Susu Kedelai, Minuman Fungsional Kaya Protein

susu-kedelai1Kedelai memiliki nilai gizi yang sangat baik dan memiliki cukup banyak vitamin dan mineral. Kadar protein kedelai cukup tinggi, yaitu mencapai 35,6 % (berat kering), bahkan pada varitas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40 % – 43 %.

Dibandingkan dengan beras, jagung, tepung singkong, kacang hijau, daging, ikan segar, dan telur ayam, kedelai mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi, hampir menyamai kadar protein susu skim kering.

Bila seseorang tidak boleh atau tidak dapat makan daging atau sumber protein hewani lainnya, kebutuhan protein sebesar 55 gram per hari dapat dipenuhi dengan makanan yang berasal dari 157,14 gram kedelai. Asam-asam amino lysine, leusin, dan isoleusin merupakan asam amino yang terdapat dalam jumlah yang cukup tinggi.

Susu kedelai adalah salah satu hasil pengolahan yang merupakan hasil ekstraksi dari kedelai. Protein susu kedelai memiliki susunan asam amino yang hampir sama dengan susu sapi sehingga susu kedelai seringkali digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi mereka yang alergi terhadap protein hewani.

Susu kedelai merupakan minuman yang bergizi tinggi, terutama karena kandungan proteinnya. Selain itu susu kedelai juga mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, phosphor, zat besi, provitamin A, Vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air. Namun perhatian masyarakat kita terhadap jenis minuman ini pada umumnya masih kurang.

Susu kedelai ini harganya lebih murah daripada susu produk hewani. Susu kedelai dapat dibuat dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak memerlukan keterampilan khusus. Penggunaan air sumur dapat menghasilkan susu kedelai dengan rasa yang lebih enak.

Untuk memperoleh susu kedelai yang baik, kita perlu menggunakan kedelai yang berkualitas baik. Cara pembuatan susu kedelai adalah sebagai berikut:

SUSU  KEDELAI

Bahan:
Kedelai 1 kg
Gula
Garam
Jahe/pandan/penambah rasa lain
Air 3 liter

Alat :
Waskom
Panci
Kompor
Blender
Kain saring

Cara Pembuatan :

  1. Kedelai direndam dalam air selama 1 malam
  2. Direbus selama 15 menit pada suhu 70 derajat Celsius
  3. Ditiriskan dan didinginkan, kemudian dikupas dan dicuci sampai bersih
  4. Diblender dengan penambahan air sebanyak 3 liter untuk setiap kg kedelai kering
  5. Dididihkan sebentar, lalu disaring menggunakan kain saring
  6. Filtrat yang diperoleh adalah susu kedelai yang sudah siap ditambah gula dan penambah rasa

(Sumber gambar: http://hidupsehatonline.com/)

114 Komentar

  1. assalamualaiku…….. pak /bu saya mau nanyak kenapa komentar dari rekan” yg menanyakan tentang pengawet apa yg cocok untuk susu kedelai dan brp komposisinya,kok dari bisnisukm gak ada yg menjawab apa kita semua hrs dtg ke lokasi bpk/ibu supaya dpt pelatihan mslh pengawet susu kedelai,terimakasih atas penjelasanya.

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Pada dasarnya proses pembuatan susu kedelai agar lebih tahan lama bisa disiasati dengan cara pengemasan secara higienis dan kedap udara atau menjual susu kedelai dengan box pendingin sehingga kualitas susu kedelai tetap terjamin tanpa harus menggunakan tambahan bahan pengawet. Informasi selengkapnya bisa diakses melalui link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  2. Saya Mu bertanya perihal pembuatan susu kedele…
    1. gmn cara pembuatan susu kedele yg baik ?
    2. gmn caranya agar susu kedele tahan lama / tidak mudah Basi ?
    3. apa bahan pengawet yg di gunakan untuk susu kedele. dan berapa komposisi yg di pake dalam pembuatan susu kedele ?

    salam dari, Tri di batam…
    hp 0812 5218 5335
    mohon infonya….trimaksih sebelumnya…

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk pembuatan susu kedelai yang baik telah kami lampirkan pada artikel di atas. Untuk membuat susu kedelai agar lebih tahan lama, Bapak Tri bisa melakukan pengemasan susu kedelai ke dalam botol secara higienis dan kedap udara. Hal ini penting agar bakteri yang bisa merusak tekstur susu kedelai tidak bisa masuk ke dalam kemasan produk. Selain itu, suhu udara menjadi salah satu faktor pemicu penggumpalan susu kedelai. Sebaiknya simpan susu kedelai di lemari es atau di dalam styrofoam box yang kedap udara. Salam sukses!

  3. sebelumnya terima kasih atas tipsnya yang bermanfaat ini. nah pertanyaan saya adalah bgmn si tehnik pengemasan susu kedelai ini kedalam bentuk botol? krn sya coba dan saya jual hasilnya tidak bertahan lama dan menjadi terpisah antara air dengan kedelainya. mohon pencerahannya.. trims..^_^

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk pengemasan susu kedelai ke dalam botol sebaiknya dilakukan secara higienis dan kedap udara. Dengan begitu, bakteri yang bisa merusak tekstur susu kedelai tidak bisa masuk ke dalam kemasan produk. Agar bisa bertahan lama, suhu udara menjadi salah satu faktor pemicu penggumpalan susu kedelai. Ada baiknya Bapak Yudhi menyimpan susu kedelai di lemari es atau bisa juga menggunakan wadah styrofoam yang kedap udara. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  4. Bagaimana cara agar susu kedelai dalam kemasan gelas plastik bisa lebih tahan lama, minimal 2 hari?? mohon pencerahannya…

  5. mohon penjelasannya,bahan pengawet apa yang aman untuk susu kedelai?biar tahan lama.trimakasih

  6. gimana caranya supaya sari kedelai saya tahan lama pak? saya liat ada yg sampai 1 bulan segala.. pengawet apa yang dianjurkan dan aman? bagaimana dengan penggunaan cmc pak? terimakasih sudah membantu..

  7. Seluruh pertanyaan dari rekan2 sebelumnya merupakan semua permasalahan yg sering dialami oleh pelaku bisnis UKM susu kedelai termasuk saya. Saya salah seorang pelaku usaha rumahan yang baru dimulai beberapa bulan ini & sering menemui kegagalan dalam mengolah susu kedelai, mohon dp dikirimkan ke email kiat2 pembuatan susu kedelai & packing menggunakan cup sealler. & sy brharap agar bisnisukm.com dpt membuat jendela informasi khusus secara detail dari pengolahan, packing dan pemasaran yang bisa di share ke kami agar UKM dan usaha rumahan bisa tumbuh dan berkembang sehingga nilai2 positif dari bisnisukm.com dapat menginsprirasi dan meningkatkan taraf hidup orang banyak.

  8. untuk pembuatan susu kedelai / soya milk ada mesinnya kok banyak,coba tanya di mbah google….cara pembuatan cari di youtube berikut kemasan cup’nya kalo mau dijadiin usaha…semoga berhasil!!!!

  9. Saya sdh mulai membuat susu kedelai tp koq hasilnya selalu mengendap.terpisah dari air dan kedelainya padahal sdh disaring 2x sdh diaduk2 tapi koq bs mengendap??? ada yg bs ksh saran / tangapan??? bs sms ke 0812.19691000. sy tunggu.nuhun pisan diantosan…

  10. untuk membuat susu kedelai yang tahan hingga 2-3 hari, cairan susu kedelai dan caian gula direbus secara terpisah dan baru dicampur ketika ingin diminum. kelebihan pemisahan ini adalah agar susu dapat tahan lama dan gulanya dapat kita tambahkan sesuai selera.

  11. saya juga ingin betanya:
    1. bagaimana biar susu kedelai bisa tahan lama/awet
    2. langkah2 mencampur bahan pengawet
    tolong kirim via email
    terimkasih…

  12. Saya ingin tanya :
    1. Bagaimana langkah2 m’campur bhn pengawet kdalam susu kedelai?
    2. Apakah ada perbedaan rasa&keawetan jika :
    – kacang kedelai tidak direbus dulu sblm diblender dgn yg direbus?
    Mohon p’jelasan via email..
    Thanks..

  13. saya mau usaha susu kedelai dalam kemasan cup, tapi saya gak tau sama sekali cara susu tersebut agar tahan lama dalam cup tersebut.
    mohon penjelasanya.

    Terima kasih
    Dedi

  14. Terima kasih atas respon yang diberikan. Banyaknya respon yang menanyakan tentang keawetan susu kedelai, berikut kami berikan informasinya :

    Agar susu kedelai dapat bertahan dalam waktu yang lama, dalam pengolahannya dapat dicampur dengan Natrium Benzoat (Na-Benzoat). Natrium benzoat merupakan bahan pengawet makanan dan minuman. Fungsinya adalah untuk mengawetkan. Dalam bahan yang bersifat asam, kemampuan mengawetkan semakin kuat. Kadar yang diperbolehkan adalah 0,01-0,06% sama dengan 0,1-0,6 gram dalam 1 kg produk.
    Natrium Benzoat dapat Anda peroleh di toko-toko penjual bahan kue.

    Terima kasih, semoga bermanfaat.
    Salam Sukses.

    tim bisnisUKM.

  15. Wah banyak yang menarik nih di sini…
    Saya mau nanya nih kalo bikin susu kedelai yang enak dan bisa tahan lama bagiamana ya, karena saya buat tahan hanya sampek jam 2 sore saja, apa ada bahan tambahan yang bisa membuat tahan lebih lama paling tidak sampe besok sorenya.
    Terima kasih atas jawabannya

  16. saya ingin bertanya, apa pengawet alami untuk susu bubuk kedelai? dan berapa lama ketahanannya?

Comments are closed.