Memilih Cokelat Sebagai Peluang Usaha Baru Yang Menjanjikan

Bagi pemula memilih usaha baru yang menjanjikan termasuk hal yang sulit karena belum memiliki cukup ilmu dalam bidang tersebut. Ada banyak kebinggungan termasuk bagaimana cara memulainya, kekurangan dan kelebihan usahanya, strategi pemasarannya hingga analisa ekonominya. Disini Anda bisa belajar cara menjalankan usaha, memulainya serta gambaran analisa ekonomi dan lain sebagainya.

Dari sekian banyaknya peluang usaha, usaha coklat ini cukup menarik untuk dijalankan. Coklat merupakan camilan manis yang cukup menarik perhatian para konsumennya.  Coklat adalah salah satu camilan manis yang paling banyak penggemarnya. Rasanya yang pahit manis ini membuat banyak orang ketagihan. Bahkan tak sedikit yang menyukainya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tekstur dari coklat yang lembut dan meleleh dilidah inilah yang membuatnya siapapun menyukainya.

Coklat Jadi Usaha Baru Yang Menjanjikan

Minat konsumen akan cokelat, memang tidak perlu ditanyakan lagi. Segala menu makanan maupun minuman yang menggunakan cokelat, banyak digemari masyarakat dan selalu laris manis dipasaran. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh sebagian orang, sehingga mereka memilih cokelat sebagai usaha baru yang cukup menguntungkan.

Walaupun sudah banyak produk cokelat import yang beredar dipasaran, namun produk cokelat dalam negeri yang dibentuk dengan cetakan unik dan menarik berhasil merebut hati masyarakat luas. Dengan menawarkan produk cokelat yang dikreasikan seunik mungkin dan dikemas menggunakan kemasan yang menarik, Andapun bisa bersaing dengan cokelat-cokelat import yang selama ini menguasai pasar.

Peluang Usaha Coklat Menguntungkan

Konsumen

Sebagian besar masyarakat menyukai makanan manis ini, bukan hanya anak-anak saja. Tapi cokelat juga disukai oleh anak muda, orang dewasa sampai orang tua, baik pria maupun wanita. Bukan hanya itu saja, saat ini cokelat banyak digunakan sebagai souvenir atau bingkisan dihari-hari special (contohnya saat perayaan hari besar agama, ulang tahun, dll). Melihat banyaknya peminat cokelat dan luasnya potensi pasar, maka tak salah lagi bila Anda menjadikan cokelat sebagai peluang usaha baru.

Info Usaha

Untuk menjalankan peluang usaha ini tidaklah sulit, yang perlu dipersiapkan adalah modal. Beberapa modal yang dibutuhkan antara lain, bahan baku cokelat yang berkualitas dan peralatan untuk memproduksi cokelat. Selain itu kemauan dan ketrampilan untuk mengkreasikan cokelat, juga menjadi modal utama yang wajib Anda miliki.

Secara garis besar, proses produksi cokelat sangatlah mudah. Biasanya pelaku usaha menggunakan jenis dark cokelat, white cokelat, dan cokelat susu, sebagai bahan bakunya. Proses pembuatan kreasi cokelat dimulai dari mengencerkan cokelat dengan cara ditim, selanjutnya cokelat yang sudah encer dimasukan kedalam berbagai cetakan unik yang telah disiapkan. Untuk membekukannya, Anda bisa memasukan cokelat-cokelat ke dalam almari es selama 15 menit.

Agar produk Anda semakin cantik dan menarik, Anda juga bisa menambahkan pewarna makanan dan aroma rasa tertentu pada cokelat yang Anda produksi. Misalnya saja rasa stroberi, anggur, lemon, dan mint. Yang terakhir, kemas cokelat dengan kemasan produk yang unik, seperti toples berbentuk hati, bunga, kotak, dan dilengkapi dengan hiasan pita.

Kelebihan Usaha

Usaha coklat cocok dijadikan sebagai peluang usaha baru, sebab semakin hari peminat cokelat terus meningkat. Sehingga peluang pasarnya juga semakin besar. Proses produksi cokelat juga relative mudah, jadi semua orang bisa mencoba usaha ini. Disamping itu bisnis cokelat juga tidak membutuhkan modal besar, sebagai alternatif skala industri rumahan Anda bisa menggunakan peralatan produksi dengan alat rumah tangga yang ada dirumah.

Kekurangan Usaha

Meski usaha kreasi cokelat ini masih terbilang baru, namun persaingan pasarnya sudah sangat ketat. Ditambah lagi banyak produk cokelat dari luar negeri yang sudah beredar dipasaran, sehingga dibutuhkan inovasi baru untuk memenangkan persaingan pasar. Kendala lainnya yaitu persediaan bahan baku dengan kualitas baik yang masih sangat kurang.

Pemasaran

Untuk mengenalkan usaha baru, Anda bisa menggunakan strategi pemasaran melalui pameran-pameran yang sering diadakan di kota Anda. Selain itu pemasaran juga bisa dilakukan dengan menitipkan produk cokelat tersebut di toko-toko kue, atau di supermarket yang ada di sekitar Anda. Bila perlu buatlah brosur atau pamflet untuk produk cokelat Anda, cantumkan pula layanan terima pesanan sesuai keinginan konsumen. Agar konsumen tertarik dan berminat membeli cokelat Anda.

Penggunaan teknologi seperti internet, juga bisa membantu Anda untuk mengenalkan produk kreasi cokelat hingga berbagai daerah. Pemasaran online yang bisa digunakan antara lain  membuat website atau blog untuk membuka toko online tentang cokelat. Sehingga Anda dapat menjangkau peluang pasar yang lebih luas.

Kunci sukses

Kesuksesan usaha baru ini terletak pada kreativitas dan inovasi produk yang ditawarkan. Dengan menciptakan cokelat dengan aneka bentuk dan rasa, maka minat konsumen akan semakin meningkat. Untuk itu tingkatkan kemampuan Anda untuk menciptakan aneka cokelat yang unik dan tidak kalah enak dengan cokelat impor. Selain itu berikan harga yang bersaing dan dapat dijangkau oleh semua kalangan. Agar produk Anda bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

Analisa Ekonomi

Analisa Ekonomi

Modal awal
Peralatan masak (loyang,cetakan cokelat, panci,dll)Rp   600.000,00
Kompor gas + tabung gas 3 kg                       Rp   350.000,00
Perlengkapan (toples,plastik kemasan, pita,dll)    Rp   200.000,00
Bahan baku (cokelat, pewarna makanan, dll)         Rp 1.500.000,00 +
Total                                              Rp 2.650.000,00
Peralatan masak dan kompor gas mengalami penyusutan, setelah pemakaian tiga tahun.
Penyusutan per bulan = (1/36 bulan x Rp 950.000,00) = Rp 26.800,00

Omset per bulan
Kemasan toples : 3 toples x @Rp 35.000,00 x 30 hr = Rp 3.150.000,00
Kemasan bungkus : 300 bungkus x @ Rp 1.000,00     = Rp   300.000,00 +
Total                                               Rp 3.450.000,00

Biaya operasional per bulan 
Bahan baku per bulan                               Rp 1.500.000,00
Perlengkapan kemasan cokelat                       Rp   200.000,00
Listrik dan telepon                                Rp   200.000,00
Biaya promosi (biaya internet, brosur,dll)         Rp   300.000,00
Transportasi                                       Rp   150.000,00
Biaya penyusutan                                   Rp    26.800,00 +
Total                                              Rp 2.376.800,00

Laba / rugi per bulan
Rp 3.450.000,00 - Rp 2.376.800,00               =  Rp 1.073.200,00

ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba per bulan)                   =  2,5 bulan

Cara Memulai Usaha Coklat

Memulai usaha memang tidak mudah bagi para pemula, namun jika Anda sudah tau ilmu dan pdanuannya maka ketika dijalankan cukup mudah. Nah ditambah lagi usaha coklat ini bisa dijalankan dengan skala rumahan. Tanpa modal besar Anda sudah bisa memulai usaha yang satu ini. Lalu apa saja persiapan yang harus dilakukan untuk memulai usaha ini? Mari kita buat perencanaan awal terlebih dahulu seperti :

Melakukan Persiapan

Persiapan yang harus Anda lakukan ketika akan memulai usaha ini adalah mengendalikan resep dengan benar-benar mempelajari resep sampai menemukan rasa yang sesuai. Jika perlu lakukan pula beberapa eksperimen varian rasa atau inovasinya. Kemudian jika sudah berhasil maka persiapkan alat dan bahan-bahan berkualitas.

Tonjolkan Keunikan Produk

Coklat sudah biasa dipasaran, bahkan jenisnya ada banyak sekali dengan berbagai macam varian dan inovasinya. Buat nilai lebih atau sesuatu yang berbeda dari coklat yang kamu jual. Misalnya menggunakan bahan premium dan berkualitas. Atau bisa juga mengkreasikan varian rasa, topping atau mengemas dengan kreasi kemasan yang lebih menarik.

Menyiapkan Modal

Salah satu hal terpenting memulai usaha adalah menyiapkan modal yang dibutuhkan untuk produksi. Hitung biaya produksi yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mulailah menentukan harga jual.

Menyusun Strategi Pemasaran

Salah satu yang tak kalah penting adalah menyusun strategi pemasaran untuk menghadapi persaingan pasar. Dengan semakin bertambahnya para pengusaha tentunya persaingan akan semakin ketat. Maka Anda harus menyiapkan beberapa strategi pemasaran agar produk dikenal oleh banyak orang. Termasuk menentukan nantinya menggunakan strategi pemasaran online atau offline.

Menentukan Kemasan

Tentu 1 hal ini tak boleh terlewat yakni menentukan kemasan yang akan digunakan. Kemasan bukan hanya sebagai wadah saja namun digunakan sebagai media promosi. Kemasan yang menarik dan unik juga membantu meningkatkan penjualan produk sehingga kemasan menjadi salah satu faktor penting yang harus dipikirakan dan dipertimbangkan.

Lengkapi Surat Ijin Usaha

Jika produk Anda ini adalah makanan maka wajib jika mas simpan lebih dari 7 hari harus mengunakan ijin P-IRT. Apapun jenis makanannya Anda harus mempersiapkan surat ijin usaha. Tentunya ini untuk membuat produk Anda semakin terpercaya dan konsumen pun aman mengkonsumsi.

Menentukan Lokasi Usaha

Jika beberapa faktor diatas sudah dilengkapi maka selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah menentukan lokasi usaha yang akan dijadikan untuk jualan. Tentu jika Anda ingin menyewa lokasi usaha ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya memilih lokasi yang strategis, ramai, akses jalan mudah, ada lahan parkir dan lokasi bersih.

Mengembangkan Usaha

Jika semua sudah dilakukan dan usaha sudah dijalankan, jangan lupa untuk terus belajar untuk terus mengembangkan usaha Anda. Tujuannya agar usaha terus bertahan dipasaran dan bisa bersaing dipasaran. Selalu lakukan perbaikan dan tingkatkan kualitas pelayanan, produk, dan selalu ikuti trend pemasaran dan penjualan dipasaran.

Sekian dulu informasi peluang usaha coklat untuk pekan ini, semoga informasi kami bisa memberikan inspirasi bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha baru yang menjanjikan. Selalu ada jalan menuju sukses, bila Anda berani berinovasi untuk menciptakan peluang baru. Selamat mencoba dan salam sukses.

4 Komentar

Komentar ditutup.