Bisnis Desain Grafis, Kerja Sampingan Buat Nambah Penghasilan

Bisnis desain grafis menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pada dasarnya saat ini semua orang dari beragam kalangan membutuhkan jasa desain grafis. Apa lagi di zaman seperti sekarang ini di mana kebutuhan konten semakin beragam. Mulai dari kebutuhan konten untuk bisnis atau usaha serta kebutuhan konten untuk keperluan perseorangan. Tidak dipungkiri bahwa sekarang hampir semua orang sudah mulai familiar dengan bentuk-bentuk karya desain grafis yang diaplikasikan dalam berbagai media. Seperti pada media sederahana seperti undangan, souvenir, merchandise, poster, dan media lainnya.

Peluang Bisnis Desain Grafis

Desain grafis adalah seni yang menggabungkan antara elemen grafis berupa garis, gambar, huruf, dan bentuk lain dengan tujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi tertentu. Perkembangan desain grafis dari waktu ke waktu juga telah mengalami banyak inovasi. Hal ini bisa kita perhatikan dari hal yang paling umum adalah perubahan gaya pada desain undangan pernikahan. Kalau dulu desain undangan pernikahan hanya menggunakan tulisan nama pasangan dan kapan pelaksanaan penikahannya dengan layout dan konsep yang sangat sederhana. Tapi kita lihat sekarang? Desain undangan pernikahan makin beragam dan tentunya lebih menarik bukan? Inilah salah satu bukti kalau desain grafis sudah menjadi bagian dari kebutuhan banyak orang. Apakah kamu tertarik untuk menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis jasa desain grafis yang menguntungkan?

Bisnis Desain Grafis, Kerja Sampingan Buat Nambah Penghasilan
csform.com

Bisnis desain grafis sangat cocok buat kamu yang punya bakat desain apa lagi kalau ingin menambah penghasilan dari pekerjaan utama. Untuk melihat kesempatannya kamu bisa amati saja dari lingkungan terdekat kamu. Seperti teman kerja, saudara, teman dekat, atau kenalan lainnya yang sudah tentu membutuhkan desain grafis untuk beragam keperluan. Mulai dari desain undangan, desain souvenir, desain poster, desain vektor wajah, desain kemasan, desain kartu nama, desain logo, desain spanduk atau banner, dan desain lainnya. Peluang yang menjanjikan bukan? Bahkan kamu bisa menjalankan bisnis jasa desain grafis secara online tanpa perlu menyewa lapak bahkan bertemu konsumen secara langsung. Kamu bisa membuka jasa desain grafis promosinya melalui media sosial untuk mendapatkan orderan.

Ambil Peluangnya!

Kelebihan dari bisnis jasa desain grafis buat kamu yang mau menambah penghasilan tentu adalah modal yang sangat minim. Cukup seperangkat komputer dan koneksi internet di mana kedua hal tersebut tentu sudah kamu miliki. Tinggal kamu kembangkan bisnis jasa desain grafis dengan persiapan matang dan strategi yang tepat. Sekarang ini dunia desain semakin populer karena merupakan ujung tombak media promosi bagi para pelaku usaha. Melalui desain yang menarik dan unik maka akan menjadikan daya tarik tersendiri bagi audiens. Banyak orang yang ingin mempunyai logonya sendiri untuk brandnya, maka mereka memerlukan jasa para desainer untuk keperluan bisnisnya, desain kartu nama, id card, desain banner dan sebagainya.

Ide Bisnis Desain Grafis

Apa saja ide yang bisa dijalankan untuk memanfaatkan peluang bisnis desain grafis? Kali ini Bisnis UKM akan memberikan ulasan selengkapnya untuk kamu jadikan inspirasi usaha sampingan supaya kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

1. Jasa Desain Editing Foto

Salah satu peluang yang menjanjikan dan bisa kamu jalankan adalah jasa desain editing foto. Menjadi seorang desainer grafis tidak melulu hanya membuat desain vektor saja tapi juga editing foto yang juga membutuhkan jasa seorang desainer grafis. Contohnya editing foto prewedding, foto wedding, foto studio, foto untuk buku tahunan anak sekolah, serta editing foto produk. Untuk pengolah foto hanya dibutuhkan perangkat PC dan sofwre Photoshop. Jika kamu bisa menghasilkan karya yang memuaskan peluang kamu untuk menerima pesanan dari banyak kalangan pasti akan semakin bertambah.

2. Jasa Desain Souvenir

Banyak sekali orang yang mencari souvenir untuk diberikan sebagai hadiah atau buah tangan. Jenis souvenirnya juga beragam, seperti cangkir, gantungan kunci, jam, tas, dompet serta benda lain yang umumnya dijadikan untuk souvenir. Apa lagi kalau kamu bisa mendapatkan pesanan desain souvenir untuk pernikahan. Akan ada kesempatan lain juga seperti desain undangan yang bisa kamu ambil juga dari satu klien yang sama. Untuk desain souvenir kamu bisa mengembangkannya dengan beragam jenis desain. Misalnya desain vektor wajah atau desain karakter animasi yang biasanya banyak digunakan untuk diterapkan pada benda-benda souvenir.

3. Jasa Desain Layout

Masih banyak perusahaan yang rutin menerbitkan majalah internal untuk perusahaan. Tapi terkadang mereka tidak memiliki seorang desainer yang expert dalam mengerjakan desain layout majalah. Ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk menawarkan jasa desain layout. Selain itu kamu juga bisa menyasar para pelaku usaha rintisan untuk dibuatkan katalog produk. Sebab sekarang ini katalog produk baik itu cetak maupun digital menjadi hal yang sangat penting untuk menarik konsumen.

4. Desain Kaos

Salah satu peluang yang tidak akan pernah kehilangan konsumen adalah desain kaos. Sebab mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja, perusahaan, dan masyarakat umum membutuhkan jasa desain kaos. Kamu bisa lihat saja dari kebutuhan untuk sablon kaos, mulai dari kaos kelas, kaos tim olahraga kelas, kaos kepanitiaan, serta kaos untuk acara tahunan tertentu. Pastinya peluang ini akan sangat menjanjikan ketika kamu bisa memanfaatkannya dengan baik.

5. Desain Konten Digital

Kalau ide bisnis jasa desain grafis yang satu ini sudah pasti peluangnya sangat menjanjikan. Sekarang hampir semua orang membutuhkan konten digital untuk keperluan bisnis maupun keperluan perseorangan. Kamu bisa menawarkan jasa desain konten digital mulai dari info grafis, editing motion graphic, editing video, dan konten digital lainnya yang pasti membutuhkan desainer grafis. Apa lagi sekarang semua bisnis baik dari skala besar mau pun UKM sudah menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran. Jadi kamu bisa menyasar para pelaku usaha untuk dibuatkan konten media sosial yang menarik dan akan berpengaruh pada penjualan mereka.

Yuk Mulai Bisnis Desain Grafis!

Untuk menjalankan bisnis desain grafis pada dasarnya yang harus kamu lakukan adalah memperbanyak portofolio sesuai dengan spesialisasi desain yang akan kamu jual. Misalnya kamu ingin menjalankan binsis dengan spesialisasi desain konten digital. Maka dari itu buatlah karya-karya desain konten digital yang kamu unggah di media sosial khusus jasa desain kamu. Dari situlah kamu bisa menciptakan branding yang kuat untuk bisnis desain grafis yang kamu jalankan.

Itulah ulasan mengenai peluang usaha dan ide bisis desain grafis yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk menambah penghasilan dengan bisnis sampingan desain grafis. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis desain grafis yang kamu jalankan semakin #NaikKelas ya! Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu. Ikuti terus ulasan menarik lainnya tentang bisnis sampingan hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk memulai sebuah bisnis. Salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba