franchise-snack-jagungSatu lagi peluang usaha yang termasuk dalam BO (Bussiness Opportunity) ini mengkhususkan pada jenis makanan sehat serta rendah lemak, yaitu jagung.

Video Praktisi

Membangun Kerjasama Tim Bisnis Roti van Java

Franchise Fresh Corn yang saat ini banyak terdapat di berbagai plaza, mall dan tempat-tempat strategis lainnya, masih menjadi salah satu pilihan untuk membangun sebuah usaha makanan yang cukup simple penanganannya.

David Basuki, sebagai pengelola bisnis Franchise Daily Fresh Corn Cup, menuturkan animo masyarakat terhadap makanan ringan jagung manis dalam gelas ini cukup besar. Ini terbukti dengan makin menjamurnya gerai yang menjual produk serupa di mal. Menurutnya, franchise jagung memang kurang laku jika dibuka di food court dan akan lebih berpotensi bila dibuka dekat tempat orang banyak lalu lalang karena lebih berupa cemilan, bukan makanan utama.

Sistem Pelayanan Daily Fresh Cup Corn seperti di mall – mall ini, dijual dengan harga antara Rp. 5.000 – 7.000, Produknya yaitu jagung di pocelin, lalu direbus, terus di display dalam steamer. Jika ada pembeli datang baru kita masukin ke cup dan diberi keju, susu, saos dll. Anak-anak dan ABG cewek paling doyan.

David mengatakan, pihaknya menawarkan waralaba kepada pengusaha kecil dan menengah yang ingin membuka outlet Daily Fresh Cup Corn, investasinya sebesar Rp 10 juta. Saat ini Daily Fresh Corn Cup ini sudah memiliki sekitar 200 outlet yang tersebar hampir diseluruh provinsi di Indonesia. Snack ini memiliki keunggulan selain mengenyangkan tetapi juga menyehatkan , snack yang dijual dalam bentuk cup gelas ukuran jumbo ini dihargai Rp. 6.000 . Animo masyarakat terhadap makanan ringan jagung manis dalam gelas ini cukup besar. Ini terbukti dengan makin menjamurnya gerai yang menjual produk serupa di mal.

“Sejak akhir 2002, kami sudah memakai jagung hasil panen petani plasma inti, dengan hasil 100 ton per bulan. Bibitnya didatangkan dari Amerika,” ujar David yang didampingi dokter Samuel Oetoro, ahli gizi dan nutrisi dari Klinik Nutrifit.

Gerai Snack Jagung atau Cup Corn yang memulai beroperasi di Indonesia semenjak tahun 1999 ini total menggunakan bahan baku jagung yang pada awalnya mengimpor jagung dari Malaysia sebagai salah satu Master BO terdekat dan dikarenakan belum tersedianya bahan baku di Indonesia, namun semenjak 2002 pihak manajemen mengambil kebijakan untuk menanam jagung tersebut di daerah Sukabumi,  yang tentunya bibit import dan menggunakan teknik penanaman secara khusus dalam hal ini teknik plasma.

David mengatakan dalam survai yang dilakukannya terhadap gerainya, pembeli dari produk Snack Jagung dominan (80%) kalangan wanita, dan 60% dari mereka berusia 20-35 tahun.

Sementara itu, Samuel menuturkan perempuan yang tengah menjalani diet, tidak perlu takut memakan jagung manis karena produk ini kandungan seratnya tinggi, rendah lemak, dan bebas kolesterol. Sejumlah kandungan yang penting bagi tubuh, katanya, seperti vitamin A, C, B1, B9, karbohidrat kompleks, mineral ada dalam jagung.

“Jagung Daily Fresh tidak mengandung cairan yang tinggi, sehingga baik untuk diet,” ujar David dan menambahkan bahwa jagung yang ditanam di daerah pegunungan, juga mengandung antaging (mencegah penuaan).

Sebagai salah satu contoh adalah penuturan dari Agus Santosa, pemilik gerai Daily Fresh di Yogyakarta dan Solo. “Kini saya sudah punya tujuh gerai, enam di Yogyakarta dan satu di Solo,” ujar Agus bangga. Ketujuh gerainya kini bisa menjual minimal 1.000 kg  jagung manis per bulan. Jika 1 kg jagung manis bisa dijual dalam 10 cups, tiap bulan Agus menjual 10.000 cups jagung manis. Dengan harga Rp 6.000 per cup, omzet Agus mencapai Rp 60 juta per bulan. Dan yang menarik lagi adalah usaha ini tidak memungut franchise fee dan royalty fee. Namun, tentunya mereka menetapkan berbagai ketentuan yang harus dipatuhi para agennya demi terjaganya brand image dan kualitas rasa makanan, semisal produk jagung yang digunakan haruslah sesuai dengan syarat yang diajukan oleh perusahaan jika melanggar izin usaha akan dicabut sampai waktu yang tidak ditentukan.

Sistem Waralaba Daily Fresh Cup Corn

Info untuk menjadi agen antara lain:
Sistemnya beli putus dengan biaya sbb:
1. Biaya Rp 10,000,000,- ( termasuk freezer kapasitas 50kg jagung), belum termasuk jagungnya sendiri.
2. Jika tanpa freezer, Rp 8,000,000,- belum termasuk jagungnya.
3. Berhubungan terus dengan PT. Sarana Pangan Makmur ini dalam hal pembelian jagung serta peralatan yang dibutuhkan dalam penjualan seperti cup, tutup cup dan sendoknya.

Jika kita ingin memiliki usaha Snack Jagung Daily Fresh Cup Corn, kita dapat mengajukan applikasi via fax ke bagian marketing dengan mencantumkan nama, alamat, telpon, fax, copy KTP juga lokasi yg akan dipakai berjualan.Selanjutnya menunggu follow up dari mereka untuk masalah pembayaran dan kontrak. Sebagai calon investor, selain menyiapkan masalah dana, kita juga perlu menyiapkan tempat yang strategis serta 2 orang penjaga outlet.

Analisa Bisnis
- Modal Awal :
Rp. 10.000.000
(gerobak, steamer, freezer, banner, seragam, training)
- Pendapatan/bulan (rata-rata) :
Rp. 13.500.000
75 cups/hari x Rp. 6.000 x 30 hari
- Biaya Operasional :
Jagung 200 kg @Rp. 22.500 :
Rp. 6.750.000
Cup 2.000 buah @Rp. 500 :
Rp. 1.500.000
Gaji 2 Karyawan @Rp. 550.000 :
Rp. 1.100.000
Sewa Tempat :
Rp. 1.500.000
Listrik + Keamanan :
Rp. 1.000.000
Total Pengeluaran :
Rp. 11.850.000
Laba Bersih :
Rp. 1.650.000

sumber gambar : http://3.bp.blogspot.com/_10oUt6tLqrg/SjMxCnJ7ZDI/AAAAAAAAAIk/dMoG2b2ccXs/s320/franchise-snack-jagung.jpg