7 Ide Bisnis Fotografi Untuk Mahasiswa

Bisnis fotografi saat ini makin banyak diminati oleh anak muda terutama kalangan mahasiswa yang punya hobi fotografi. Sebab bisnis fotografi merupakan bisnis yang dilakukan karena ketertarikan dan passion yang sama, jadi tidak heran kalau kalangan anak muda seperti mahasiswa banyak yang menjalankannya dengan penuh semangat dan kreativitas.

7 Ide Bisnis Fotografi Untuk Mahasiswa
evbstatic.com

Jenis bisnis jasa fotografi ini sangat cocok dijalankan buat kamu mahasiswa yang punya hobi fotografi dan ingin punya penghasilan tambahan yang menguntungkan. Kamu bisa memulai bisnis fotografi secara mandiri dengan mengajak teman-teman kamu yang juga punya hobi memotret. Bisa juga kamu bergabung dengan bisnis fotografi yang sudah ada dan menjadi seorang fotografer di situ.

Ide Bisnis Fotografi

Tapi memulai bisnis secara mandiri kamu akan lebih punya banyak keuntungan selain dari sisi material. Kamu akan mendapatkan pengalaman dalam mengelola bisnis dan membentuk tim yang solid. Apakah kamu tertarik untuk mendirikan bisnis fotografi secara mandiri? Kali ini Bisnis UKM akan mengulas beberapa ide bisnis fotografi yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Fotografi Wedding  dan Prewedding

Fotografi Wedding  dan Prewedding
aboutjukri.blogspot.com

Memotret wedding atau prewedding menjadi salah satu jalan bagi fotografer pemula untuk terjun ke dunia profesional. Sebab kebutuhan akan jasa fotografi yang satu ini tidak pernah surut. Semua orang pasti ingin momen sebelum dan saat pernikahannya tampil terbaik untuk bisa dikenang hingga hari tua. Hal tersebut tentunya merupakan peluang yang menjanjikan bagi kamu yang terjun dalam bisnis ini.

Untuk memulainya kamu bisa menawarkan jasa ini ke orang-orang terdekat terebih dahulu. Misalnya teman kamu, saudara, atau kenalan dari orang-orang terdekat kamu. Sebagai permulaan kamu bisa pasang harga yang murah dan terjangkau dengan tujuan supaya kamu juga bisa punya portofolio yang sesuai dengan jenis bisnis ini. Buatlah portofolio dengan sebaik mungkin supaya makin banyak klien yang tertarik untuk menggunakan jasa fotografi kamu.

2. Fotografi Makanan

Fotografi Makanan
aboutjukri.blogspot.com

Semakin banyaknya restoran dan tempat makan yang dibuka, turut memberi satu peluang bagi kamu yang hobi fotografi, yaitu memotret makanan untuk klien rumah makan atau restoran. Orang bisa dengan mudah memotret makanan di depannya menggunakan handphone ataupun DSLR, tapi menghadirkan foto makanan dengan kualitas tinggi serta layak ditampilkan di website resmi, media sosial, atau daftar menu restauran tidaklah sesederhana itu. Beragam teknik lighting maupun komposisi unik untuk membuatnya tampak lezat, harus dipikirkan seorang fotografer saat memotret makanan yang ada.

Carilah referensi food photography dari banyak sumber. Perkaya konsep supaya makanan yang kamu foto bisa menggugah selera orang yang melihat untuk memakan atau membelinya. Banyak referensi yang bisa kamu cari di Pinterest atau sumber yang lain. Kuasai teknik pencahayaan dengan baik agar hasil foto makanan semakin berkualitas.

3. Fotografi Profil Perusahaan

Company Profile
giamarescotti.com

Fotografi yang satu Ini merupakan salah satu peluang usaha fotografi yang bisa membuat kantong kamu tebal.  Bayangkan saja client kamu adalah perusahaan-perusahaan top nasional bahkan internasional. Untuk bisa menembus pasar bisnis fotografi ini, kamu harus memiliki portofolio yang mumpuni. Selain itu kamu juga harus jeli dalam membangun koneksi dengan konsumen maupun calon konsumen kamu nantinya.

Sebagai permulaan kamu bisa menyasar perusahaan-perusahaan rintisan atau start up yang ada di sekitar kamu. Saat ini banyak perusahaan start up yang sangat memerlukan jasa fotografi company profile untuk kebutuhan branding perusahaan. Perbanyaklah jaringan dengan banyak orang, sebab pendiri perusahaan start up kebanyakan juga dari kalangan anak muda, jadi makin terbuka peluang untuk kamu menjadikan mereka sebagai client.

4. Still Photo Iklan Komersial

aboutjukri.blogspot.com

Jenis fotografi yang memotret benda mati hingga tampak keren ini banyak dipakai di berbagai poster iklan atau bahkan baliho dan billboard. Agak mirip-mirip dengan seorang food photographer. Tapi bedanya dengan fotografi makanan tadi benda yang dipotret hanya sebatas makanan, sedangkan untuk still photo komersial ini kamu bisa memotret apa saja. Mulai dari botol, obat, motor, sepatu, atau benda lainnya. Tantangan dalam still photo adalah bagaimana menemukan angle yang menarik.

5. Photobooth

squarespace.com

Saat ini jasa photobooth sudah sama ramenya dengan jasa foto pernikahan. Bagi yang mungkin belum familiar, photobooth adalah konsep studio foto langsung cetak yang dijadikan cinderamata dalam berbagai acara, biasanya pernikahan ataupun acara resmi lainnya. Semakin banyak orang yang memilih untuk membuat cinderamata dalam bentuk foto daripada harus sibuk menyediakan cinderamata dalam bentuk benda lainnya.

Photobooth ini tak hanya melulu soal kondangan pernikahan atau semacamnya. Jika kamu sudah cukup terkenal, bisa saja kamu diminta melayani photobooth di acara resmi perusahaan swasta atau instansi pemerintah. Beberapa hal yang penting untuk kamu sediakan selain alat fotografi secara umum, kamu juga harus mempersiapkan peralatan printer cetak foto cepat untuk melayani para tamu yang datang.

6. Jual Foto Online

freepik.com

Khusus untuk ide bisnis fotografi ini mungkin lebih cocok bagi kamu yang ingin memiliki pendapatan pasif dari karya foto kamu. Daripada karya foto kamu hanya diunggah di media sosial, cobalah untuk menawarkannya kepada konsumen atau orang yang membutuhkan. Ada banyak orang yang mencari foto berkualitas tinggi untuk digunakan kembali, entah itu di blog ataupun di situs berita. Dalam hal ini konsumen membeli lisensi foto dari kamu. Artinya setelah dibeli mereka bebas untuk memakainya di situs mereka ataupun di media miliknya.

Tentunya setiap situs jual beli foto ada term of servicenya. Bacalah terlebih dahulu syarat dan ketentuannya agar lebih jelas. Ada banyak situs foto yang menawarkan peluang bagi kamu untuk menjual foto secara online, contohnya 500px.com, shutterstock.com, pexels.com dan masih banyak lagi.

Perlu diingat, foto-foto yang dilirik konsumen selain foto yang berkualitas tinggi, biasanya merupakan jenis foto yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sebagai contoh, kamu bisa mengintip beberapa situs berita dan melihat foto-foto yang ditampilkan. Biasanya jika bukan foto asli karya wartawannya, ada juga foto-foto yang dipakai sebagai ilustrasi, foto seperti itulah yang berpotensi untuk laku lebih besar.

7. Buat Kelas Fotografi

connect2classes.com

Peluang usaha fotografi yang satu ini cocok buat kamu yang sudah expert dan menguasai dengan baik ilmu fotografi. Meski seseorang menguasai bidang fotografi, belum tentu dia mampu untuk menjadi mentor orang lain pada hal yang dia kuasai tadi. Oleh karena itu kalo kamu merasa sanggup dan tentunya mau ilmu berbagi dengan orang lain, kamu bisa mencoba ide bisnis ini.

Ada banyak orang yang kurang bisa mengerti jika hanya membaca tutorial atau tips fotografi di internet, biasanya mereka akan lebih paham jika dibimbing secara langsung. Di sinilah peluang bagi kamu untuk menjadi mentor lewat kursus fotografi yang kamu buat tadi.

Itulah beberapa ide bisnis buat kamu yang punya hobi dan ketertarikan di bidang fotografi. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu #NaikKelas ya! Semoga tulisan ini bermanfaat, simak artikel tentang bisnis lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga ke teman-teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba