6 Langkah Sukses Menyusun Strategi Pemasaran Bisnismu

Dalam menyusun strategi pemasaran produk sudah seharusnya para pelaku bisnis paham tentang pemasaran yang efektif. Hal terpenting yang diperhatikan adalah bagaimana seorang pemilik bisnis menentukan arah pemasaran juga bagaimana strategi yang akan diterapkan dalam bisnisnya. Mengapa demikian?

Perencanaan dalam menyusun strategi pemasaran akan menjadi ujung tombak sekaligus penentu utama dari sukses tidaknya sebuah peluang bisnis. Oleh sebab itu, langkah-langkah dalam membuat strategi pemasaran sangat penting demi memaksimalkan kinerja bisnis tersebut. Strategi pemasaran tersebut dapat meliputi beberapa tahapan yang akan dilaksanakan dalam bisnis untuk menarik minat para konsumen.

Langkah Menyusun Strategi Pemasaran

Berikut adalah beberapa langkah membuat strategi pemasaran yang perlu dipersiapkan.

Mental

Sikap mental yang baik dari pelaku bisnis sangat dibutuhkan dalam berbisnis bidang apapun. Membuka bisnis sama halnya dengan membuka faktor resiko. Sebab setiap bisnis pasti memiliki kadar resiko masing-masing.

Jika para pelaku bisnis tidak mampu menanggung resiko tentu saja akan menemukan sebuah kesulitan atau kendala dalam memajukan bisnisnya. Maka dari itu pentingnya mempersiapkan mental bagi para pelaku bisnis.

Selektif Membuat Keputusan.

Memilih jenis bisnis apa yang akan dijalankan tentu saja tidak dapat sembarangan, semuanya itu membutuhkan pertimbangan. Faktor resiko juga perlu menjadi pertimbangan.

Selain itu, peluang yang ada, persaingan, keadaan lingkungan sekitar tempat bisnis juga harus menjadi pertimbangan yang dimatangkan sebelum memilih jenis bisnis yang akan kamu jalankan.

Menyusun Strategi Bisnis

Poin yang satu ini merupakan tonggak atau penentu utama dari bisnismu. Sama halnya dengan kamu menentukan akan dibawa kemana bisnis tersebut ke depannya. Untuk memulai langkah-langkah dalam membuat sebuah stretegi pemasaran bisnis, yang harus kamu matangkan sebagai strategi bisnis adalah :

Penawaran Produk atau Promosi

Langkah ini merupakan strategi jitu untuk memasarkan produk bisnismu. Dengan melakukan tahapan promosi yang baik, hal itu tentu saja akan menarik minat konsumen terhadap bisnis yang kamu jalankan.

Promosi yang tetap mengutamakan kenyamanan sebagai bagian dari target bisnis. Namun, tidak terkesan mengganggu maupun memaksakan target penjualan. Promosi yang sehat dan bisa menarik konsumen dengan cara penawaran yang santun tentu akan lebih disukai.

Tingkat Kreativitas

Dalam melakukan sebuah promosi, tingkat kreativitas dari pelaku bisnis tentu sangat berpengaruh. Jika cara berpromosi yang kamu lakukan sama dengan bisnis-bisnis lainnya, tentu saja ketertarikan dari para konsumen tidak akan maksimal.

Namun sebaliknya, jika kamu menambahkan unsur kreatif dalam bisnis, seperti tertuang dalam desain label dan juga spanduk yang berbeda dan lebih kreatif dari lainnya tentuy saja dapat menarik perhatian target pasarmu.

Inovatif

Pembaruan demi pembaruan tentu saja sangat dibutuhkan untuk terus menerus menarik minat konsumen. Jika strategi pemasaran yang kamu lakukan dari waktu ke waktu begitu-begitu saja.

Maka dapat dipastikan bahwa konsumen kamu akan mengalami kebosanan. Namun, jika strategi yang kamu gunakan selalu memberikan inovasi-inovasi yang membangun, tentu konsumen akan terus tertarik pada bisnismu.

Anggaran Sistematis

Strategi yang harus disusun para pelaku bisnis selanjutnya adalah masalah anggaran sistematis khusus untuk promosi. Sekalipun kamu menggunakan sistem promosi tak berbayar. Tentu juga dibutuhkan sistem promosi yang lebih bagus. Maka sudah pasti hal tersebut juga membutuhkan modal dalam menjalankannya.

Manfaatkan Komunitas

Komunitas yang anggotanya memiliki minat yang sama merupakan tempat potensial untuk memasarkan sebuah produk. Jalinlah kerjasama dengan beberapa komunitas yang sudah berdiri dengan menggunakan fasilitas seperti instagram, whatsapp, telegram dan forum-forum lainnya.

Memiliki Media Sosial Perusahaan

Dewasa ini trend pemasaran produk beralih ke sosial media seperti instagram, youtube dna tiktok. Bahkan kini konten video lebih mendominasi ketimbnag konten dalam bentuk gambar atau tulisan. Maka sudah snagat diwajibkan bagi para pelaku bisnis untuk melek digital guna untuk mempersiapkan persaingan pasar.

Jasa Influncer

Kerjasama dengan influncer menjadi salah satu trik pemasaran yang efektif dan paling banyak digunakan saat ini. Namun untuk bekerjasama dengan influncer ini sesuaikan dengan budgetmu. Jika bisnismu masih mikro gunakan influncer mikro untuk bekerjasama. Gunakan influncer lokal untuk mereviw produk milikmu.

Strategi pemasaran yang satu ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun jika kamu bisa menyesuaikan modal yang ada dengan influncer yang akan kamu gunaka maka tak menjadi masalah.

Ajak Partisipan

Ajaklah kerjasama partisipan seperti beberapa pihak yang bisa diajak terlibat dalam memasarkan produk. Misalnya saja, agen, reseller, distributor, dropsiper. Para pasrtisipan ini memiliki andil yang cukup berpengaruh pada keberhasilan pemasaran nantinya.

Maka dair itu perlu adanya reward dan teknis kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Bisa dengan memberikan dukungan dan support, menjalin komunikasi yang baik dengan para reseller. Dengan begitu akan memberikan kemudahan untuk mengetahui jumlah stok barang, ketersediaan barang dan lain sebagainya.

Tegaskan Target Pencapaian

Wajib dalam menentukan target dan tujuan apa yang akan dicapai kedepannya. Sekurangnya dalam masa satu tahun target apa yang harus dicapai. Tentu dengan adanya target maka akan membantu memacu kinerja dan juga fokus dalam menjalankan bisnis. Sehingga hasilnya pun akan lebih produktif, disisi lain strategi juga akan terlihat semakin jelas. Begitu juga nanti berhubungan dengan konten yang akan dibuat.

Fokuskan juga tujuan dan target dalam satu bulan kedepan untuk mempermudah mengevaluasi apa yang kurang dan perlu dibenahi. Dari sini juga bisa menentukan strategi pemasaran yang sedang tren dan momen yang paling berpeluang besar untuk meningkatkan penjualan produk.

Evaluasi

Setelah kamu menjalankan beberapa langkah dalam membuat strategi pemasaran yang baik, dan bisnis sudah mulai berjalan. Sekarang sudah saatnya kamu melakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran yang telah dijalankan. Hasilnya strategi tersebut efektif atau tidak dan berhasil secara optimal atau tidak. Dengan begitu, mudah bagi para pelaku bisnis untuk mengetahui letak kelemahan dan juga kekuatan dari bisnismu tersebut.

Kesuksesan dalam menjalankan bisnis tidak terlepas dari strategi pemasaran maupun promosi yang disusun oleh perusahaan. Maka dari itu luangkan wkatu khusus untuk menyusun strategi. Lakukan analisa dan lakukan pencatatan secara berkala.

Selain itu perkaya ilmu dan juga pengetahuan mengenai beberapa cara menyusun strategi pemasaran. Misalnya dengan bergabung dengan komunitas pemasaran digital untuk menambah wawasan tentang digital marketing. Semoga informasi tersebut diatas bermanfaat.

1 Komentar

Leave a Comment