Inspirasi Bisnis

Bisnis Franchise Minuman Kekinian Yang Bisa Kamu Coba!

usaha-waralaba-minuman-kekinian-yang-bisa-kamu-coba

Di era modern ini pasti kita sudah tidak asing dengan yang namanya franchise atau yang lebih kita kenal dengan sebutan waralaba. Usaha jenis ini kian merambah pasar bisnis mulai dari yang skala kecil maupun besar, bahkan dengan mudah dapat kita temui stand-standnya diberbagai event hingga mall. Hal tersebut menjadi bukti bahwa usaha ini kini menjadi trend dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Bahkan sekarang jenis usaha ini kian diincar oleh para pelaku bisnis karena omzet yang bisa kita dapatkan dari sini sangat menggiurkan. Namun dengan semakin banyaknya bisnis franchise minuman kekinian yang ditawarkan menjadikan persaingan menjadi kian ketat. Untuk itu pengusaha waralaba dituntut untuk tetap mempertahankan dan lebih meningkatkan daya saing agar tidak tergeser dengan berbagai strategi baru pesaing lainnya.

Waralaba ini merupakan salah satu kerjasama antara pemilik merk dengan pihak kedua dengan cara memberikan ijin menggunakan merk serta produk dalam kurun waktu sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati. Lalu kemudian dari pihak kedua memperikan royalty kepada pihak waralaba. Namun hal tersebut tergantung kebijakan masing-masing waralaba, ada pula yang free royalty. Sistem dari waralaba ini biasanya menggunakan peraturan sama dengan pemilik merk, mulai dari sistem marketing, sistem manajemen, sistem keuangan, sistem operasional dsb. Hal tersebut memberikan kemudahan bagi para pemula yang ingin mencoba usaha baru namun binggung untuk memulainya.

Usaha waralaba ini dapat dikatakan sangat mudah karena pelaku usaha hanya perlu menyiapkan modal, maka semua kebutuhan sudah disiapkan oleh pihak waralabanya. Tanpa perlu untuk memikirkan strategi pemasaran maupun mengenalkan produk karena pasti sudah dikenal oleh kebanyakan masyrakat. Hal pertama yang menjadi tantangan anda saat akan memulai usaha ini mungkin adalah memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat dan sistem berjalan sesuai dengan harapan.

8 Bisnis Franchise Minuman Kekinian

Berbagai strategi harus anda jalankan demi bertahannya suatu usaha karena begitu banyaknya mitra waralaba yang akhirnya menyerah dan tidak mampu bertahan dengan semakin ketatnya persaingan. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa jenis bisnis franchise minuman kekinian yang bisa anda coba yang mungkin cocok dengan anda, diantaranya :

1. Moo-moo Korean Korean Milk

Waralaba yang didirikan oleh Chandra sejak tahun 2014 yang kini telah memiliki 58 outlet dengan mitra usahanya. Usaha ini merupakan jenis minuman susu yang dipadukan dengan berbagai varian buah. Waralaba ini ada 3 paket dengan investasi paling kecil modalnya yaitu sekitar 4,5 juta. Hanya saja mitra tidak mendapatkan gerainya, hanya mendapat bahan, alat serta banner. Keuntungan dari waralaba ini yaitu free royalty sehingga penghasilan dari mitra sama sekali tidak terpotong.

2. Hulala Ice Cream

Franchise minuman yang menawarkan produk ice cream dengan berbagai macam seperti sajian roll ice cream atau ice cream gulung yang sedang viral, dimana penikmatnya kebanyakan anak-anak sampai anak muda. Kini mitra yang telah bekerja sama dengan waralaba ini sudah mencapai 200 yang telah tersebar diberbagai Indonesia. Namun untuk bergabung dengan waralaba ini anda harus mengeluarkan modal 24-40 juta. Memang terbilang sangat mahal namun waralaba ini tidak mengambil royalty dari mitranya sehigga keuntungan mitra utuh 100% . Bahkan jika dilihat dari pangsa pasarnya waralaba ini sungguh menguntungkan tentunya bukan masalah meski modal yang dikeluarkan cukup besar.

3. Hai Yo Yogurt Blend

Minuman ini berbahan dasar yogurt dimana balita dan anak dewasa dapat mengkonsumsinya. Waralaba jenis ini menawarkan modal yang cukup kecil yauitu hanya dengan 2,7 juta maka mitra sudah dapat fasilitas seperti bahan baku, backdrop, banner dan satu media promosi. Waralaba ini mula dirintis pada tahun  2013 dan sudah memiliki banyak outlet mitra usahanya.

4. Moschoblend

Minuman ini merupakan varian dari thai tea yang kini sedang hits dikalangan anak muda. Waralaba ini  mulai berdiri sejak 2010, dan kini telah memiliki 850 gerai dengan mitranya. Cukup hanya dengan 3juta maka anda sudah dapat bekerja sama dengan waralaba ini.

5. Ice Blend Squash

Merupakan waralaba minuman ice blend dan squash yang sudah hadir sejak 2014 dan sudah memiliki 23 gerai dengan para mitranya. Usaha ini bisa anda dapatkan hanya dengan modal 3 juta.

6. Coklat Fantasy

Merupakan waralaba yang menawarkan minuman coklat dengan berbagai varian rasa. Meskipun waralaba ini dirintis belum lama namun partner mitranya sudah cukup banyak. Untuk bergabung dengan waralaba ini hanya perlu modal 4-5 juta maka anda sudah dapat bekerja sama.

7. Matcho Choco Drink

Merupakan waralaba yang menawarkan berbagai minuman coklat dingin, hanya dengan mengeluarkan modal 5 juta maka anda sudah mendapatkan fasilitas dan bahan baku. Tidak perlu khawatir, waralaba ini sudah sangat menjanjikan karna telah memiliki 175 gerai.

8. ABChesee

Merupakan waralaba yang memberikan nuansa baru pada minuman yaitu minuman dengan berbahan dasar keju. Usaha ini telah ada sejak 2016 lalu. Cukup dengan modal 4,6 juta maka anda sudah dapat memulai usaha ini.

Demikian beberapa waralaba jenis minuman yang mungkin dapat dijadikan  gambaran bagi anda yang tertarik dengan usaha sistem waralaba. Kehadirannya kini sangat membantu bagi anda pemula yang masih kesulitan untuk memulai usaha.

Keuntungan Usaha Waralaba

Keuntungan yang diperoleh dari usaha dengan mengandeng waralaba ini tentu tidak mengecewakan. Beberapa keuntungan dapat kita peroleh, diantaranya :

1. Memulai bisnis lebih cepat

Bekerja sama dengan waralaba terhitung sangatmudah untuk mengembangkan usaha dibandingkan dengan mereka yang memulai dari 0 karena sudah memiliki model bisnis dan tentunya pemilik memberikan panduan untuk memulai usahanya.

2. Mendapatkan pelatihan dan dukungan

Beberapa keuntungan dari bergabung dengan waralaba yaitu tentu mendapatkan pelatihan dari pemilik karena sudah pasti ada standart operasional yang telah ditentukan.

3. Mendapatkan panduan lokasi

Menentukan lokasi merupakan salah satu hal tersulit bagi pengusaha namun dengan bergabung dengan waralaba maka akan ada panduan lokasi strategis untuk menentukan lokasi yang akan digunakan untuk membuka gerai.

4. Merk yang terkenal

Membangun nama brand baru merupakan hal yang sulit bagi pengusaha pertama namun keuntungan dengan kita bekerja sama dengan waralaba yaitu produk sudah memilki nama brand yang sudah dikenal oleh masyrakat sehingga tidak sulit untuk mendapatkan pelanggan.

5. Mudah memperoleh keuntungan

Dari sekian banyak pengusaha yang memulai usaha dari 0 akan lebih beresiko mengalami kerugian diawal karena belum memiliki nama dan pelanggan enggan membeli karena belum mengenal. Namun dengan bergabung dengan waralaba maka akan sangat menguntungkan karena produk sudah dikenal masyarakat sehingga tidak sulit untuk mendapat pelanggan.

6. Tidak memerlukan biaya pemasaran yang besar

Tidak perlu binggung dalam segi pemasaran karena dari pihak waralaba sudah pasti memberikan strategi pemasaran serta media untuk promosi.

7. Dukungan sesama rekan waralaba

Kesuksesan yang diraih oleh mitra waralaba lainya mempengaruhi kesuksesan mitra lainya karena dengan begitu nama waralaba akan naik sehingga reputasinya semakin baik. Tidak hanya itu para rekan waralaba akan saling memerikan motivasi dan dukungan.

Nah itulah beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh dengan bekerja sama dengan sistem waralaba. Meskipun tiap-tiap berbeda kebijakannya serta modal yang harus dikeluarkan namun semuanya sama-sama mampu memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan.