Alasan Mengapa UMKM Butuh Mentor Untuk Membangun Usaha

Membangun sebuah usaha bukan perkara mudah. Kebanyakan para UMKM mulai sadar akan pentingnya memiliki mentor untuk membangun usaha. Dengan bantuan mentor mereka bisa mendapatkan bimbingan dan arahan dalam setiap keputuan yang diambil.

Dalam sebuah usaha setiap keputusan yang diambil memiliki resiko masing-masing. Tanpa dibantu mentor bukan tidak mungkin pelaku usaha akan salah dalam mengambil langkah. Jika sudah begitu maka akan rentan terkena masalah besar dikemudian hari.

Akan tetapi yang perlu diketahui jika kamu bekerja sama dengan mentor setiap keputusan yang diambil mesti menurut arahan dari mentor.

Manfaat Memiliki Mentor Usaha

Lantas apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan bekerja sama dengan mentor? berikut penjelasanya:

Saran Terpercaya

Mentor usaha adalah orang-orang yang memiliki informasi dan wawasan luas tentang sebuah usaha. Mereka juga telah banyak memiliki pengalaman tentang dunia usaha. Dengan adanya mentor, kamu akan terbantu ketika mengevaluasi pengembangan usaha. Mentor bisa membantu mengidentifikasi apa yang perlu dievaluasi dan diperbaiki.

Di samping itu mentor juga bisa memberikan saran untuk mengembangkan usaha sesuai dengan keadaan yang dihadapi pelaku usaha.

Partner Diskusi

Kebanyakan masalah yang dihadapai UMKM adalah bingung dan ragu dalam setiap langkah yang akan diambilnya. Kalau sudah begitu pasti butuh pendapat dan masukan dari pelaku usaha lain yang sudah berpengalaman dalam menjalankan usaha. Dengan memiliki mentor kamu bisa mendapatkan kegiatan pengawasan dan tentunya kesempatan untuk berdiskusi bersama.

Dengan pengalaman dan ilmu yang mereka punya, maka bisa membagikan pengalaman dalam mengambil keputusan.

Prespektif Luas

Dengan memiliki mentor kita akan punya wadah sharing, bertanya dan mendapatkan masukan berharga dari orang yang berpengalaman di bidangnya. Terutama untuk menambah keterampilan dalam mengembangkan sebuah usaha. Mentor ini diharuskan untuk melihat semua permasalahan dari sisi internal maupun eksternal.

Mentor yang menangani berbagai masalah tentu akan mampu membantu melihat luas dari sudut pandang manapun. Baik dari sisi ekonomi, sosial dan lain sebagainya. Sehingga kamu juga akan terlatih memiliki cara pandangyang sama. Tugas utama mentor adalah membantu memperluas pemikiran pelaku usaha berdasar pengalaman mereka. Sehingga mereka pun bisa memiliki strategi dan solusi baru yang lebih segar, efektif dan tepat.

Jaringan Lebih Luas

Fungsi mentor selain memberikan dukungan dan arahan juga membantu dalam membangun jaringan yang lebih profesional. Biasanya mereka telah lebih dulu memiliki link yang dapat menghubungkan mereka dengan orang-orang profesional yang dapat membantu usaha untuk terus tumbuh dan berkembang.

Itu sebabnya penting dalam memiliki jaringan sosial yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan usaha. Misalnya dengan bekerja sama dengan mentor kita dapat berhubungan langsung dengan pasar dan masalah pendanaan.

Pelajaran Berharga

Pembelajaran yang didapatkan dari mentor adalah pembelajaran berharga yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Pelajaran berharga tersebut hanya bisa didapatkan dengan belajar dari pengalaman dari mentor.

Para mentor tentu tidak akan keberatan dalam membagikan masalah yang dihadapi dalam menjalankan usaha. Serta kesalahan yang pernah dibuat. Sehingga kita akan mengulangi kesalahan yang sama pernah dilakukan oleh mentor. Tentunya pelajaran tersebut tidak bisa ditemukan dibuku-buku yang membahas tentang usaha sekalipun.

Kemungkinan Sukses Besar

Menurut beberapa survey mentor memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai sebuah kesuksesan. Bahkan mereka yang sudah berhasil sukses mengaku jika peran mentor sangat berpengaruh pada kesuksesan yang diraih. Kemungkinan untuk kamu bisa sukses didorong dari arahan mentor yang tepat, baik jaringan, masukan, arahan, keputusan yang diambil adalah jalan menuju keberhasilan.

Sumber Semangat

Menjalankan usaha bukan perkara mudah, dalam perjalanannya pasti akan menemukan berbagai tantangan dan hambatan. Tentunya kamu perlu mempersiapkan diri dan strategi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Salah satu sumber dukungan dan semangat yang didapatkan adalah dari mentor. Mentor tidak hanya memberikan bekal ilmu dan arahan namun juga suntikan semangat.

Mental Lebih Kuat

Tidak hanya mendapatkan arahan dan semangat, kamu juga bisa mendapatkan cara tepat atau metode paling tepat untuk menyelesaikan masalah. Hal yang paling berharga adalah mendapatkan pengalaman dari para mentor.

Dari para mentor kita bisa menyadari bahwa perjuangan yang dialami saat ini bisa menjadi pegangan untuk mempersiapkan menjadi pelaku usaha yang semakin tumbuh berkembang baik dimasa mendatang.

Membantu Bertahan

Banyak para pelaku usaha yang menyerah ditengah jalan karena salah langkah dan banyak mengalami kerugian. Bahkan tak sedikit yang sudah menyerah dan tidak bisa bertahan terutama di tengah pandemi. Menurut beberapa ahli, pelaku usaha baru bisa bertahan 2 tahun pertama. Dan 50% pelaku usaha tidak bisa berhasil mencapai 5 tahun. Berbeda dengan pelaku usaha yang memiliki mentor mampu bertahan hingga 70%.

Itu tadi adalah pentingnya mentor dalam membangun usaha agar lebih tumbuh berkembang. Jika ada yang mau ditanyakan bisa diksusi dikolom komentar.

Leave a Comment