua orang membutuhkan air minum. Ini menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis isi ulang air minum. Kebanyakan orang tidak mau repot memasak air minum sendiri, jadi mereka lebih memilih cara praktis untuk memperoleh air minum dari depot isi ulang yang saat ini banyak bermunculan.

4. Pemasaran

Meskipun sebenarnya tidak membutuhkan promosi khusus, namun untuk memasarkan bisnis ini dapat dilakukan dengan membagikan brosur maupun pamflet ke sekitar lokasi usaha. Sehingga masyarakat sekitar mengetahui usaha Anda. Disamping itu Anda juga bisa memberikan bonus berupa kupon gratis untuk mengisi air minum, misalnya setelah 10 kali pengisian konsumen memperoleh layanan gratis 1x pengisian. Bonus tersebut dapat menarik minat masyarakat untuk mengisi air minum di tempat Anda.

5. Kelebihan

Saat ini sumber air minum yang benar – benar sehat, cukup sulit ditemukan karena pemikiman warga semakin rapat. Selain itu tingginya aktivitas masyarakat, juga menyebabkan mereka memilih segala sesuatunya yang serba praktis. Termasuk juga dalam penyediaan air minum, mereka juga lebih senang di depot isi ulang air minum, tanpa harus membuang waktu dan tenaga untuk memasak air. Keadaan ini sangat menguntungkan bisnis isi ulang air minum.

6. Kekurangan

Kendala dalam menjalankan usaha ini adalah kepercayaan masyarakat, dimana masyarakat sangat peka dengan kualitas air kemasan yang anda jual tersebut. Jaga kualitas air di depot isi ulang anda, agar kepercayaan masyarakat juga terjaga.

7. Lokasi Usaha

Untuk lokasi usaha bisnis yang satu ini pastikan memilih tempat yang strategis, Lokasi yang sebaiknya anda pilih antara lain perkantoran, serta kampus.

Hal paling utama adalah memilih lokasi dengan akses jalan yang mudah dilalui oleh berbagai macam kendaraan, mudah terlihat dan diingat. Pastikan pula anda menyediakan lahan parkir untuk kenyamanan pengunjung ketika membeli produk anda.

8. Strategi Promosi

Gunakan berbagai strategi dalam menawarkan produk anda, baik secara online maupun offline. Anda bisa mengenalkannya melalui berbagai sosial media seperti instagram, path, facebook dan whatsapp. Atau anda juga bisa menggunakan brosur dan menawarkan kerjasama dengan sekolah-sekolah, kantor, swalayan ataupun hotel terdekat. Anda pun bisa menarik pembeli dengan memberikan diskon atau kupon potongan harga dalam jumlah pembelian tertentu.

Kunci Sukses Bisnis Air Isi Ulang

Keberhasilan dalam menjalankan usaha ini antara lain bergantung pada beberapa hal berikut :

1. Kualitas air

2. Harga per galon yang anda tetapkan

3. Layanan yang baik dan ramah

4. Serta yang terpenting lokasi strategis depot isi ulang Anda, lokasi yang sebaiknya anda pilih antara lain perkantoran, serta kampus.

Satu hal lagi jika Anda menjalankan bisnis air isi ulang adalah jangan pelit untuk memberikan bonus galon isi ulang jika konsumen Anda telah membeli beberapa kali (misalnya sepuluh kali) dengan menyerahkan bukti kuitansi yang sudah ada.

Analisa ekonomi 

Modal Awal
Tempat dan peralatan                  Rp 35.000.000

Biaya operasional
Gaji pegawai 2 orang                  Rp 1.200.000
Listrik dan air                       Rp 1.000.000
Tissue pembersih dan tutup gallon     Rp   300.000+
Total                                 Rp 2.500.000

Omzet per bulan
Omset per hari
Rp 12.000 x 10                        Rp 120.000
Omset per bulan
Rp 120.000 x 30 hari                  Rp 3.600.000

Laba per bulan
Rp 3.600.000 - Rp 2.500.000           Rp 1.100.000

Masa kembali modal
(Modal Awal:Laba per bulan     =        2,8 tahun

Demikian adalah kunci sukses dan analisia ekonomi untuk menekuni bisnis yang satu ini. Semoga dapat memberikan gambaran dan menjadikan inspirasi anda untuk memulai bisnis isi ulang air minum ini. Berikut ini ada strategi dalam memulai usaha bisnis isi ulang air minum agar dapat bersaing dengan dipasaran.

Strategi Memulai Usaha Bisnis Air Isi Ulang

Menekuni sebuah usaha memang tidaklah mudah, apalagi jika anda baru dan sedang akan memulai pasti akan sulit untuk menawarkan produk anda. Bahkan berbagai hambatan akan anda hadapi. Jika anda tidak mampu bertahan maka pada akhirnya anda akan kalah dan berhenti ditengah jalan bahkan bisa saja mundur sebelum memulai. Nah sebelum memulai usaha alangkah lebih baiknya anda benar-benar mempersiapkan berbagai hal dengah hati-hati dan bersungguh-sungguh secara terperinci. Salah satunya anda juga harus memperhatikan strategi dalam memenagkan persaingan perdagangan. Bagaimana caranya? Yuk kita simak beberapa strateginya :

  1. Berikan inovasi yang berbeda dengan produk lainnya
  2. Buat keunggulan produk anda dari pada produk pesaing
  3. Menjaga kualitas air mineral dengan memilih sumber air yang benar-benar bagus dan bersih
  4. Jaga kebersihan tempat usaha dan juga kemasan tempat air isi ulang agar tidak terkontaminasi dengan bakteri.
  5. Perhatikan desain kemasan dan bentuk kemasan untuk membantu menyempurnakan produk anda. Sehingga dengan begitu para konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk.
  6. Rajinlah melakukan promosi baik melalui cara offline maupun online.
  7. Bangun komunikasi yang baik dengan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.

 

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar: http://wb4.indo-work.com/pdimage/98/263998_yupi3.jpg

17 thoughts on “Segarnya Peluang Bisnis Air Isi Ulang di Perkotaan”

  1. sy ingin tanya..? reverse osmosis(RO)dg penyulingan filter mana yg lebih bagus kualitasnya,air yg di gunakan air pdam
    lalu..? kalo menggunakan RO harganya blom terjangkau d konsumen,apalagi d padang udh bnyk buka isi ulang..? trus yg ke 2 kenapa klo menggunakan filter keramik,konsumen pada mengeluh kesakitan

  2. saya udah jalanin usaha air isi ulang,yg perlu diperhatikan untuk kualitas air langkah pertama nya adalah membeli sistem penyulingan dengan menggunakan filter utama sebanyak 3 unit,itu sudah dapat menstabilkan kualitas air,dengan catatan ada penyuplai air sulingan atau air yg sudah difilterisasi,bila menggunakan air pdam,atau sumur bor saya sarankan menggunakan filterisasi dengan sistem RO(reverse osmosis)yg dapat menetralkan air sampai dengan 0 persen.tapi seprti diawal bila kualitas air mau bagus,jangan lupa menggunakan filter utama 3 unit,dan setiap 1 bulan sekali anda harus wajib menguras filter2 itu.selama 15 menit 1 filter.

  3. Langkah pertama jika kami mau menjalankan bisnis AIR Isi Ulang? bagaimana ngedaftar dimana . Karena kami berada di Wilayah Dusun Dongkelan Desa Plosogede Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang. No. HP. 081215553391

  4. saya mau nanya Pak, kalau seandainya saya mau beli untuk dipakai di Bontang Kaltim,yang masang siapa?, cara mengetahui produk itu memenuhi standard apa tidak darimana,garansinya apa ada,dan terakhir harganya berapa?
    Trim’s infonya

  5. sampai kapan ternd air minum isi ulang,bagaimana agar orang tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi air isi ulang

  6. saya sudah membuka satu depot air minum, pengennya saya ingin menambah lagi di daerah – daerah lain, kecamatan lain di kabupaten muna yang belum mempunyai usaha seperti ini. miris juga seh, liat daerhku sangat kurang air bersih. tetapi biayanya gendut banget ya. apa ga ada pinjaman modal untuk daerah tertinggal seperti saya ?

  7. Tertarik jg…N Gmn klo bahan bakux air PDAM,soalx cm ini yg ada di daerah aku…tolong penjelasan..081543322006

  8. Tertarik tu mau jalanin usaha ini. Mohon info beberapa hal:
    1. Kalau aku di NTT, bisa mengakses toko/perusahaan mesin dan kelengkapan usaha terdekat. apakah 35 jt termasuk ongkos kirim dan pemasangan?
    2. Dimana saya bisa membeli TDS dan Alizer untuk tahu kualitas air di daerah saya, berapa harganya?
    3. Mohon di share pengalaman teman – teman dalam menjalankan usaha ini, proses perizinan dan kalo boleh strategi marketingnya (Maaf) untuk bekal pemula..hehehe

    Terimakasih banyak untuk masukan dan informasinya.

    Salam

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba