Inspirasi Bisnis, Kemasan, Peluang Bisnis, Peluang usaha

Bisnis Wedang Jahe Untuk Milenial Bantu Menyehatkan Bangsa

bisnis-wedang-jahe

sumber gambar: Tribun Style – Tribunnews.com

Wedang jahe merupakan minuman tradisional yang diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun menjadi sajian yang sangat unik. Oleh karena minuman tradisional, maka wedang ini dibuat dari bahan-bahan alami serta diolah dengan cara sederhana. Beberapa minuman tradisional juga mempunyai khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, termasuk salah satunya yaitu Wedang Jahe.

Wedang jahe atau bahasa Indonesianya ‘minuman jahe’ ini adalah hidangan minuman tradisional dari daerah Jawa Tengah dan Timur. Umumnya dihidangkan panas sehingga disebut wedang. Kata “Wedang” sendiri merupakan bahasa Jawa yang berarti “minuman panas”. Walaupun tanpa kandungan kafein, minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti teh.

Wedang jahe merupakan salah satu minuman penghangat tubuh yang harus kamu rasakan dalam hidup. Minuman ini dijual di angkringan dengan harga bersahabat. Kamu juga bisa bikin sendiri di rumah lho. Rasanya yang enak ditambah aromanya yang bisa menenangkan pikiran yang kalut menjadikan minuman ini pilihan yang tepat untuk refresh your mind dengan minuman. Bikinnya sama sekali nggak susah. Nggak percaya nih? Kita simak bareng-bareng yuk. Biar bisa bisnis wedang jahe!

Cara Membuat Wedang Jahe Super Simpel

bisnis-wedang-jahe-untuk-milenial-untuk-menyehatkan-bangsa

sumber gambar: indonesia-tourism.com

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Jahe 2 buah (ukuran besar)
  • Gula merah 2 buah
  • Air 1 liter

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, jahe dicuci terlebih dahulu. Kemudian jahenya dibakar, bisa dibakar di atas kompor juga kok tapi hati-hati ya. Biar bisa dibolak-balik, jahenya dicapit pakai penjepit sebelum dibakar di atas api. Bakarnya berapa lama? Pokoknya sampai warna kulit jahe berubah jadi menghitam. Nah, kalau sudah bisa diangkat dan cuci di bawah air mengalir supaya bersih (dicuci di bawah air mengalir supaya kulitnya yang hitam karena dibakar bisa hilang).
  2. Kedua, siapkan panci dengan satu liter air di dalamnya. Masukkan jahe yang sudah dicuci tadi ke dalamnya. Panaskan air, tunggu sampai agak mendidih kemudian masukkan gula merahnya. Tingkat kemanisan bisa diukur sendiri sesuai selera. Kalau kurang manis bisa tambah sendiri gulanya.
  3. Langkah terakhir, nantikan hingga gula merahnya larut dalam air yang dimasak bersama jahe. Sambil diaduk-aduk. Sudah jadi deh!
Baca Juga  Lokasi Usaha Sangat Penting Untuk Bisnismu, Betulkah?

Gampang banget kan bikinnya? Cuman modal air, jahe, sama gula merah doang kamu bisa bikin wedang jahe enak yang cocok diminum rame-rame waktu lagi turun hujan. Inilah kenapa kamu bisa jadikan ini sebagai peluang bisnis. Kalau kamu tertarik berbisnis minuman, kamu perlu tahu juga tips sukses biar bisnis minumanmu bisa laris manis. Butuh desain kemasan yang dibuatkan gratis? bisa langsung ke diKemas.com, solusi packaging untuk bisnismu skala kecil hingga besar!

Tips Sukses Bisnis Minuman Wedang Jahe

1. Tawarkan mencoba pada gelas kecil

Ini merupakan salah satu strategi marketing. Pertama tawarkan terlebih dahulu calon konsumen untuk mencicipi dengan gelas ukuran kecil. Dari situ bisa juga jadi penentu dia akan membeli atau tidak. Kalau rasanya enak dan harganya oke biasanya sih konsumen pasti mau beli.

2. Kumpulkan testimoni dari pelanggan

Orang akan semakin yakin pada kualitas suatu produk jika ada bukti nyatanya. Jadi, kamu bisa banget mengumpulkan testimoni dari konsumen. Setelah mengumpulkan testimoni yang menarik bisa kamu pajang di outlet supaya jadi pertimbangan calon konsumen supaya nggak ragu lagi beli di tempatmu.

3. Perhatikan kemasan minumanmu, harus yang menarik

Bikin pengemasan minuman kamu semenarik mungkin supaya eye-catching. Tahukah kamu? Kemasan jadi garda terdepan laris tidaknya daganganmu. Kalau kemasannya saja tidak meyakinkan, siapa yang tertarik beli? Nah, kalau dari kemasannya saja sudah menarik hati dan calon konsumen langsung kepikiran “wah kece nih kalau masuk story Instagram...” Itu pertanda kalau kamu sudah sukses menghadirkan packaging yang oke. Untuk minuman panas, dianjurkan untuk pakai paper cup karena bahannya tahan panas. Kalau pakai gelas plastik biasa sangat tidak dianjurkan.

Baca Juga  Dengan 3 Cara Ini, Kamu Bisa Dapat Modal Bisnis Kuliner Bebas Riba!

kemasan cup kertas