Usaha Sambal Rumahan Makin Untung Dijual Kemasan

Usaha sambal rumahan saat ini makin berkembang. Sambal merupakan salah satu menu pelengkap yang sangat digemari kebanyakan orang di Indonesia. Kegemaran kebanyakan orang Indonesia dalam menyantap makanan memang cenderung lebih menyukai masakan yang kaya akan bumbu dan rempah. Seperti halnya sambal yang merupakan sajian dari beragam bumbu dan rempah. Apalagi penggemar makanan pedas di Indonesia bisa dibilang cukup banyak. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya masakan khas nusantara yang punya cita rasa pedas. Tidak hanya makanan khas nusantara atau tradisional saja yang banyak menonjolkan cita rasa pedas, makanan kekinian seperti ayam geprek, bakso aci, seblak, mie setan, sampai cemilan atau makanan ringan dengan cita rasa pedas.

Peluang Usaha Sambal Rumahan

Tentu kegemaran banyak orang Indonesia terhadap makanan pedas menjadikan usaha kuliner peluangnya semakin menjanjikan. Konsumen dari kuliner pedas juga beragam mulai dari remaja, anak muda, sampai orang tua juga menjadi penggemar makanan pedas. Begitu juga dengan sambal yang bisa dikatakan menjadi sajian pelengkap yang harus ada setiap kali menyantap hidangan utama bagi beberapa orang. Untuk memanfaatkan peluang bisnis kuliner makanan pedas ini bisa dilakukan dengan menjalankan usaha sambal rumahan. Sudah banyak kisah sukses para pelaku usaha sambal rumahan seperti Sambal Bu Rudy asal Surabaya. Di mana awalnya usaha sambal yang dilakukan dimulai dari skala rumahan, hingga sekarang menjadi bisnis yang besar. Bahkan produk Sambal Bu Rudy menjadi oleh-oleh khas kota pahlawan yang banyak dibawa pulang oleh wisatawan.

Usaha Sambal Rumahan Makin Untung Dijual Kemasan
https://bisnisukm.com/

Begitu juga kamu yang bisa memanfaatkan peluang bisnis kuliner pedas ini dengan memulai usaha sambal rumahan. Kalau dulu sambal merupakan sajian pelengkap yang dibuat oleh dapur masing-masing rumah tangga, kini sambal sudah menjadi produk bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan besar. Kebiasaan konsumen atau orang-orang saat ini yang lebih suka menikmati hidangan dari luar karena semakin padatnya aktivitas dimanfaatkan betul oleh para pelaku bisnis. Tidak terkecuali produk aneka sambal kemasan yang merupakan hasil dari memanfaatkan keadaan ini.

Kelihatannya memang sederhana, sebab untuk membuat sajian sambal memang tidak terlalu rumit. Tapi sekarang kebanyakan orang lebih suka dengan hal yang serba cepat dan praktis, begitu juga dalam hal mengonsumsi makanan. Daripada makan hidangan utama harus ngulek terlebih dahulu, lebih baik beli sambal kemasan supaya hidangan utama menjadi semakin sempurna. Mulai dari hidangan nasi, mie, sampai gorengan merupakan makanan yang cocok disantap dengan sambal.

Ide Usaha Sambal Rumahan

Untuk memulai usaha sambal rumahan ini bisa dikatakan tidak terlalu rumit. Sebab bahan bakunya mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Ada berbagai jenis olahan sambal di Indonesia. Ketika kamu memutuskan untuk memulai usaha sambal rumahan ini tentukan jenis sambal apa saja yang akan diproduksi dan dijual ke pasaran. Dalam menentukan jenis sambal yang akan dijual, kamu bisa menganalisa dari jenis sambal mana yang umumnya menjadi favorit kebanyakan orang. Berikut ini Bisnis UKM akan mengulas beberapa jenis sambal yang disukai banyak orang supaya bisa kamu jadikan inspirasi dalam menentukan jenis sambal apa yang akan diproduksi dan dijual.

1. Sambal Ijo

Sesuai namanya, sambal ijo merupakan sajian sambal dengan bahan utama cabai hijau. Sambal ini juga disebut dengan lado ijo dari Sumatera Barat. Cita rasa pedasnya tidak terlalu kuat karena memang biji cabai hijau tingkat kepedasannya tidak terlalu sadis layaknya cabai rawit. Biasanya penggemar samba ijo adalah orang-orang yang tidak terlalu suka makan makanan yang sangat pedas. Hanya ingin mendapatkan sensasi sedap dari cabai dan rempah.

2. Sambal Terasi

Kalau sambal terasi merupakan sajian yang menggunakan bahan lebih beragam. Seperti namanya sambal ini dibuat dengan memadukan terasi dengan cabai keriting, cabai rawit, tomat segar, serta gula dan garam. Beberapa orang lebih suka menikmatiya dengan versi mentah tapi tak sedikit juga yang menggoreng terlebih dahulu cabai dan terasinya.

3. Sambal Bawang

Buat orang-orang yang suka sambal bawang biasanya merupakan penggila makanan pedas. Sebab sambal bawang bisa dikatakan merupakan jenis sambal yang to the poin, rasa pedasnya langsung nendang tanpa ada tambahan bahan lain. Hanya rasa pedas cabai rawit ditambah dengan cita rasa rempah bawang putih, sedikit gula dan garam, kemudian disiram dengan minyak goreng matang atau panas. Sambal bawang juga kini menjadi dampingan ayam geprek yang level kepedasannya juga bisa disesuaikan dengan selera.

4. Sambal Matah

Anak-anak muda pasti tidak asing dengan sambal yang satu ini. Sambal matah merupakan sambal khas Pulau Dewata Bali. Cita rasa dari sambal matah memadukan rasa pedas, asin, asam, dan segar yang banyak digemari oleh anak-anak muda. Kalau pada umumnya sambal itu diulek, sambal matah hanya memotong kecil-kecil cabai dan bumbu rempahnya. Jadi sensasi pedas sambal matah lebih nendang karena langsung bisa menikmati cabai utuh bukan cabai halus.

Strategi Usaha Sambal Rumahan

Setelah menentukan jenis sambal apa saja yang akan kamu produksi selanjutnya buatlah strategi bisnisnya. Segala jenis bisnis perlu strategi, termasuk juga usaha sambal rumahan yang akan kamu jalankan. Berikut ini strategi usaha sambal rumahan yang bisa kamu terapkan.

1. Pertahankan Cita Rasa Sambal

Mempertahankan cita rasa adalah tantangan dari setiap pelaku bisnis kuliner. Maka dari itu susunlah dengan matang bagaimana cara untuk mempertahankan cita rasa semua produk sambal yang kamu jual. Beberapa caranya adalah dengan selalu catat dan tulis resepnya. Pilih bahan terbaik dan berkualitas. Memperhatikan dengan betul tingkat kematangan sambal karena sambal kemasan punya masa kedaluwarsa. Kemudian yang tidak kalah penting adalah menentukan tingkat kepedasan sesuai dengan produk dan segmen pasar.

2. Tentukan Target Pasar Sambal Kemasan

Dalam menentukan target pasar juga harus disesuaikan dengan produk sambal yang kamu jual. Apakah memang ingin memproduksi sambal dengan branding sebagai produk premium lebih eksklusif atau produk regular yang segmen pasarnya akan lebih luas. Kamu juga perlu menentukan konsep bisnisnya apakah konsep bisnis B2B, B2C, atau bahkan keduanya. Begitu juga dengan penentuan harga yang juga disesuaikan dengan target pasar yang akan kamu bidik.

3. Pilih Kemasan Sambal yang Tepat

Hal ini juga masih berkaitan dengan target pasar, konsep bisnis, dan harga produk. Kalau kamu ingin menjadikan produk sambal yang dijual sebagai sambal premium bisa memilih kemasan sambal botol kaca dengan desain label kemasan yang simpel dan elegan. Kalau sambal reguler bisa pilih kemasan sambal botol plastik dengan desain yang juga menarik. Untuk kemasan sambal kamu bisa cari tahu mana yang lebih cocok dengan mengunjungi laman diKemas.com bahkan kamu juga bisa konsultasi dan mendapatkan gratis desain kemasan sambal.

4. Promosi Usaha Sambal Rumahan

Sudah tentu di zaman sekarang ini kamu harus bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi. Buatlah foto produk yang menarik konsumen untuk membeli produk aneka sambal kemasan yang kamu jual. Selain itu kamu juga bisa membuat promo menarik untuk konsumen. Misalnya paket promo sambal 4 rasa atau promo paket menarik lainnya. Bisa juga dengan memberikan diskon atau potongan harga untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Ituah ulasan mengenai usaha sambal rumahan yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk menjalankan bisnis. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu ya. Simak dan ikuti terus artikel menarik tentang usaha lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga artikel ini ke teman kamu yang lain supaya semakin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis. Salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba