Inspirasi Bisnis

5 Kunci Sukses Memulai Usaha Makanan Ringan, Wajib Dicoba!

5 Kunci Sukses Memulai Usaha Makanan Ringan, Wajib Dicoba!

Usaha makanan ringan merupakan salah satu usaha yang prospeknya sangat cerah. Bagaimana tidak? Makanan ringan adalah salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah ada matinya. Setiap harinya  selalu ada penikmatnya, mulai dari anak kecil, dewasa, hingga orang tua. Maka tidak heran para pengusaha makanan ringan selalu kebanjiran orderan. Tidak hanya cocok untuk dijadikan usaha sampingan saja namun untuk dijadikan peluang usaha skala besar pun prospeknya cukup menjanjikan.

Dilihat dari beragamnya kuliner di Indonesia seperti keripik singkong, keripik tahu, keripik tempe, keripik kentang, keripik sayuran hingga keripik buah-buahan yang dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjikan dimasa depan.

5 Kunci Sukses Sebelum Memulai Bisnis

Memulai usaha makanan ringan memang tidaklah mudah, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan termasuk dalam mempertahankan usaha dari banyaknya para pesaing. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan para pesaing pengusaha makanan ringan ini merupakan para pengusaha yang telah berpengalaman dan sukses memulai usaha tersebut. Berbagai macam inovasi dan strategi telah dikerahkan demi memajukan usahanya. Nah, bagi anda yang tertarik untuk terjun dalam bisnis makanan ringan ini ada beberapa .hal yang harus diperhatikan agar persiapan anda benar-benar matang, yakni :

  1. Bahan Baku Berkualitas

Untuk memulai usaha makanan ringan maka hal yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih bahan baku yang berkualitas dan tidak sembarangan. Pilihlah bahan baku yang baik agar cita rasa tetap terjaga serta pilihlah bahan yang higienis. Karena apabila bahan baku yang di peroleh tidak bagus akan mempengaruhi rasa pada makanan tersebut.

  1. Inovasi dan Kreasi

Beragam makanan ringan telah banyak jenis dengan bahan baku yang sama, namun apabila kita hanya menjual makanan ringan yang sama terus-menrus dengan para pesaing maka kemugkinan kecil untuk tetap bisa bertahan. Maka anda harus lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan nuansa baru pada makanan ringan yang anda jual.

  1. Kemasan

Kemasan tidak hanya berperan sebagai pembungkus saja, namun kini kemasan menjadi salah satu penunjang dalam berhasilnya suatu usaha makanan ringan. Semakin unik dan menarik suatu kemasan maka konsumen akan lebih tertarik untuk membeli.

  1. Strategi

Meski usaha makanan ringan sudah berjalan beberapa tahun namun anda tidak boleh hanya bertahan pada zona nyaman dan terus stuck pada hal itu saja. Selalu gunakan strategi-strategi dalam meningkatkan penjualan makanan ringan dari segi apapun. Selalu lihat perkembangan kuliner serta inovasi-inovasi yang sedang berkembang.

  1. Media promosi

Media promosi merupakan salah satu penunjang pula untuk menjadikan usaha makanan ringan anda berhasil. Kini telah banyak beberapa media social yang bisa anda gunakan untuk melakukan promosi seperti instagram, Facebook, whatsapp, dsb. Dimana kemungkinan berhasil anda mengenai sasaran target utama sangat besar karena kebanyakan anak-anak hingga orang dewasa suka bermain social media. Maka akan dengan mudah menawarkan produk makanan ringan anda dengan sangat mudah.

4 Contoh Kemasan Makanan Ringan

Nah kemasan kini bukan hanya berperan sebagai pembungkus saja namun dapat dijadikan media untuk menarik para konsumen. Desain yang unik, menarik serta sesuai dengan produk menjadi nilai plus karena dapat menambah ketertarikan konsumen untuk membeli produk anda. Berikut ada beberapa contoh jenis kemasan yang cocok untuk usaha makanan ringan, yakni :

  1. Barier Nylon

Merupakan kemasan dari bahan plastik barrier nylon, dimana kemasan jenis ini memiliki bahan yang tebal 80 micron dan kedap udara. Sehingga ketika makanan ringan dimasukkan maka udara dibuat keluar agar makanan tidak basi. Jenis kemasan makanan ini biasanya untuk mengemas makanan seperti, kacang-kacangan, sosis dan bakso.

  1. Zipper Stand Up

Merupakan kemasan plastik yang memiliki tebal 120 micron. Kemasan ini lumayan agak tebal dan memiliki tampilan bening sehingga dapat langsung memamerkan produk makanan ringan yang sedang kita jual. Kelebihan dari kemasan ini adalah memiliki zipper yang gunanya untuk merekatkan kembali kemasan setalah dibuka. Kemasan ini biasanya untuk membungkus makanan seperti, abon, keripik, kue bawang, stick, dsb.

  1. Kombinasi Stand Up

Kemasan ini merupakan kombinasi dari beberapa kemasan unggul. Kemasan ini terjaga dari paparan sinar matahari dan oksigen karena terbuat dari alumunium foil. Kemasan ini bening pada bagian depan sehingga kita dapat melihat produk secara langsung. Biasanya kemasan ini digunakan untuk mengemas kacang-kacangan, keripik-keripik, dsb.

  1. Kombinasi Pouch

Merupakan kemasan yang mengkombinasikan metal dibelakang serta OPP bening dibagian depan. Kemasan ini memiliki tebal 90 micron, dan memiliki penghalau sinar matahari untuk masuk dalam makanan dalam kemasan. Kemasan ini sangat aman digunakan penyimpanan jangka panjang dan cocok digunakan untuk mengemas keripik, abon, kacang, kuaci, dll.

Nah itulah beberapa jenis contoh kemasan makanan ringan yang bisa anda coba untuk digunakan mengemas makanan ringan anda.

5 Tips Promosi Online Makanan Ringan

Promosi merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan produk yang dijual. Diharapkan dengan dilakukan promosi mengenai produk yang dijual akan dapat meningkatkan ketertarikan konsumen. Apalagi melihat pangsa pasarnya anak muda berikut ada beberapa  tips promosi secara online :

  1. Media Sosial

Sekarang ini anak muda lebih sering menggunakan social media, bahkan mereka lebih sering melihat gadgetnya dari pada menonton televisi atau hal lainya. Mereka bisa menghabiskan berjam-jam hanya untuk bermain social media. Contohnya berbagai media social yang sering dilihat oleh anak muda adalah Instagram maupun youtube. Nah kedua media ini dapat dijadikan sebagai sarana yang cukup baik untuk mempromosikan.

  1. Konten Singkat dan Inovatif

Minat baca anak muda milenial kini sangat menurun di jaman sekarang ini. Untuk itu kita para pelaku usaha harus lebih kreatif lagi untuk memberikan konten yang inovatif , singkat dan mudah dipahami

  1. Promosi Melalui Video

Anak muda milenial kini tidak lagi menyukai promosi menggunakan brosur maupun banner, berbeda halnya dengan dahulu. Kini mereka lebih tertarik dan menyukai iklan yang berbentuk video pendek.

  1. Testimoni

Bukan hal yang mudah untuk melakukan promosi pada kaum muda jaman modern ini. Bahkan dengan menggunakan social media saja tidak cukup. Testimoni dari konsumen pun menjadi salah satu bentuk meyakinakan agar mereka percaya akan produk yang dijual.

  1. Website atau Market Place

Tidak cukup hanya dengan social media saja, namun website maupun market place menjadi pilihan untuk media promosi karena semakin banyak media yang digunakan untuk mempromosikan peluang untuk laku keras sangat besar. Ditambah lagi dengan adanya media promosi dalam bentuk website dan market place menjadi salah satu bentuk promosi untuk lebih meyakinkan konsumen.

Demikian beberapa tips promosi online untuk usaha makanan ringan. Kalau menurut anda, promosi apa yang paling efektif untuk berjualan?