Memanfaatkan Peluang Bisnis Musiman

/ / Peluang Bisnis /

penjual batikBisnis musiman sebenarnya datang hampir setiap saat. Bila kita peka terhadap hal tersebut, maka bisnis semacam ini bisa menjadikan peluang usaha yang menjanjikan. Biasanya bisnis musiman tidak berlangsung lama dan juga momentnya silih berganti, malahan tidak jarang yang berbarengan. Sehingga diperlukan kejelian dalam menangkap setiap momen dan event agar kita bisa memanfaatkannya dan mampu mengumpulkan keuntungan yang besar. Dalam memanfaatkan momen pada setiap musimnya, kita juga dituntut untuk bisa memetakan peluang bisnis tersebut agar memudahkan dalam mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan peluang usaha tersebut.

Bila kita petakan, bisnis musiman tersebut dibagi menjadi beberapa kategori, diantaranya:

1. Bisnis musiman yang dipengaruhi kondisi alam.

Indonesia sendiri mempunyai dua musim utama, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Namun di sebagian wilayah dan lokasi juga sering terjadi namanya musim banjir, banjir longsor, dan juga bisa kekurangan air.

Pada musim kemarau, peluang usaha yang ada diantaranya:

  1. Bisnis makanan atau minuman yang dingin-dingin
  2. Bisnis pendistribusian air di daerah-daerah yang mengalami kekeringan
  3. Bisnis yang berkaitan dengan alat-alat elektronik yang bisa membuat suasana menjadi dingin, misalnya kipas angin, AC, service AC, dll

Pada musim hujan, peluang usaha yang ada diantaranya :

  • Bisnis laundry
  • Bisnis makanan dan minuman yang hangat, misalnya gorengan, bakso, dll
  • Bisnis payung, jas hujan, serta jasa memperbaiki genteng bocor.

2. Peluang usaha yang berhubungan dengan even olahraga.

Peluang usaha yang berhubungan dengan even olahraga, baik lokal, nasional atau internasional, antara lain :

  1. Event Pekan Olah Raga Nasional (PON), bisa berjualan busana, atribut, souvenir, dll
  2. Event kompetisi olah raga dalam negeri (Sepakbola Indonesia Super League, Indonesia Basketball League, Badminton, Livoli, dll), bisa berjualan busana, atribut, souvenir, nonton bareng, dll.
  3. Event kompetisi olahraga lokal (antar pelajar, antar mahasiswa, antar instansi/ perusahaan, dll)
  4. Event olahraga Internasional (Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Eropa, dll) bisa berjualan busana, atribut, souvenir, nonton bareng, dll.

3. Peluang usaha yang berhubungan dengan even keagamaan.

  1. Bulan Ramadhan sampai lebaran adalah bulan penuh peluang bagi hampir semua industri, terlalu banyak peluang usaha yang bisa dipilih, antara lain bisnis makanan suguhan buka puasa, bisnis pakaian muslim, bisnis jasa arus mudik, dll.
  2. Lebaran haji juga menyimpan banyak peluang, misalnya: bisnis kambing atau sapi untuk Qurban, musim panen biro haji, perlengkapan jamaah haji sampai oleh-olehnya juga sebuah peluang, dll.
  3. Perayaan Natal bagi umat Nasrani juga menyimpan banyak peluang, begitu juga dengan perayaan umat agama lain juga tidak kalah menariknya.

4.  Peluang bisnis musiman yang berhubungan dengan bulan tertentu.

Bisnis musiman pada bulan-bulan tertentu menyimpan banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan, diantaranya:

  1. Bulan Juni-Juli biasanya bisnis yang berhubungan dengan kebutuhan sekolah sedang laris manis, dari mulai alat tulis, seragam sekolah, tas, sepatu,dll
  2. Bulan Agustus biasanya diramaikan oleh bisnis yang berhubungan dengan atribut yang berhubungan dengan tema kemerdekaan serta kebutuhan lomba, bendera, umbul-umbul, pakaian perjuangan, dll.
  3. Akhir bulan Desember dan tahun baru biasanya ada peluang usaha yang berhubungan dengan perayaan akhir tahun, misalnya terompet
  4. Di bulan-bulan tertentu juga ada musim wisuda anak sekolahan dan kuliah, dalam hal ini ada musim panen jualan jasa poto, bunga, souvenir khas wisuda, rias wisuda, dan persewaan gedung.
  5. Ada juga musim pesta pernikahan, berarti ada musim panen jualan souvenir nikah, catering, penyewaan gaun pesta, rias pengantin, penyewaan gedung, dll.
  6. Bulan seleksi mahasiswa baru dan CPNS, dalam hal ini bisa dimanfaatkan dengan menjual soal-soal prediksi, les privat, pelatihan, dll

5. Peluang usaha yang berhubungan dengan even politik.

Peluang usaha yang bisa mendatangkan banyak sekali keuntungan, terlebih saat ini banyak sekali daerah yang menyelenggarakan kegiatan pilkada. Momen ini dapat dimanfaatkan dengan menjual peluang usaha atribut kampanye, usaha sablon kaos, dll.

6. Peluang usaha yang dipengaruhi oleh sebuah tren baru.

Peluang usaha ini bisa muncul dengan tiba-tiba lalu booming dan cepat berlalu karena berbagai faktor. Tren busana batik sekarang ini contoh yang menarik, semua berbau batik, baju pria, wanita, anak-anak, sepatu, tas, bahkan sampai furniture ada yang bermotif batik, banyak yang memperkirakan tren seperti ini tidak akan berlangsung lama.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar: http://www.beritajakarta.com/images/foto/penjual_batik.jpg