Arena Outbound Yang Sangat Menguntungkan

Outbound

Semakin meningkatnya kesadaran kalangan pelajar dan mahasiswa terhadap rasa persahabatan di antara mereka yang telah menyebabkan arena outbound dipilih sebagai tempat alternatif. Arena outbound juga banyak dimanfaatkan oleh banyak pengajar playgroup dan taman kanak-kanak untuk mendidik anak-anak agar lebih mengenal alam. Selain itu arena outbound juga dipakai oleh perusahaan yang berkeinginan untuk memberikan pelatihan guna mematangkan kondisi fisik dan psikis pegawainya dan juga untuk mempererat kerjasama tim diperusahaannya. Untuk itulah ada baiknya Anda mengusahakan bisnis yang lagi ngetren ini.

Konsumen

Konsumen pelatihan outbound ini adalah sekolah, perusahaan, perguruan tinggi dan masih banyak lagi.

Info bisnis

Untuk memulai usaha ini, Anda terlebih dahulu harus memiliki perencanaan yang matang :

  1. Pertama, konsep fasilitas outbound apa yang hendak Anda bangun apa yang membedakan lokasi/tempat bapak dengan lokasi-lokasi lainnya??
  2. Kedua, utilitiesnya untuk apa ? wisata atau course (pelatihan)?? segmentnya untuk dewasa, anak-anak atau campuran?? kebutuhan permainan apa saja yang bapak perlukan, hal ini terkait dengan karakter lokasi tempat Anda.
  3. Ketiga, terkait dengan peralatan pendukung apa saja yang harus disiapkan, ketiga, sarana pendukung apa saja yang akan Anda siapkan untuk mendukung fasilitas outbond.
  4. Keempat, daya dukung financial, untuk menyesuaikan kira2 berapa biaya yang harus disiapkan dan apa saja yang harus dibuat dan dianggap penting bernilai jual?
  5. Kelima , SDM.
  6. Keenam, pemasaran. Manfaatkan sarana promosi besar-besaran dalam usaha ini seperti brosur, pamphlet, spanduk, iklan di media massa dan juga iklan di internet.
  7. Ketujuh program pengembangan selanjutnya.

Untuk memulai usaha ini, Anda terlebih dulu membeli lahan yang luas. Kemudian Anda harus menyediakan segala perlengkapan untuk calon arena outbond Anda seperti alat uji ketangkasan, keseimbangan dan kematangan peserta, kolam pemancingan, air terjun buatan aneka flora dan fauna, dll.

Kelebihan bisnis

Bisnis arena outbond merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek cukup cerah. Perkembangan bisnis ini pun semakin lama juga semakin berkembang, sehingga peminat wisata outbond juga semakin meningkat. Hal ini sangat menguntungkan pelaku bisnis arena outbond.

Kekurangan bisnis

Kendala yang biasanya dihadapi pemilik bisnis arena outbond yaitu sepinya kunjungan. Biasanya arena outbond ramai dikunjungi konsumen, pada hari libur saja seperti pada akhir pekan atau pada saat liburan sekolah. Diluar hari – hari tersebut, biasanya jumlah kunjungan akan menurun sehingga omset yang diperoleh juga berkurang.

Pemasaran

Strategi promosi yang sering dijalankan pemilik arena outbond yaitu dengan membagikan brosur atau pamflet di beberapa sekolah, kampus, serta beberapa instansi yang memungkinkan untuk mengadakan kegiatan outbond. Pemasaran juga bisa dilakukan dengan menjalin hubungan kerjasama dengan beberapa event organizer, agar mereka menggunakan arena outbond Anda bila mereka sedang mendapatkan proyek outbond.

Disamping itu promosi juga bisa dilakukan dengan memasang iklan di media cetak, media elektronik dan media online. Saat ini banyak arena outbond yang membuat blog atau website untuk memasarkannya melalui media online. Sehingga masyarakat luas mengetahui informasi keberadaan arena outbond tersebut.

Kunci sukses

Selain itu, kesuksesan jasa penyewaan arena outbound terletak pada keanekaragaman permainan yang tidak membuat peserta outbound merasa jenuh, dan instruktur outbound yang bersahabat dan berpengalaman. Sehingga para konsumen ingin kembali menikmati serunya suasana outbond di arena yang Anda miliki.

Analisis Ekonomi

Modal Awal
Tempat dan sarana                     Rp 200.000.000,-
Dekorasi                              Rp  25.000.000,-+
Total                                 Rp 225.000.000,-

Biaya Operasional
Promosi                               Rp   2.500.000,-
Transportasi dan komunikasi           Rp   1.000.000,-
Gaji 3 karyawan tetap                 Rp   2.400.000,-
Listrik, telepon, dll                 Rp   1.600.000,-
Konsumsi peserta                      Rp  15.000.000,-
Honorarium instruktur                 Rp  25.000.000,-+
Total Rp  47.500.000,- 

Omzet per bulan                       Rp 100.000.000,-

Laba per bulan                        Rp  52.500.000,-

Masa Kembali Modal 
(Modal awal: Laba perbulan)    = + 5 bulan

Sumber pustaka : Michael Chan,Jeremy Ong, MBA., 121 Peluang Bisnis Terpopuler. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2009.

Sumber gambar : http://www.kafebalita.com/content/files/products/Outbound2.jpg

7 thoughts on “Arena Outbound Yang Sangat Menguntungkan”

  1. st jg berminat di bidang yg satu ini,selain hobi outdoor activities ada baiknya jg sbgai ajang hiburan keluarga bagi instansi2 di perkotaan,,,untuk itu mohon infonya untuk pengadaan di bidang usaha ini,trimaksaih sebelumnya

  2. sudah lama sekali saya dan beberapa teman saya tertairk dengan bisnis ini. namun kami terkendala pada madsalah instyruktur. rencanmanya sich mau kami sekolahin biar dapat se3rtifikat. tapai tak tau harus kemena. karena menurut kami di ambon merupakan daerah yang sangan bagus sekali untuk mengimbangkan usaha ini. bisa tidak kasi info yang lebih lengkap mengenai syarat lokasi, jumlah orang yang harus kerja, kebutuhan perlengkapan bisa di dapat dimana>>???. pokoknya kami sangat tertarik, jadi, tolong lah, kami butuh info yang lengkap. trimakasih sebelumnya. iskandar slamet,. ambon. 085243309390.

  3. saya di Kabupaten Ngawi disana ada Perkebunan Teh milik Pemerintah yang dikelola oleh Swasta, meskipun pada event-event tertentu telah ada pengunjung yang menikmati kawasan tersebut namun arana hiburan yang ada sangat minim . Beberapa teman mengajak untuk membuat arena outbond di lokasi tersebut bagaimana prospek bisnisnya.

    Mashudi
    085235323870

  4. Assalamu’alaikum
    saya di kalimantan tengah, tertarik dengan bisnis ini.
    yang ingin saya tanyakan:
    – apakah lokasi di daerah atau kota kecil juga berpotensi menguntungkan?
    – berapa luas lahan ideal untuk arena outbond?
    – saya perlu informasi lengkap mengenai bisnis ini

    terimakasih
    wassalamu’alaikum

  5. saya di kalimantan tengah tertarik dengan bisnis ini, sama dengan respon di atas tolong informasinya 085248209009

  6. Hai,tlg informasi yg lngkap mngenai bisnis dmn saya bisa mndapatkan instruktur pelatihnya,trimakasi anita di kendari sulawesi tenggara,tlg 081341989978

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba