Bir Ini Halal dan Gak Bikin Mabuk, Cocok Dijadikan Usaha Sampingan!

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata bir? Pasti langsung teringat dengan minuman beralkohol yang pembuatannya melalui proses fermentasi kan? Mendengar tentang minuman beralkohol, beberapa orang pasti langsung terpikirkan dengan efek mabuk yang dibawanya. Tapi tahukah kamu ada bir yang tidak membuat mabuk dan cocok dijadikan usaha sampingan?

Minuman ini namanya saja yang mengandung kata bir, namun pembuatannya tidak menggunakan alkohol sama sekali dan tidak melalui proses fermentasi. Bir ini dinamakan bir pletok, adalah minuman penyegar yang dibuat dari campuran beberapa rempah. Biasanya rempah yang digunakan adalah jahe, daun pandan wangi, serai, dan secang yang akan memberikan warna merah saat diseduh dengan air panas.

Bir pletok merupakan minuman tradisional masyarakat Betawi dan sering disajikan saat perayaan atau acara-acara masyarakat betawi. Menilik sejarahnya, bir pletok ini sudah hadir sejak masa penjajahan Belanda. Pada saat itu masyarakat Betawi banyak yang tergoda untuk mencoba meminum bir seperti yang banyak dilakukan oleh bangsa barat. Namun mereka melihat efeknya yang kurang baik karena membuat mabuk.

Orang Betawi dikenal sebagai muslim yang taat sehingga meminum bir merupakan perbuatan dilarang agama yang tidak akan mereka lakukan. Akhirnya mereka mencoba meracik bir yang dapat menghangatkan badan namun tidak menyebabkan efek samping mabuk. Akhirnya terciptalah bir pletok yang rasanya nikmat, berkhasiat menghangatkan badan dan memiliki khasiat-khasiat lainnya yang juga menyehatkan tubuh.

Khasiat Bir Pletok

Khasiat Bir Pletok
sumber gambar: atmaGo

Bir pletok adalah minuman yang terbuat dari campuran berbagai rempah-rempah sehingga bisa dikatakan sebagai minuman herbal. Banyaknya rempah yang tekandung membuat bir pletok membawa banyak manfaat, diantaranya;

  1. Meredakan nyeri dan asam lambung
  2. Menghangatkan tubuh dan mengbati masuk angin
  3. Mengurangi rasa mual, batuk, dan gejala flu ringan
  4. Merangsang pelepasan hormon adrenalin yang dapat memperlebar pembuluh darah sehingga tubuh menjadi hangat, darah mengalir lebih lancar dan tekanan darah menurun
  5. Meningkatkan napsu makan
  6. Mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker

Cara Pembuatan yang Mudah untuk Dijadikan Usaha Sampingan

Bir pletok memiliki rasa yang khas, yaitu campuran antara manis, pedas, dan hangat. Resep asli bir pletok sebenarnya ada 11 macam rempah yang ada di Betawi dan semuanya memiliki peranan masing-masing dan menghasilkan cita rasa yang berbeda-beda. Membuat bir pletok ternyata cukup mudah dan kamu bisa menyesuaikannya dengan perkembangan zaman dengan cara membuat variasi rasa.

Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat bir pletok adalah jahe sebanyak yang kamu butuhkan, cengkeh, biji pala, sereh, kapulaga, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, dan gula. Semua bahan ini lalu dicampur menjadi satu dan tidak lupa ditambah secang yang fungsinya memberi warna pada bir ini nantinya.

Agar semua rasa rempah terasa pada bir, rempah harus digeprek terlebih dahulu hingga hancur. Setelah itu baru dimasukkan ke dalam panci yang sudah berisikan air dan dipanaskan menggunakan api sedang. Sambil diaduk masukkan gula sesuai selera. Bir pletok ini nikmat diminum dalam keadaan hangat maupun dingin. Karena perkembangan zaman dan minat masyarakat yang tinggi bahkan kini ada bir pletok dalam wujud bubuk yang dikemas menggunakan kemasan sachet.

Meski Usaha Sampingan, Pengemasan Harus Diutamakan

Bir pletok buatan rumahan ini merupaka produk cair sehingga kemasan yang digunakan harus tepat. Untuk produk minuman biasanya menggunakan kemasan gelas atau botol, namun tahukah kalian jika ada alternatif kemasan lain yang dapat digunakan?

1. Kemasan gelas

kemasan gelas plastik

Kemasan ini menjadi kemasan paling mainstream namun tepat untuk mengemas bir pletok. Ada dua jenis kemasan gelas, pertama gelas yang terbuat dari plastik PET atau PP dan kedua gelas yang terbuat dari kertas foodgrade dan dilapisi plastik tipis. Ada bermacam-macam ukuran dari kedua jenis kemasan ini. Meksi mainstream kamu bisa membuat kemasan gelas ini berbeda dengan cara menyablon permukannya dengan desain yang menarik.

2. https://dikemas.com/kemasan/botol-almond-250-ml/

sampingan kemasan botol

Kemasan kedua yang bisa kamu gunakan adalah kemasan botol. Ada dua jenis kemasan botol yang bisa kamu gunakan, pertama botol kaca dan kedua botol plastik. Kemasan botol plastik lebih dianjurkan karena lebih praktis dan tidak rentan jika jatuh dari ketinggian tertentu. Sama halnya dengan kemasan gelas, kemasan botol plastik ini juga bisa disablon dengan desain sesukamu.

3. Kemasan standing pouch

usaha sampingan kemasan standing pouch

Ini nih kemasan antimainstream dan kekinian untuk mengemas bir pletok kamu, kemasan standing pouch. Jika biasanya kemasan ini digunakan sebagai kemasan snack kamu bisa menjadikannya berbeda. Namun kamu harus menggunakan bahan yang tepat jika membungkus produk minuman menggunakan kemasan standing pouch. Gunakan yang berbahan dasar plastik agar lebih aman.

Tertarik menjalankan usaha bir pletok ini? Tenang, bir yang satu ini gak bikin mabuk kok! Kalau kamu lebih memilih pakai kemasan yang mana? Tulis di kolom komentar, ya!

1 thought on “Bir Ini Halal dan Gak Bikin Mabuk, Cocok Dijadikan Usaha Sampingan!”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba