Turi merupakan salah satu daerah yang berada di Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa  Yogyakarta. Letaknya berada di utara kota Jogja, tepatnya di kawasan lereng Gunung Merapi. Maka tak heran jika daerah Turi terkenal sebagai daerah agrowisata dengan wisata suasana alam yang sejuk dan alami, serta memiliki potensi perkebunan salak pondoh yang berkualitas.

Video Praktisi

Tips Memulai Bisnis Kerajinan

Buah yang memiliki nama latin Sallaca edulis Reinw cv Pondoh mulai ditanam pada tahun 1917 ketika Partodirejo ( Jogoboyo desa Kapanemon – Tempel, Sleman) mendapatkan kenang – kenangan empat butir biji salak dari seorang warga Belanda yang akan meninggalkan desa tersebut karena tugas kerjanya telah selesai. Biji salak tersebut ditanam dan dirawat dengan baik, hingga mampu menghasilkan buah salak yang manis berbeda dengan salak – salak lainnya. Sejak saat itu tanaman salak tersebut dikembangkan, karena rasa manis yang dimilikinya salak pondoh mulai merambah ke luar wilayah Tempel, khususnya di daerah Sleman bahkan sekarang telah berkembang hampir di seluruh wilayah Jawa.

Banyaknya warga yang membudidayakan salak pondoh menyebabkan melimpahnya hasil panen jika musim panen raya tiba, yaitu sekitar pertengahan bulan November hingga Januari. Hingga harga salak dipasaran turun drastis dari harga pasaran yang sebenarnya.

Untuk mengatasi melimpahnya salak pondoh pada saat panen raya, kini para petani di daerah Turi telah mengembangkan peluang usaha baru dengan menggunakan bahan baku salak. Hasil salak pondoh yang melimpah, mulai diolah menjadi berbagai macam produk makanan maupun kerajinan tangan. Produk makanan yang dihasilkan antara lain kripik salak, dodol salak, gethuk salak, selai salak, serta sirup salak. Selain itu biji salak dan kulit salak juga dapat dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan, biji salak dapat disulap menjadi bantalan jok kursi mobil yang cantik setelah dirajut sedangkan kulit salak dapat dijadikan gantungan kunci yang unik dan lucu.

Produk – produk yang dihasilkan dari salak tersebut kini telah dipasarkan di koperasi desa dan di beberapa UKM  yang ada di Kabupaten Sleman. Karena keunikan dan rasanya yang berkualitas, produk – produk tersebut kini telah diminati konsumen yang rata – rata berasal dari wisatawan agrowisata yang ada di Kabupaten Sleman.

Dengan kreatifitas dan inovasi baru yang diciptakan kelompok tani  di daerah Turi dapat membuka peluang usaha dengan modal yang kecil, selain itu juga kini usaha produk olahan salak mampu menjaga kestabilan harga salak pondoh yang ada di Kabupaten Sleman. Bagi yang penasaran dengan berbagai macam produk olahan salak pondoh, silahkan datang langsung ke daerah Turi untuk mencicipinya!!!!!!!!!

sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com