Membuat kue kering menjelang lebaran dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan yang dapat mendatangkan keuntungan. Mengapa demikian? Karena menjelang lebaran, kue kering banyak dicari orang untuk dijadikan sebagai menu suguhan untuk para tamu. Oleh karena itu jika Anda memiliki keahlian dalam membuat kue kering, dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha kue kering dan memasarkannya.

Video Praktisi

Strategi Mengenalkan Produk Baru Brownies Telo

Namun walaupun peluang usaha kue lebaran begitu besar, tidak semua orang bisa membuat kue kering dengan hasil yang berkualiatas. Terkadang bentuknya sudah bagus, namun teksturnya kasar, tidak renyah ataupun kualitas rasanya yang kurang pas. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan kue kering, agar menghasilkan kue kering yang menarik dengan rasa yang enak. Berikut beberapa tips sukses membuat kue kering yang dapat membantu Anda :

  1. Pilihlah tepung serbaguna seperti tepung terigu, tepung maizena, ataupun tepung ketan sebagai bahan baku utama. Tetapi tepung yang sering digunakan yaitu tepung terigu. Untuk mendapatkan hasil kue yang renyah, dapat Anda peroleh dengan cara terlebih dahulu menjemur tepung yang akan dipakai atau bisa juga dengan sangrai tepung terlebih dahulu agar lebih kering.
  2. Untuk penggunaan mentega, usahakan pilih mentega yang tidak asin, jangan gunakan mentega yang terlalu dingin karena membuat udara tidak dapat masuk. Selain itu hal yang harus diperhatikan yaitu jangan mengocok mentega terlalu lama, agar adonan tidak terlalu lembek sehingga susah dicetak.
  3. Jika ingin menghasilkan kue kering yang empuk, gunakan kuning telurnya saja. Sedangkan untuk putih telurnya dapat digunakan untuk mengolesi permukaan kue, agar terlihat mengkilap.
  4. Dalam penggunaan gula, sebaiknya pilih gula halus dibanding gula pasir. Penggunaan gula halus akan menghasilkan kue dengan tektur yang lembut.
  5. Gunakan teknik yang benar dalam mengaduk adonan kue, lebih baik gunakan sendok kayu untuk mengaduknya. Jangan terlalu lama mengaduk adonan, agar tidak lembek. Jika sudah terlanjur lembek, jangan tambahkan tepung namun bungkus adonan dengan plastik dan simpan dalam lemari es.
  6. Jika adonan sudah siap dicetak, cetak diatas loyan. Kemudian atur hasil cetakan diatas loyang dan berikan jarak antar kue. Sehingga kue dapat mengembang dengan baik dan tidak menempel dengan kue sebelahnya.

Selain beberapa tips diatas, untuk memperoleh hasil kue kering yang enak dan menarik dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam proses produksi. Sekian informasi tips membuat kue kering yang dapat kami samapaikan. Semoga dengan adanya tips membuat kue kering, dapat membantu Anda yang sedang mencoba usaha kue. Salam sukses.

sumber gambar : http://myhobbyblogs.com/food/files/2007/11/_mg_4449.jpg dan http://www.kapanlagi.com/p/kuekeriiiing.jpg