Peluang Usaha Soto Ayam, Modal Kecil di Bawah 5 Juta

Peluang usaha soto ayam merupakan salah satu peluang bisnis kuliner yang masih menjanjikan. Bagaimana tidak, soto adalah makanan yang menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Bahkan ada beragam jenis hidangan soto dari masing-masing daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Mulai dari soto kudus, soto sokaraja, soto banjar, soto betawi, soto lamongan, serta soto lainnnya yang juga menjadi favorit kebanyakan orang. Untuk hidangan soto penggunaan dagingnya juga beragam, ada soto ayam, soto sapi, soto kerbau, soto babat, sampai soto balungan.

Melihat Peluang Usaha Soto Ayam

Kuliner soto bahkan menjadi salah satu dari lima makanan nasional yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata bersanding dengan sate, nasi goreng, rendang, dan gado-gado. Jadi tidak heran kalau peluang usaha soto ayam masih terbuka lebar dan bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Menu makanan soto ayam hampir kebanyakan disukai oleh semua orang. Menu makanan ini juga diterima masyarakat menengah atas sampai masyarakat biasa pada umumnya. Bahkan sering kita jumpai berbagai makanan olahan juga menjadikan soto ayam sebagai varian rasa pada sebuah produk, seperti contohnya mie instan rasa soto ayam.

Peluang Usaha Soto Ayam, Modal Kecil di Bawah 5 Juta
eresep.com

Hidangan soto ayam juga cocok untuk disantap dalam berbagai waktu, mulai dari hidangan untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Soto ayam juga menjadi hidangan yang jarang absen untuk acara-acara pertemuan. Seperti pernikahan, buka puasa bersama, kumpul keluarga, reuni, hingga acara-acara formal yang banyak dilaksanakan di Indonesia. Selain itu usaha soto ayam juga bisa menyasar pasar yang sangat luas dari semua kalangan. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja, sampai keluarga. Apakah kamu tertarik untuk memulai usaha soto ayam? Kalau kamu adalah penggemar soto dan memiliki keahlian dalam membuat makanan ini, tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan peluang usaha soto ayam yang menjanjikan ini. Buat kamu yang ingin memulai usaha soto ayam ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Persiapan Usaha Soto Ayam

– Merinci modal yang akurat untuk mendapatkan keuntungan yang tepat

– Mempunyai skill dalam memasak, jika belum mahir maka belajarlah dari yang ahli atau dari buku

– Membuat resep masakan soto ayam yang sesuai dengan selera konsumen

– Memiliki ciri khas rasa yang berbeda dengan soto lain yang ada

– Menjaga kebersihan tempat tempat berjualan

– Menambah daftar menu dengan makanan atau minuman yang bervariasi

– Melakukan promosi dan pemasaran, misal selama launching memberikan diskon khusus serta melakukan pemasaran

Kelebihan

Banyaknya penggemar makanan soto ayam, memperbesar peluang usaha soto ayam makin menjanjikan. Selain itu pemasarannya juga tidak terlalu sulit, karena masyarakat sudah akrab dengan hidangan soto ayam. Buat kamu yang masih pemula dalam dunia bisnis, usaha soto ayam ini akan sangat cocok karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Sehingga semua orang bisa mencoba menjalankan usaha soto ayam.

Kekurangan

Hambatan yang sering dihadapi oleh pelaku usaha soto ayam adalah tidak stabilnya harga bahan baku. Bahkan harga ayam dan bumbu yang dijadikan sebagai bahan baku soto cenderung lebih sering naik, sehingga para pedagang soto kesulitan dalam menekan biaya produksi. Karena belum memungkinkan untuk menaikan harganya, maka cara yang bisa dilakukan pedagang hanyalah mengurangi ukuran porsi soto yang ditawarkannya. Namun pengurangan juga tidak terlalu banyak, hal ini tujuannya untuk mengurangi risiko kekecewaan konsumen.

Pemasaran Usaha Soto Ayam

Strategi pemasaran yang paling efektif untuk usaha makanan adalah promosi dari mulut ke mulut. Dengan adanya promosi konsumen yang sudah menikmati soto ayam yang kamu jual, calon konsumen akan mengetahui keberadaan usaha soto ayam kamu. Oleh karena itu jaga selalu kualitas rasa soto ayam dan tingkatkan kualitas pelayanan yang diberikan agar konsumen tidak kecewa. Sebab informasi negatif dari konsumen yang kecewa, akan sangat cepat menyebar bad news is a good news. Selain itu kamu juga bisa mempromosikan soto ayam dengan media sosial. Sekarang hampir semua orang memiliki media sosial mulai dari remaja sampai orang tua. Maka dari itu tidak ada salahnya kamu menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram untuk memasarkan soto ayam yang kamu jual. Buatlah konten yang menarik selain foto atau video produk. Kamu bisa membuat konten-konten yang informatif dengan gaya bahasa yang ringan.

Modal Usaha

Untuk memanfaatkan peluang usaha soto ayam pada dasarnya harus dimulai dari perencanaan usaha yang matang. Salah satunya adalah perencanaan modal usaha. Sebab tanpa perencanaan usaha yang matang, sebuah usaha tidak akan berjalan dengan baik. Berikut ini Bisnis UKM akan mengulas perkiraan modal usaha soto ayam yang bisa kamu jadikan gambaran.

Investasi Awal

– Gerobak Rp 1.000.000

– Peralatan Rp 2.000.000

– Biaya lainnya Rp 100.000

Jumlah Investasi Awal Rp 3.100.000

Biaya Operasional

– Bahan Baku Rp 150.000 x 26 Hari  Rp3.900.000

– Gas Rp 20.000 x 12 untuk 26 Hari Rp 240.000

– Bahan Minuman 26 Hari Rp 200.000

– Lain-lain Rp 100.000

Jumlah Biaya Operasional Sebulan Rp 4.440.000

Pendapatan

– 30 porsi soto x Rp 10.000 x 26 Hari = Rp 7.800.000

– 30 gelas minuman x Rp 3.000 x 26 = Rp 2.340.000

Jumlah Pendapatan Perbulan Rp 10.140.000

Keuntungan

Pendapatan Perbulan – Biaya Operasional Perbulan

Rp 10.140.000 – Rp 4.440.000 = Rp 5.700.000

Resep Soto Ayam

Rencana usaha tanpa produk yang konsisten dan sesuai dengan selera konsumen tentu akan menghambat pertumbuhah usaha soto ayam yang kamu jalankan. Jadi sebelum melaunching usaha soto ayam ada baiknya kamu menentukan resep ciri khas dari soto ayam yang kamu jual. Berikut ini resep dan cara membuat soto ayam yang bisa kamu jadikan ide untuk bisa dikembangkan menjadi resep ciri khas kamu sendiri.

Bahan

– Daging ayam

– Daun Bawah

– Jahe, laos, kunyit 1 cm

– Sereh 2 batang

– Bawang putih 5 siung

– 3 siung bawah merah

– Daun salam dan daun jeruk 4 lembar

– Garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya

– Kemiri 3 buah

Isi Soto

– Tauge, tomat, bihun, jeruk limau, ayam suwir, taburan bawang goreng, dan sambal sesuai selera

Cara Pembuatan

1. Siapkan semua bahan untuk dihaluskan kecuali daun jeruk, daun salam, dan sereh. Kemudian tumis hingga halus.

2. Tambahkan air sebanyak 1,5 liter dan daging ayam mentah sebelum dijadikan ayam suwir. Tunggu sampai mendidih kemudian tambahkan daun bawang, penyedap rasa, gula, dan garam. Cek tingkat keasinan.

3. Tiriskan daging ayam, kemudian goreng hingga matang. Suwir ayam ketika sudah dingin.

4. Siapkan bahan isian soto lainnya untuk direbus. Kecuali bihun, rendam di air hangat saja.

5. Ambil mangkuk untuk diisi dengan semua bahan isian soto, kemudian siram dengan kuah panas soto. Taburi dengan bawang goreng, perasan jeruk, dan sambal sesuai selera.

6. Soto ayam siap disajikan.

Itulah ulasan tentang peluang usaha soto ayam yang bisa kamu jadikan ide untuk memulai usaha modal kecil. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha kamu makin #NaikKelas Ikuti terus informasi menarik tentang bisnis lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terispirasi untuk memulai bisnis. Salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba