Berkreasi Dalam Bisnis Dekorasi Acara

dekorasi acara

Dekorasi acara yang dimaksud disini adalah memberikan service jasa dalam segi penataan panggung, dekorasi sekitarnya dan background yang dilengkapi tulisan tema acara dan pembicara. Kreatifitas dan pengalaman menjadi syarat utama kita menghadapi situasi acara yang tentunya bisa saja berlainan temanya. Tidak semua orang yang memiliki acara, bisa menghias tempat acara dengan kreasi dekorasi. Ini yang sering dijadikan sebagai peluang bisnis menguntungkan bagi masyarakat yang memiliki keahlian dibidang dekorasi ruangan.

Konsumen
Perusahaan, sekolah atau bahkan perguruan tinggi, panitia seminar, seseorang atau keluarga yang mengadakan hajatan atau pesta yang memerlukan dekorasi serta panggung adalah merupakan konsumen, target atau lahan bisnis Anda dalam mencari peluang usaha dekorasi acara.

Info bisnis
Dekorasi acara berbeda dengan dekorasi rumah biasa menyangkut penataan panggung, background yang biasanya dilengkapi dengan spanduk bertuliskan tema acara dan pembicara.
Jika Anda ingin terjun dalam bisnis jasa dekorasi acara, Anda harus bisa membuat konsep dan tahapan dalam acara untuk menunjang pekerjaan ini. Kumpulkan ide-ide dekorasi acara atau hadirilah beberapa acara untuk mendapatkan ide atau referensi, bila perlu mendokumentasikannya. Buatlah sample atau contoh berupa foto atau video dekorasi panggung sehingga calon pengguna layanan kita dapat memilih, mengkonsultasikan dan membayangkan konsep yang Anda jual nantinya.

Kelebihan bisnis
Berbisnis jasa sepanjang masa ini cukup mudah, hanya membutuhkan kratifitas kita atau seseorang yang bisa kita bayar untuk itu. Kadang bahkan konsep paggung sudah ditentukan dari konsumen, jadi kita hanya mengikuti keinginan mereka saja.

dekorasi acara kampus

Kekurangan bisnis

Belum begitu banyak yang mengenal bisnis ini, sehingga kita perlu mensosialisasikan ke masyarakat luas, karena untuk perusahaan besar biasanya sudah mengenal bisnis ini dan mempunyai langganan. Persaingan usaha dekorasi acara tidak sedikit seperti wedding organizer, panitia acara, tetapi Anda tidak perlu takut jika Anda memang memiliki kreatifitas dan bakat dalam dekorasi acara. Yakinlah pasti Anda nantinya akan mendapat pelanggan dan tentunya penghasilan dari pekerjaan sebagai dekorasi acara.

Pemasaran
Pemasaran dapat dilakukan dengan memasang iklan di media cetak maupun media elektronik, sehingga informasi bisnis Anda dapat tersebar luas. Selain itu Anda juga bisa memasarkannya melalui promosi dari mulut ke mulut, untuk mendapatkan pelanggan. Semakin banyak pelanggan yang puas dengan kreasi Anda, maka semakin besar pula image baik yang tertanam pada pelanggan sehingga mereka tidak ragu lagi untuk menginfomasikan bisnis Anda kepada rekan maupun kerabat mereka.

Kunci sukses
Kunci sukses untuk berbisnis jasa dekorasi acara adalah sebaiknya menjalin kerjasama dengan event organizer dan semacamnya agar pada saat ada acara, mereka menggunakan jasa Anda meski hanya untuk dekorasi di panggung saja. Anda juga bisa membuat proposal dan menghubungi perusahaan-perusahaan sehingga mereka mengenal bisnis Anda dan bisa menjadi pelanggan Anda tentunya.

Analisa Ekonomi

Investasi Awal
Membeli peralatan
(gunting, tanaman, kain, lem, kertas dll)            Rp 5.000.000,.
Biaya Operasional
Bayar 2 karyawan (per acara @ Rp 700.000,.*)         Rp 1.400.000,.
Alat dan bahan                                       Rp   600.000,.
Telepon                                              Rp   200.000,.
Transportasi                                         Rp   300.000,.+
Jumlah                                               Rp 2.500.000,.

Omzet* per bulan
Annalisa 5 kali jasa x @ Rp 1.000.000                Rp   5.000.000,.

Laba per bulan 
Rp   5.000.000,. - Rp 2.500.000,.                    Rp   2.500.000,.

ROI (Return of Investment)
( modal awal : laba bersih per bulan )               = ± 2 bulan

Catatan:
*Analisis 5 kali jasa yang digunakan tiap bulan @ Rp 1.000.000

sumber gambar:http://hosting07.imagecross.com/image-hosting-th-08/2720IMG_0470.JPG dan http://images.mangjamal.multiply.com

2 thoughts on “Berkreasi Dalam Bisnis Dekorasi Acara”

  1. setelah membaca artikel ini saya tertarik untuk mempelajari lebih dalam,sebagai bahan pertimbangan saya untuk memulai usaha.
    pertanyaan saya
    – Apa harus ada pelatihan atau kursus untuk cara menata dekorasi didlm ruang
    an atau diluar ruangan. Agar terlihat menarik
    -Apakah ada toko, butik atau sejenisnya yang menjual peralatan untuk perlengkapan dekarasi didalam ruangan dan diluar ruangan.
    -mohon penjelasan untuk langkah awal apa memulai usaha dekorasi ini
    atas informasinya saya ucapkan terima kasil

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba