Peluang Bisnis, Peluang Usaha

Binggung Usaha Apa? Bisnis Suplier Makanan Ringan Kue Aja!

binggung-usaha-apa-bisnis-suplier-makanan-ringan-kue-aja

Bisnis suplier makanan ringan kelihatan menarik lho, yakin kamu tidak mau coba? Sekarang ini tak perlu lagi bingung cari peluang usaha. Apa saja bisa jadi bisnis kok. Nah ngomongin makanan tak akan pernah ada habisnya. Mulai dari makanan berat hingga camilan.

Nah enaknya kalau kita sedang membahas tentang makanan, sampai-sampai kita bisa terhanyut dan menjadi lapar. Hampir setiap orang suka makanan ringan dan kue. Makanan ini di makan sebagai camilan ketika perut masih kenyang namun nafsu makan masih tinggi.

Berbagai macam makanan yang ditawarkan dipasar-pasar hingga swalayan tentu sangat menggugah selera makan. Bagi yang hobi dengan makanan ringan tentu akan tergiur dan ingin mencicipi semua jenisnya. Bahkan jika terlalu kalap bisa saja makanan yang dijajakan dibeli semua.

Tentunya dengan antiusiusme masyarakat yang cukup banyak tersebut menjadikan bisnis makanan ringan tersebut cukup menggoda untuk kamu coba. Semakin banyak inovasi yang dikembangkan maka akan semakin gencar juga minat masyarakat.

Yuk, Cek Analisa Usaha Bisnis Suplier Makanan Ringan Berikut

1. Peluang bisnis ini terbuka luas?

Peluang bisnis yang satu ini baik untuk dijadikan sebagai bisnis sampingan ataupun usaha utama. Disamping banyaknya penggemar makanan ringan ini tentu hal tersebut menjadi pemicu prospeknya bagus untuk dijalankan. Nah mengingat pengelolaannya mudah, tidak membutuhkan pegawai banyak dan modal yang dibutuhkan kecil. Bisnis ini tidak menuntut banyak kemampuan apapun, kecuali cara memasarkannya. Bagaimana kamu tertarik?

2. Target pasar yang bisa kamu bidik

Konsumen target kamu dalam bisnis ini bisa dikatakan sangat luas. Targetnya adalah mini market, supermarket, swalayan dan mall. Untuk memulai bisnis suplier makanan ringan dan kue, kamu perlu mencari produsen makanan ringan dan kue. Makanan dan kue yang kamu cari harus bermutu, bersih dan tampilannya layak ditempatkan dipasar modern. Baru setelah itu kamu bisa menawarkan kerjasama dengan mereka.

Namun Anda harus mampu meyakinkan bahwa kamu bisa menjual produk mereka dalam jumlah yang besar. Produk-produk itulah yang kemudian kamu tawarkan kepada supermarket, minimarket disekitarmu. Perjanjian bisa dengan sistem konsinyasi atau sistem beli putus. Tapi biasanya konsumen lebih memilih sistem konsinyasi untuk menghindari kerugian.

3. Kendala yang dihadapi

Kendala dalam menjalankan usaha ini adalah kemampuan kamu dalam hal tawar menawar. Selain itu, kamu harus yakin bahwa produk yang kamu tawarkan ke konsumen harus mempunyai nilai jual dan bermutu tinggi.

Keberhasilan usaha ini terletak pada pemilihan kamu atas produk yang sesuai selera pasar, baik dari segi rasa, harga dan penampilan. Jadi jangan pernah sembarangan dalam memilih produk yang akan kamu beli sebab jika sembarangan, kepercayaan konsumen padamu akan sirna. Jika ternyata hasil penjualan memuaskan, maka permintaan dari konsumen tentu sangat banyak. Dengan begitu kamu bisa memperluas jaringan pemasaran kekota-kota lain. Bukalah semakin luas jangkauan pasar, semakin besar pula keuntungan yang bisa kamu peroleh.

4. Pesaing bisnis makanan ini banyak

Berbisnis apapun sudah pasti banyak pesaingnya, tak terkecuali bisnis makanan ringan ini. Tentunya dipasaran sudah banyak yang menekuni bisnis ini sejak dulu. Tapi tak perlu khawatir, itu bukan suatu masalah besar. Nah agar kamu bisa bersaing dengan mereka lakukan pelayanan yang baik dan lakukan berbagai inovasi untuk membuat usahamu dilirik oleh para konsumen. Dengan begitu kamu bisa memenangkan persaingan tersebut.

5. Pastikan kualitas makananmu baik

Menjaga kualitas makanan menjadi hal yang sangat pokok. Agar makananmu terjamin kualitas rasa dan kebersihannya maka perhatikan hal ini dengan sangat teliti. Tentunya dengan mengedepankan faktor kualitas makanan kamu menjadi kepercayaan konsumen.

6. Menjaga kebersihan demi menjamin kesehatan makanan

Hal yang paling penting lainnya adalah dengan menjaga kebersihan makanan. Jangan sampai kepercayan konsumen hilang hanya karna tempat makanan kotor atau ada partikel bahkan benda lain masuk dalam makanan. Konsumen tentunya akan merasa tidak nyaman jika ada benda asing yang masuk dalam makanan meskipun benda tersebut bentuknya kecil. Bukan hanya itu saja jika bahan makanan yang digunakan bukan bahan-bahan yang berkualitas dan bersih tentu dapat mengakibatkan masalah pencernaan dan penyakit.

7. Inovasi yang beragam

Menyediakan makanan ringan yang itu-itu saja pastikan membuat bosan bagi para konsumen. Dengan memasok berbagai macam makanan ringan tentu akan membuat konsumen tertarik . Selalu sediakan makanan ringan yang baru dan beragam dengan mengikuti perkembangan zaman. Dijaman milenial ini tentu masyarakat semakin menyukai makanan baru yang unik.

8. Kemasan merupakan hal yang penting

Kemasan kini peranya bukan hanya sebagai pembungkus saja lho. Ataukah kamu kalo kemasan merupakan salah satu penunjang keberhasilan dalam memasarkan makanan. Selain digunakan untuk menarik konsumen bisa pula dijadikan salah satu cara untuk promosi. Jangan asal-asalan dalam memilih kemasan menjadi perhatian khusus. Semakin menarik kemasan semakin tertarik pula konsumen untuk membeli makanan tersebut.

9. Cara promosi yang tepat sasaran

Mempromosikan makanan ringan ini tentunya harus dengan berbagai cara salah satunya dengan promosi besar-besaran dimedia sosial. Cara ini tentu ampuh untuk memasarkan makanan. Tanpa perlu berlama-lama maka masyarakat yang sebagian besar menggunakan smartphone dapat mengenal dengan mudah dan jangkuannya lebih luas.

10. Analisa modal usaha

 Analisa Ekonomi

Modal Awal
Mobil sebagai sarana transportasi (bekas)                 Rp. 30.000.000

Biaya Operasional

Telpon, transportasi, dll.                                Rp.  1.000.000
Omzet per bulan                                           Rp.  3.000.000
Laba per bulan                                            Rp.  2.000.000

Masa kembali modal                                            15 bulan

Tertarik Bisnis Suplier Makanan Ringan? Apa Aja Yang Harus Diperhatikan?

Memulai suatu bisnis?Yuk simak dulu apa saja yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai kamu kurang dalam perencanaan.

  1. Merencanakan konsep bisnis dengan matang, bagaimana tujuan bisnisnya, resiko apa yang akan dihadapi, strategi yang akan digunakan, rincian modal yang dibutuhkan dan keuntungan yang diperoleh.
  2. Menyiapkan segala macam peralatan yang dibutuhkan secara terperinci
  3. Tentu hal yang paling terpenting menyiapkan modal usaha yang dibutuhkan
  4. Siapkan rancangan bisnis yang menarik dan unik
  5. Menyiapkan kemasan yang lebih menarik beda dari yang lainnya guna untuk membantu menunjang keberhasilan dalam memasarkan produk
  6. Menjaga kualitas bahan baku dengan memilih bahan yang segar dan kualitas tinggi agar nilai jualnya juga tinggi.
  7. Memberikan inovasi terbaru sah-sah saja karena hal tersebut dapat membuat konsumen tidak bosan dan akan selalu tertarik lagi dan lagi, tetapi jikalau bisa jangan sampai menurunkan kualitas rasa. Setidaknya pertahankan cita rasa yang sudah ada.
  8. Memberikan cita rasa yang khas yang akan membuat makanan kamu diincar oleh para konsumen.
  9. Menjaga kebersihan dalam segala hal adalah hal penting baik makanan, peralatan, kemasan
  10. Mencari target pasar yang sesuai seperti menawarkanya di lingkungan terdekat seperti warung, toko kelontong, swalayan, toko oleh-oleh, jajanan pasar.
  11. Menentukan inovasi dan keunggulan makanan dibandingkan dengan pelaku usaha lainnya.
  12. Menyiapkan strategi bisnis yang akan digunakan untuk menghadapi per
  13. Jenis promosi yang dilakukan untuk mengenalkan produk makanan
  14. Selalu menjaga reputasi makanan demi kepercayaan pelanggan dan mitra kerja
  15. Jaga komunikasi dan hubungan yang baik dengan mitra kerja
  16. Berikan pelayanan yang ramah, cepat, baik dan benar
  17. Setelah selesai menyiapkan semua kebutuhan dan apa saja yang diperlukan maka memilih waktu tepat untuk memulai usaha

 

Sumber Gambar : https://www.pegipegi.com/travel/7-destinasi-weekend-seru-buat-para-jomblo/ragam-kue-3-pasar-kue-subuh/