Bisnis Mie Organik Jadi Peluang Usaha Menjanjikan Ibu Rumah Tangga

Bisnis mie organik merupakan tren yang terjadi karena makin banyaknya orang yang peduli akan kesehatan. Sebab kesehatan saat ini sudah menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan. Selain itu orang-orang juga sudah mulai beralih pada gaya hidup sehat. Banyak hal yang kemudian menjadi pertimbangan supaya gaya hidup sehat bisa konsisten diterapkan.

Bisnis Mie Organik Jadi Peluang Usaha Menjanjikan Ibu Rumah Tangga
freepik.com

Pola Makan Sehat

Gaya hidup sehat yang saat ini banyak diterapkan mengacu pada pertimbangan keseimbangan aktivitas fisik dan pola konsumsi. Kalau berbicara terkait aktivitas fisik, sekarang makin banyak pelaku bisnis olahraga yang menawarkan beragam kemudahan untuk orang. Mulai dari penyediaan jasa trainer, kelas olahraga, produk perlengkapan dan peralatan olahraga, sampai sewa arena olahraga.

Selain olahraga yang dijadikan gaya hidup sebagai bagian dari gaya hidup sehat, pola konsumsi juga menjadi hal yang sangat penting bagi orang-orang. Ada beragam jalan yang ditempuh oleh orang-orang untuk menerapkan gaya hidup sehat berkaitan dengan pola konsumsi atau pola makan. Misalnya saja ada yang memutuskan untuk menjadi seorang vegan, seorang vegetarian, atau melakukan diet dengan beragam jenis.

eatdrinkshrink.com

Bisnis Mie Organik

Dari hal tersebut menjadikan bisnis kuliner juga semakin melebarkan sayap untuk memanfaatkan peluang dengan menyediakan berbagai olahan makanan sehat. Salah satunya adalah bisnis mie organik. Di bisnis mie organik ini merupakan bagian dari inovasi bisnis kuliner yang tidak akan ada matinya. Sebab dalam dunia bisnis kuliner banyak sekali jenis jajanan, masakan, ataupun berbagai produk olahan yang menarik untuk dicoba keperuntungannya. Makanan yang berasal dari bahan organik juga cukup digemari banyak orang saat ini, hal ini karena makanan yang berasal dari bahan organik sangat aman untuk dikonsumsi bagi kesehatan tubuh dan menjadi produk yang paling dicari oleh orang-orang dengan gaya hidup sehat.

theroastedroot.net

Salah satu jenis makanan yang sangat difavoritkan oleh banyak orang adalah mie. Sudah pasti banyak orang yang memang sangat menyukai makanan cepat saji satu ini. Di samping pembuatannya yang mudah dan sederhana, rasanya juga nikmat. Tapi ketika mie dikonsumsi secara berlebihan atau terlalu sering juga tidak baik untuk kehatan. Terutama terkait dengan pencernaan. Dari hal tersebut supaya mie tetap dapat dikonsumsi dengan lebih aman dan sehat muncullah mie organik di tengah adanya mie instan, mie telur, atau pun mie daging. 

Mie organik akan banyak diburu oleh orang-orang yang punya gaya hidup sehat karena terbuat dari bahan-bahan alami yang pasti sangat aman dan sehat untuk dikonsumsi baik itu untuk orang dewasa bahkan juga anak-anak. Jenis mie organik juga banyak menjadi salah satu menu di tempat-tempat makan mulai dari skala warung makan, kafe, hingga restoran. Bahkan ada juga tempat makan khusus makanan organik yang menjadikan mie organik sebagai salah satu menu andalan. Mie organik banyak disukai karena mie ini dibuat dari bahan-bahan yang menyehatkan seperti sayuran dan ekstrak buah-buahan.

Persiapan Bisnis Mie Organik

Peluang bisnis mie organik saat ini prospeknya juga semakin menjanjikan. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa sekarang makin banyak orang yang menerapkan gaya hidup sehat. Bisnis mie organik ini sangat cocok dijalankan untuk para Bunda yang ingin punya penghasilan tambahan dan juga semakin produktif. Untuk memulai bisnis mie organik ini ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Kali ini Bisnis UKM akan mengulas beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis mie organik. Simak ulasannya berikut ini ya Bund!

naturallyella.com

1. Pastikan Olahan Mie Tanpa Bahan Kimia

Dalam menjalankan bisnis mie organik yang perlu Bunda perhatikan adalah konsumennya, tentu para konsumen yang menginginkan mie organik tidak ingin makanannya mengandung bahan kimia yang justru akan merusak esensi dari gaya hidup sehatnya. Jadi pastikan olahan mie organik Bunda benar-benar terbebas dari bahan-bahan kimia.

2. Tetap Jaga Kualitas Mie Organik

Untuk menjaga kualitas mie organik Bunda harus konsisten dalam proses produksinya. Sah saja kalau Bunda berinovasi dengan produk-produk mie organik. Tapi yang harus diperhatikan adalah kualitas dari produk itu sendiri. Jangan sampai inovasi produk justru merubah kualitas produk mie organik.

3. Konsumen Yang Tepat Sasaran

Ketika Bunda menjual mie organik pastikan bahwa segmen atau target kosumenya juga tepat sasaran. Lakukan terlebih dulu perencanaan bisnis mie organik dengan matang. Mulai dari konsep bisnis, riset pasar, riset target konsumen, serta strategi pemasarannya. Manfaarkan juga media sosial dengan isi konten yang menarik dan informatif ya Bund.

Resep Membuat Mie Organik

utilplast.com

Selain hal yang sudah disebutkan di atas, Bisnis UKM juga akan membagikan resep dan cara membuat mie organik. Berikut ini resep dan cara membuat mie organik yang bisa Bunda jadikan referensi untuk membuat produk mie organik. Simak selengkapnya ya Bund!

Bahan-Bahan Pembuatan Mie Organik

– 1 ikat sayur bayam, diambil daunnya saja. (sayurannya bisa kangkung, sawi, wortel, ubi ungu dan lainnya sesuai selera)

– 4 Sendok makan air

– 200 gram tepung terigu protein sedang

– 50 gram tepung beras

– Garam secukupnya

– 1 Butir telur ayam

– 2 sendok makan minyak goreng

– 2000 mili air

*Sisihkan tepung terigu agar mie tidak lengket

Cara Pembuatan Mie Organik

1. Siapkan nampan lebar untuk tempat adonan mie.

2. Masukkan bayam ke dalam blender dan tambahkan 4 sdm air. Blender bayam sampai halus kemudian sisihkan.

3. Campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam. Aduk sampai rata kemudian tambahkan blenderan bayam dan telur. Tambahkan juga 1 sdm minyak goreng, aduk rata dan uleni hingga kalis.

4. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Pipihkan adonan mie dengan menggunakan cetakan.

5. Giling adonan yang sudah dipipihkan dengan gilingan mie ke level 2/3/4 dengan ketebalan sisi sesuai selera. Kemudian taburkan tepung terigu agar mie tidak lengket. Biarkan agar tepung mengering.

6. Panaskan air yang diberi 1 sdm minyak goreng sampai mendidih, rebus mie 3 menit, kemudian angkat dan ditiriskan.

7. Bahan dasar mie siap dimasak dengan olahan apa saja sesuai selera. Bisa dimasak mie goreng, mie kuah, mie tek-tek, mie ayam, campuran mie bakso dan lainnya.

8. Mie bisa disimpan dikulkas 3-5 hari dengan penyimpanan yang baik di dalam kemasan vacuum bag.

Itulah ulasan mengenai bisnis mie organik yang bisa Bunda jadikan referensi untuk menjalankan usaha di bidang kuliner. Semoga tulisan ini bermanfaat ya Bund. Persiapkan bisnis Bunda dengan sebaik mungkin. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis Bunda semakin #NaikKelas Ikuti terus artikel tentang bisnis kuliner lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke rekan Bunda yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis dan bisa mempersiapkannya dengan baik.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba