Buah yang berasal dari negara Brazil ini ternyata dapat tumbuh di daerah tropis, terutama di sekitar daerah khatulistiwa. Maka tak heran jika Indonesia yang termasuk wilayah khatulistiwa,  tercatat sebagai negara eksportir nanas nomor tiga setelah Filiphina dan Thailand. Salah satu daerah penghasil nanas terbaik di Indonesia adalah Subang, bahkan nanas Subang diminati hingga pasar dunia. Nanas Subang diminati pasar luar negeri karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan nanas yang ada di daerah lain, nanas Subang juga biasa disebut dengan nanas madu karena memiliki rasa yang manis.

Video Praktisi

Inovasi Produk Gudeg Jogja

Selain rasanya yang manis masih banyak keunggulan yang dimiliki nanas madu, antara lain nanas madu memiliki daging yang empuk dan tidak berserat,memiliki kadar air yang tinggi, serta memiliki ukuran buah yang lebih besar daripada nanas biasa. Berat satu buah nanas Subang bisa mencapai berat rata – rata berkisar antara 1 kg sampai 2,5 kg.

Kini kesegaran dan keunikan nanas madu yang dihasilkan para petani di daerah Subang telah mampu melanglang buana hingga pasar internasional. Banyaknya pesanan nanas yang datang dari berbagai negara seperti Korea Selatan, Iran, Singapura, Arab Saudi serta permintaan dari konsumen lokal dalam jumlah yang banyak. Menjadi tantangan yang besar bagi para petani nanas di Subang, agar tetap bisa memenuhi banyaknya permintaan yang datang. Karena sampai saat ini kendala yang dihadapi para petani nanas adalah ketiadaan stok barang untuk memenuhi pesanan yang ada.

Walaupun nanas merupakan buah yang tidak terpengaruh dengan musim, tetapi nanas yang sesuai dengan pesanan mancanegara masih sulit dipenuhi. Para importir nanas hanya mau membeli nanas dari kebun yang telah terakreditasi. Itu artinya para importir nanas tidak mau membeli nanas dengan kualitas sembarangan, misalnya saja Korea Selatan yang meminta nanas dengan bobot buah 1,7 – 2,2 kg. Potensi nanas Subang untuk terus mendunia masih terbuka lebar, dan tugas besar bagi para petani Subang untuk selalu menghasilkan nanas dengan kualitas terbaiknya guna memenuhi permintaan nanas baik untuk pasar dalam negeri maupun pasar dunia.

Disamping memiliki potensi pasar yang bagus, ternyata buah nanas juga memiliki banyak manfaat.  Di dalam buah nanas terkandung banyak vitamin B, vitamin C, fosfor, kalium, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, serta enzim bromelain. Selain itu  buah nanas juga dapat mencegah serangan jantung, beri – beri, stroke dan masih banyak lagi penyakit yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah nanas.

sumber gambar : http://www.kompas.com/data/photo/2010/01/18/3652460p.jpg 

http://farm3.static.flickr.com/2292/2200855743_78e65cf422.jpg