16 Ide Bisnis Minuman Kesehatan Tradisional Khas Indonesia

Bisnis minuman kesehatan tradisional belakangan ini memang sedang diminati pasar. Semakin berkembang maka pola pikir masyarakat akan kesehatan mulai berkembang pula. Banyak yang kini mulai tersadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Selain olahraga, istirahat cukup, menjaga pola makan, rutin konsumsi jamu atau minuman kesehatan tradisional juga turut membantu memelihara kesehatan tubuh.

Selain menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi seperti sekarang ini mampu menstabilkan imun agar tetap terjaga dari paparan virus. Maka dari itu minuman kesehatan tradisional tidak hanya enak dan menyegarkan. Namun juga minuman sehat yang memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Minuman Kesehatan Tradisional

Jamu atau minuman kesehatan tradisional adalah sebuah minuman yang terbuat dari beberapa rempah-rempah yang biasanya terasa pahit. Kemudian ditambahkan dengan gula jawa, gula batu atau madu sebagai pemanis agar rasanya lebih enak ketika dinikmati. Selain untuk menyegarkan tenggorokan minuman kesehatan tradisional ini juga menyegarkan dan menyehatkan tubuh. Berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Minuman kesehatan tradisional ini merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari bahan alami. Biasanya berupa rimpang, akar, daun, batang, kulit, dan buah tanaman. Belakangan ini sering disebut dengan minuman herbal untuk kesehatan. Masyarakat Indonesia ini sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Hampir semua mencicipi dan tahu keunikan rasanya. Bahkan dulu jamu atau minuman kesehatan ini menjadi minuman wajib yang dikonsumsi setiap harinya.

Memang beberapa tahun belakangan ini sempat meredup karena sudah tak banyak yang menjual minuman kesehatan tradisional ini. Namun semakin kesini masyarakat mulai mencari dan membuat untuk menjaga kesehatan tubuh mereka. Tak sedikit mereka yang mulai sadar akan kesehatannya rutin konsumsi minuman sehat ini. Nah bukankah hal tersebut bisa menjadi peluang?

Apa kamu enggak pengen punya bisnis minuman kesehatan tradisional yang menyegarkan dan menyehatkan bagi tubuh?Manfaatnya yang baik untuk kesehatan kini banyak diminati oleh masyarakat. Bahkan bisnis minuman kesehatan tradisional ini bisnis yang mudah dijalankan dengan modal cukup kecil lho. Maka tak heran dong ya kalau sekarang ini bisnis minuman semakin diminati pasar dan mulai banyak yang meliriknya.

16 Ide Bisnis Minuman Kesehatan Tradisional

Kira-kira ada apa aja sih minuman kesehatan tradisional yang direkomendasikan untuk dijadikan bisnis dan paling disukai oleh masyarakat? Nah langsung kita simak saja satu per satu pembahasan kita kali ini tentang beberapa ide minuman kesehatan tradisional paling rekomen.

Wedang Ronde

Minuman wedang ini sangat khas dan biasa ditemukan di tempat yang dingin. Bahkan di Jogja minuman yang satu ini dijajakan berjejer di sudut kota. Minuman ini merupakan wedang jahe yang berisikan macam-macam topping didalamnya.

Ronde ini berbentuk bulat yang terbuat dari beras ketan dan diberi kacang didalamnya yang manis. Wedang ronde ini rasanya manis dan menghangatkan serta manis gurih dari beberapa paduan topping didalamnya.

Sekoteng

Minuman ini adalah minuman khas Jawa Tengah yang terdiri dari bahan-bahan jahe, santan, gula, kacang hijau, bubur mutiara, roti tawar potong dan kacang tanah. Ada banyak topping yang berada dalam 1 mangkok sekoteng ini. Ditambahkan dengan kuah santan yang gurih dan manis merupakan perpaduan yang sangat pas.

Wedang Jahe

Jahe memiliki rasa yang sangat khas ketika diolah, yakni sensasi pedas yang menghangatkan tubuh. Wedang jahe ini termasuk dalam minuman yang mudah untuk dibuat. Caranya sangat sederhana dan simpel. Untuk bisa menikmatinya cukup hanya menggeprek jahe kemudian di sedu bersama air panas dan ditambahkan madu atau gula jawa atau gula batu sesuai selera.

Bandrek

Bandrek ini juga merupakan minuman yang menghangatkan dan biasa di jajakan di daerah dingin. Minuman ini berasal dari Sunda. Bahan yang ada didalamnya ada jahe merah, gula jawa, sirih, kayu manis, cengkeh, sereh dan tambahan daun pandan.

Biasanya minuman ini ada tambahan daging kelapa muda dan susu sebagai bahan pelengkap atau topping didalamnya. Cara membuatnya juga sangat mudah dan terbuat dari bahan rempah seperti jahe, gula jawa, kayu manis, cengkeh, sereh dan daun pandan yang kemudian di rebus secara bersamaan.

Akar Alang-alang

Alang-alang ini bisa menjadi minuman yang memiliki khasiat menjaga stamina dan mencegah penyakit flu. Cara membuatnya pun juga sederhana dengan merebus alang-alang bersama air dan gula aren.

Wedang Uwuh

Minuman yang satu ini kental dengan sejarahnya yang melegenda. Wedang uwuh ini artinya dalam bahasa Indonesia adalah wedang sampah. Dalam secangkir wedang uwuh ini ada beberapa rempah dan kayu yang direbus secara bersamaan. Meski tampilannya kurang manis karena banyak rempah seperti sampah. Namun manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan.

Wedang uwuh ini identik dengan warna merah yang terang. Berfungsi untuk menghangatkan tubuh dan memiliki rasa yang manis pedas dan aroma rempah yang sangat kuat. Bahan yang ada didalamnya adalah jahe, cengkeh, kayu manis, pala, sereh, daun jeruk, gula batu.

Wedang Serai

Serai atau biasa di sebut dengan lemongrass adalah bahan yang kita kenal sebagai bumbu makanan. Namun ini dijadikan wedang dan minuman hangat. Serai ini mengandung antioksidan, antimikroba dan peradangan. Cara membuatnya pun sangat sederhana dan mudah yakni serai direbus bersama air dan kemudian ditambahkan gula atau madu untuk pemanis.

Bir Pletok

Minuman yang satu ini merupakan minuman khas Betawi yang berkhasiat menambah tubuh terasa hangat di tengah cuaca dingin. Bir pletok ini memiliki rasa yang manis, pedas sekaligus hangat.

Bahan di dalam minuman ini ada jahe, pala, lada, kapulaga, sereh, kayu manis. Sungguh rempah yang sangat menyehatkan dan menyegarkan tubuh. Tidak hanya menghangatkan tubuh tapi juga menyegarkan tenggorokan. Untuk menambah agar aromanya segar dan wangi maka ditambahkan pandan.

Wedang Kacang

Wedang kacang menjadi salah satu pilihan minuman saat musim dingin datang. Minuman ini adalah minuman khas dari Magelang. Bahannya terbuat dari kacang tanah dimasak lembut, ketan putih dan santan manis yang dipadukan. Biasanya ditambahkan dengan daun pandan untuk memberikan aroma harum dan wangi.

Wedang Secang

Minuman wedang secang ini hampir mirip dengan wedang uwuh. Namun yang membedakan adalah wedang uwuh lebih lengkap dari wedang secang. Bahannya pun hampir sama dengan wedang uwuh. Hanya saja wedang secang ini minuman yang panas dengan adanya serutan kayu secang sebagai bahan utamanya.

Bubur Kacang Hijau

Masih minuman berbahan dasar kacang, kali ini beralih ke kacang hijau. Bubur ini memiliki rasa manis dari perpaduan gula, pandan dan gurih dari santan. Perpaduan yang sangat nikmat dan menggiurkan. Apalagi disantap saat sedang hangat atau bisa juga dinikmati dengan menambahkan es batu untuk menambah kesegaran saat musim panas tiba.

Susu Jahe

Minuman ini cukup favorit di Indonesia, selain menghangatkan tubuh rasanya cukup menyegarkan dan cukup nikmat. Bahan dasarnya adalah jahe yang digeprek dan ditambahkan susu kemudian direbus dengan air. Bisa juga ditambahkan dengan madu untuk menambah sensasi manis yang segar.

Golden Ginger Tea

Minuman ini sangat unik yang mana terdiri dari garam bumbu dan rempah. Jahe golden ginger, kunyit dan tambahan empon-empon di dalamnya. Selain menyegarkan rasanya cukup menghangatkan tubuh. Bahan yang digunakan untuk membuat teh yang satu ini adalah jahe, kunyit, teh hijau, jeruk lemon.

Teh Tarik

Teh tarik ini sangat menghangatkan ketika dinikmati saat cuaca dingin. Minuman teh ini berasal dari tanah Melayu, Aceh, dan Medan. Minuman ini terdiri dari campuran teh, susu, gula dan creamer. Keunikan dari teh ini dicampurkan dengan cara tidak diaduk seperti teh pada umumnya, namun ditarik.

Teh Jahe Lemon

Teh ini adalah minuman yang terbuat dari teh tubruk hitam, lemon dan jahe. Selain itu perlu adanya tambahan gula batu sebagai pemanis. Untuk membuatnya pun mudah tinggal menyeduh air kemudian tambahkan jahe, teh dan masukkan irisan lemon.

Kopi Tubruk

Minuman ini adalah kopi yang di edu dengan cara di tubruk secara langsung. Selain mudah dan cepat cara penyajiannya rasa yang dihasilkan sangat khas dan sangat original. Keaslian dari rasa kopinya akan semakin terasa.

Nah demikian 16 bisnis minuman kesehatan tradisional yang bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang mau menjajal bisnis. Semoga membantu memberikan ide untuk memulai bisnis. Salam sukses !

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba