Apa Kaitannya Branding Dengan Desain Kemasan Produk?

Ada banyak cara untuk meningkatkan brand produk, salah satunya dengan melakukan promosi melalui kemasan. Mungkin selama ini banyak yang tidak terpikir untuk melakukan branding melalui kemasan. Padahal branding produk bisa meningkat dengan adanya kemasan yang menarik. Branding desain kemasan adalah langkah menentukan visi, misi, logo dan ciri khas.

Kemasan yang bagus akan membantu branding produk semakin naik. Selain itu daya tarik produk menjadi lebih tinggi jika dibandingkan dengan penggunaan kemasan polos.

Keuntungan Branding Kemasan Produk

Beberapa keuntungan melakukan branding kemasan produk adalah sebagai berikut :

  1. Merek akan mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat
  2. Memberikan fasilitas keputusan pembelian
  3. Memegang peran penting dalam promosi
  4. Membuat produk berbeda dengan produk lain
  5. Memberikan posisi yang kuat dalam industri
  6. Meningkatkan kepercayaan pada produk
  7. Mendukung pemasaran produk merek tersebut

Kemasan yang berkualitas akan membuat produk semakin berkelas sehingga memiliki nilai jual tinggi. Faktor desain kemasan akan membuat kesan positif konsumen pada produk. Tujuan utamanya adalah mendorong konsumen untuk melakukan tindakan pembelian produk.

Branding merupakan sumber kekuatan dan nilai dari sebuah produk. Dengan desain yang tepat maka akan memberikan nilai tambah pada produk dan merek. Oleh sebab itu pelaku usaha sudah sewajarnya memperhatikan kemasan produknya.

Pada dasarnya fungsi kemasan adalah melindungi produk yang ada di dalamnya. Untuk itu dibutuhkan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi kemasan yang sesuai saja tidak cukup, perlu didukung dengan adanya desain kemasan yang menarik. Berikut ini tips membangun brand produk dengan desain kemasan:

Tips Branding Produk Dengan Desain Kemasan

Filosofi Brand

Hal yang perlu untuk diperhatikan adalah mengumpulkan cerita dari brand-mu. Brand setidaknya mengandung identitas atau sejarah visi, misi dan tujuan dari perusahaan. Oleh sebab itu pikirkan terlebih dahulu apa motivasimu dalam mendirikan perusahaan? Apa yang membuat produkmu unik? Bagaimana visi, misi dan tujuan perusahaan ke depan? Kemudian bagaimana produkmu bisa berkesan dan memberikan manfaat pada konsumen?

Menciptakan Personality

Untuk bisa menyampikan pesan produk atau identitas tentu kamu harus menganggapnya sebagai bagian personal. Dengan memikirkan produkmu sebagai dirimu sendiri maka akan mudah untuk merancang kemasan. Terutama membuat kemasan yang mencerminkan brand personality yang terhubung dengan para konsumen.

Tanpa disadari nantinya konsumen akan melihat dan jatuh cinta dengan produkmu hanya dengan melihat kemasan. Selanjutnya konsumen pun akan sadar jika produk tersebut memang dirancang dan diperuntukkan untuk mereka.

Konsisten

Untuk merancang desain kemasan produk yang konsisten harus tetap mempertahankan ciri khas dan identitas brand. Oleh sebab itu yang harus kamu perhatikan dalam membuat desain kemasan adalah merancang konsep yang mencerminkan brand-mu. Konsep yang dimaksud adalah informasi logo, ilustrasi, warna dan tipografi.

Apabila kamu melakukan rebranding desain kemasan produk harus dengan karakteristik yang tidak jauh berbeda dengan desain sebelumnya. Jika memang tidak berkarakteristik sama setidaknya produk harus sesuai dengan nilai produk.

Desain Sederhana

Kemasan yang menarik tidak melulu dengan tampilan yang mencolok dan ramai banyak informasi yang disampaikan. Untuk itu usahakan untuk tidak membuat desain kemasan yang berlebihan. Sebab desain yang berlebihan tidak membantu memperkuat brand.

Desain yang sederhana dan unik akan jauh lebih menarik perhatian konsumen. Jangan berlebihan mendesain kemasan produk dengan pemilihan warna yang berlebihan pula.

Mempertimbangkan Kemasan Yang Dipilih

Jangan anggap remeh pengaruh desain dengan brand produk. Kemasan menjadi aspek utama yang memicu hubungan antara konsumen dengan produkmu. Untuk itu kamu perlu mempertimbangkan kemasan yang bisa membangkitkan emosi konsumen. Setelah berhasil membuat kemasan yang memikat hati konsumen tanpa disadari telah berhasil memperkenalkan brand produkmu.

Itu tadi beberapa aspek penting yang membuat branding desain kemasan itu penting dalam dunia bisnis. Branding tidak sekedar membuat inovasi pada produk saja. Namun branding desain kemasan juga menjadi salah satu aspek yang membantu mendongkrak penjualan.

Leave a Comment