Cobain Makanan Thailand Yang Super Lezat dan Nikmat

Makanan Thailand merupakan salah satu makanan yang cukup digemari oleh wisatawan di seluruh dunia. Memang negeri Gajah Putih ini tak hanya terkenal dengan keindahan wisatanya. Namun juga makanan khas yang ditawarkan dari negeri ini. Sudah banyak di akui oleh para wisatawan dunia bahwa makanan Thailand memang sangat lezat.

Makanan Thailand ini terdiri dari beberapa makanan dan minuman yang dimasak dengan ciri khas orang Thailand. Biasanya masakan Thailand ini dimasak kaya akan rempah dan bumbu yang sangat kuat. Sehingga rasa yang dihasilkan cukup lezat dan nikmat. Seperti masakan di Indonesia, makanan di sini memadukan keseimbangan rasa antara pedas, manis, asin dan asam.

Meski makanan Thailand ini terkenal dengan masakan Thailand namun ternyata ada beberapa masakan daerah yang asalnya dari Thailand Utara, Timur Laut, Tengah dan Selatan. Uniknya dari beberapa daerah tersebut mendapatkan pengaruh rasa dari masakan negara tetangga. Nah berikut ini adalah beberapa makanan yang paling disukai karena kelezatan rasanya.

Makanan Thailand Paling Favorit

Khao Pao

Khao pad adalah makanan Thailand yang mirip dengan khao tom. Jika khao tom adalah bubur nasi maka khao pad adalah nasi goreng. Nasi goreng Thailand ini berbeda dengan nasi goreng di Indonesia. Tentunya khao pao lebih lengkap dan sehat. Biasanya sajian nasi goreng ini diberi timun, paprika dan cabai.

Selain untuk mempercantik penampilan dalam nasi goreng ini lebih sehat karena mengandung sayur dan juga daging. Biasanya berupa daging ikan, ayam, udang dan kepiting.

Tod Man Pla

Merupakan makanan khas Thailand yang berbahan dasar daging ikan dan ayam. Biasanya orang Thailand menggunakan daging ikan. Ikan yang dipilih pun juga tidak sembarangan. Melainkan ikan yang mempunyai daging berwarna putih.

Nah kalo di Indonesia maka bisa menggunakan daging ikan tuna, kakap atau tenggiri. Nah biasnaya penyajiannya di beri bumbu pasta kari merah ala Thailand. Bumbu kari yang digunakan memberikan warna merah merekah yang sangat menggoda dan juga rasa pedas.

Nah tahukah kamu jika isian dalam masakan yang satu ini adalah daging ikan dan ayam, ada pua irisan kacang panjang. Cara penyajiannya pun cukup unik dengan disajikan acar timun. Kalau di negara asalnya kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan mudah di pedagang kaki lima di jalanan.

Pad Thai

Pad Thai adalah makanan Thailand yang bentuk dan tampilannya menyerupai kwetiau. Mie gepeng atau kwetiau ini memiliki ukuran yang lebih besar, lebar, dan terbuat dari beras, tauge dan kucai.

Tak lupa biasanya dihidangkan dengan campuran daging sapi atau seafood. Selain itu juga ada pilihan topping lainnya yakni tahu kuning yang di potong kecil-kecil kotak.

Khao Tom

Merupakan makanan bubur nasi yang dimasak bersama campuran daging atau hasil laut. Jika bubur nasi dicampur dengan udang namanya adalah khao tom goong. Sedangkan untuk bubur nasi yang di campur dengan ikan adalah khao tom pla. Dan sangat khas digunakan untuk sarapan pagi.

Khao tom yang mencampur antara bubur nasi dengan udang dan ayam masuk dalam makanan halal. Sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang Indonesia. Makanan ini cukup kaya akan rempah yang mana membantu menghangatkan tubuh. Jadi sangat cocok dinikmati ketika sedang musim dingin.

Tom Kha Kai

Merupakan makanan Thailand yang berkuah mirip dengan tom yum. Makanan ini sup kuah santan yang warnanya putih dan bercita rasa lebih pedas dari tom yum. Rasa pedas ini berasal dari cabai yang sangat banyak. Level kepedasan makanan yang satu ini cukup tinggi.

Sajian utamanya adalah suwiran ayam yang dipadukan dengan kuah yang sangat pedas. Rasanya pun sangat pedas dan membakar lidah. Biasanya untuk memberikan kesegaran ditambahkan daun jeruk.

Som Tum

adalah makanan Thailand yang dibuat dari sayuran yang menyehatkan seperti pepaya. Penduduk Thailand menyantap makanan ini untuk mengganti makanan berat. Makanan ini hampir mirip dengan salad yang di dalamnya terdapat irisan pepaya, bumbu bawang putih, cabai dan tomat.

Semua bahan tersebut dihaluskan dan dicampur dalam salad. Cita rasa yang khas dari som tum ini adalah pedas, manis dan asam bercampur menjadi satu dalam semangkuk salad som tum.

Tom Yum

Tom yum ini adalah makanan Thailand yang khas dan sangat terkenal di negeri Gajah Putih. Sudah sejak lama makanan yang satu ini di Thailand. Makanan ini terdiri dari sajian udang, ikan, bakso, sayuran dan masih banyak lagi. Dari semua bahan tersebut memiliki karakteristik tersendiri.

Ada beberapa jenis tom yum ini, ada yang menggunakan kuah bening maupun santan. Untuk bumbunya sendiri berupa bumbu halus campuran dari bawang putih, lengkuas, kecap asin, daun jeruk, cabai, jahe dan jeruk nipis.

Nah tadi adalah beberapa makanan Thailand yang rekomended banget buat dicobain karena kelezatannya sudah tak diragukan lagi oleh para wisatawan mancanegara. Semoga dapat bermanfaat dan membantu memberikan ide inspirasi bagi para pebisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba