Tips Membuat Konten Marketing Instagram Keren & Menarik

Membuat sebuah konten marketing instagram memang tak semudah yang kita bayangkan. Untuk menunjang bisnis biasanya diperlukan adanya konten untuk memperkenalkan dan meningkatkan penjualan agar tetap bertahan di pasaran. Baik bisnis kecil maupun besar membutuhkan sebuah konten marketing untuk menarik perhatian para konsumen. Nah konten marketing instagram ini adalah strategi pemasaran yang kamu rencanakan, dibuat dan didistribusikan untuk menarik perhatian para konsumen.

Agar tepat sasaran pada target yang dibidik maka perlu adanya merencanakan konten yang sesuai dan pas dengan target yang akan kita bidik. Dengan adanya konten marketing ini diharapkan mendorong para konsumen untuk melakukan tindakan pembelian. Konten yang tepat maka akan memperluas nama brand dan bisnis dan untuk membangun reputasi mendapatkan kepercayaan menjadi toko yang memiliki kualitas baik dan terpercaya.

Sosial media memang sangat berperan penting untuk kemajuan sebuah bisnis, terutama di era modern seperti sekarang ini. Salah satu sosial media yang sangat efektif untuk melakukan promosi adalah instagram. Melalui instagram ini kamu bisa membangun sebuah branding melalui konten instagram. Membuat sebuah konten artinya kamu membuat foto, gambar, video maupun tulisan untuk diposting setiap harinya untuk menarik para konsumen.

Dari konten tersebutlah followers akan tertarik untuk berinteraksi bahkan membeli produkmu. Melalui konten ini apabila sesuai maka kamu bisa membangun branding dengan baik. Namun pertanyaanya bagaimana cara membuat konten yang keren lagi menarik untuk dapat memancing interaksi dengan para followers? Nah berikut ini adalah cara membuat konten instagram yang menarik.

Cara Membuat Konten Instagram Menarik

Membuat Konten Menarik Perhatian

Konten yang berupa sebuah text atau tulisan instagram akan menunjukkan identitas sebuah brand atau merk produk. Usahakan untuk membuat konten tujuanya tidak hanya membuat orang mengenal dan melihat produkmu saja. Tapi buat agar konten tersebut dapat mengambil hati dan menghibur para pengguna.

Dengan begitu tentu akan mengajak dan memancing mereka untuk berinterksi. Dari berinteraksi inilah tercipta sebuah tindakan dan ketika mereka semkain tertarik dengan kontenmu mereka akan mengenal sekaligus penasaran pula dengan produkmu. Dengan inilah mereka akan mencoba membeli produkmu.

Memaksimalkan Karakter dan Fitur IG

Apabila kamu ingin memaksimalkan instagram ini untuk kegiatan bisnis maka tentunya kamu perlu melakukan perencanaan. Tentukan target pasar yang akan kamu bidik, pastikan juga kamu menyesuaikan dengan produk yang kamu jual dengan rentan usia target. Kemudian cari ketertarikan mereka akan produk yang kamu jual. Sebagai contoh ketika kamu ingin menjual produk fashion hijab kekinian tentu umur yang pas untuk kamu bidik adalah para anak muda milenial. Umur diantara 15 tahun sampai 35 tahun. Konten yang kamu buat di instagram juga harus menyesuaikan dengan trend masa kini dan juga melihat ketertarikan mereka pada produk tersebut. Usahakan agar mereka juga mau ikut terlibat dalam postingan tersebut.

Mengidentifikasi Brand

Setelah kamu selesai menargetkan target yang berpotensi untuk produkmu selanjutnya adalah dengan mengetahui produk apa yang akan kamu jual. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan memudahkan dalam membuat konsep konten yang sesuai, tepat sasaran, menarik, informatif dan juga menjual.

Pastikan pula jika kamu juga memahami ketertarikan para target pasarmu. Sehingga dengan begitu kamu akan mendapatkan gaya bahas, trend, dan gambaran hal yang paling mudah untuk dimengerti dan dipahami para target. Contohnya saja ketika kamu mau mengaet para kaum muda milenial maka kamu harus menggunakan bahasa yang sedang trend masa kini. Berikan humor, gambar menarik, video kreatif dan juga menghibur. Jangan melulu kamu memposting produkmu ataupun tulisan. Mereka akan malas membaca dan akhirnya akan mudah bosan dengan postinganmu.

Buat Caption Singkat, Padat, Jelas dan Menarik

Tentu dalam membuat caption atau informasi pada instagram kamu ingin menyampaikan informasi sejelas – jelasnya. Memang tidaklah masalah, namun kamu juga harus memperhatikan hal yang satu ini. Meski terlihat sepele namun bisa memberikan efek cepat bosan dengan adanya caption atau informasi yang terlalu panjang dan bertele – tele.

Pastikan jika kamu benar – benar mengkonsep dengan benar. Buat informasi postingan singkat, padat dan jelas dan yang pastinya buat caption yang menarik. Buat jadwal postingan, kemudian buat postingan yang ada kaitanya dengan produkmu. Hindari caption yang terlalu panjang karena akan terlalu membosankan dan membuat para followers malas membacanya. Persingkat caption dan buat gaya tulisan yang membuat para followes melakukan interaksi denganmu.

Prioritaskan Informasi Penting Pada Awal Caption

Ketika kamu membuat sebuah caption informasi pada sebuah postingan maka pastikan informasi penting terletak paling awal, kalimat lainnya hanyalah pendukung saja. Kebanyakan para followers hanya membaca caption hanya sekilas saja. Maka pastikan kamu menulis hal – hal yang penting pada awal kalimat. Atau membuat inti informasi pada awal kalimat. Dengan cara ini pula kamu juga berkesempatan untuk menarik minat baca para followers pada kalimat – kalimat selanjutnya.

Kamu bisa menuliskan kalimat yang singkat dan jelas dengan menggambarkan produk dengan bahasa yang mudah dipahami. Berikan solusi atau juga tips menarik, buat keyakinan pada konsumen apabila kamu memberikan informasi lebih pada link yang dicantumkan atau melalui postingan selanjutnya.

Gunakan Hashtag

Cara membuat konten marketing instagram selanjutnya adalah dengan penggunaan hashtag. Hashtag ini sangat penting untuk membuat konten postinganmu semakin luas jangkauanya. Tahukah kamu batas maksimal penggunaan hashtag adalah 30? Menurut para mereka yang beriklan menggunakan instagram ini pada setiap postingan yang menggunakan hashtag akan meningkatkan engagement sebesar 12% lebih.

Namun pastikan jika hashtag yang kamu cantumkan sesuai dan relevan dengan postingan atau produk yang kamu posting dan juga target yang kamu bidik. Hindari pula membuat caption hanya berisi sebuah hashtag saja, setidaknya buat caption keterangan informasi produk atau lainnya sebelum menggunakan hashtag. Hamu bisa menggunakan hashtag pada kolom komentar.

Nah itu tadi adalah beberapa cara membuat konten marketing instagram agar semakin menarik para followers dan tepat sasaran. Semoga informasi diatas dapat menginspirasi para pembaca sekalian. Selamat mencoba.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba