Usaha Pembuatan Kitchen Set

kitchen setKebutuhan peralatan dan aksesoris rumah semakin modern seiring dengan berjalannya waktu dan kemudahan teknologi informasi. Mulai dari furniture penghias kamar tamu, kamar rias, kamar tidur sampai pada ruang dapur.

Saat ini akan sangat mudah untuk mendapatkan model desain interior rumah melalui berbagai media. Mulai majalah, internet dan televisi. Biasanya desain ini mengikuti berbagai gaya mulai dari dalam negeri sampai desain ala Eropa.Wahyu Wibowo seorang pengusaha yang berhasil kami temui memaparkan bahwa pada awalnya dia memulai usaha yang umumnya merupakan usaha teknik kayu dan akhirnya memilih fokus di bidang usaha kitchen set. Pria kelahiran Solo 1972 yang juga sarjana arkeologi UGM ini memulai usaha tanpa ada pengalaman bisnis sedikitpun.

Konsumen

Dalam pemasarannya, pak Wahyu membidik target konsumen masyarakat menengah keatas. Hal ini didasarkan pertimbangan nilai produk yang cukup tinggi sehingga hanya bisa dijangkau oleh kalangan tertentu . Selain masyarakat umum, target pasar usaha beliau adalah beberapa toko meubel yang bekerjasama dengan beliau. Banyak toko meubel dan furniture yang memesan kitchen set Pak Wahyu untuk dipasarkan kembali.

Proses Produksi

Produk yang dihasilkan berbagai model kitchen set dengan berbagai ukuran. Kadang juga menerima pesanan meubeler dan furniture terutama dari kalangan relasinya. Dalam satu bulan rata-rata omset menapai 25-30 juta atau kurang lebih 4-5 order/bulan yang diterima dengan berbagai model pesanan made by order.

Untuk bahan baku usaha pembuatan kitchen set yang terutama adalah kayu. Jenis kayu yang dipakai disesuaikan dengan permintaan konsumen. Dalam satu bulan rata-rata kayu yang dibutuhkan untuk memenuhi pesanan 5 meter kubik atau 1 truk. Bahan baku tersebut diperoleh dari toko-toko sekitar dan apabila ada waktu luang bisa berburu bahan baku sampai ke Gunung kidul.

Biaya kebutuhan kayu sendiri 25% dari omset, sisanya untuk tenaga kerja, keperluan finishing dan berbagai macam aksesoris yang melekat pada kitchen set. Saat ini jumlah tenaga kerja tetap 5 orang. Apabila pesanan cukup banyak, ditambah tenaga kerja lepas sehingga bisa mencapai 5-10 orang.

Tenaga kerja/karyawan tersebut memiliki beberapa keahlian yang diberi upah dengan sistem harian. Tukang kayu berjumlah 4-5 orang dibayar 40 ribu/orang/hari, pembantu tukang dengan jumlah 1-2 orang dibayar 25 ribu/orang/hari, untuk finishing dibutuhkan 3 orang dibayar 40 ribu/orang/hari.

Proses produksi dimulai setelah ada pesanan dari konsumen. Menurut penjelasan Wahyu awalnya dilakukan pengukuran ruangan (dapur) kemudian penentuan desain. Pada proses ini terus dilakukan komunikasi dengan klien, apabila terjadi kesepakatan maka klien membayar uang muka kemudian pengerjaan kitchen set. Proses ini memakan waktu 1 bulan, termasuk pemasangan.

Produk kitchen set dari wahyu pada umumnya sama dengan produk lain, karena produk kitchen set merupakan produk customize, unik, sesuai dengan selera konsumen. Mengenai kualitas pengerjaan tergantung dari keahlian dari tukang kayu.

Pemasaran

Sejauh ini pemasaran masih di wilayah Jogja dengan pertimbangan kemudahan akses transportasi pada proses pelaksanan nantinya. Promosi yang dilakukan masih dalam lingkup wilayah Jogja menggunakan plakat,brosur dan pamflet. Pernah mengikuti pameran, hanya saja dinilai kurang efektif karena singkatnya waktu event pameran tersebut.

Sedangkan untuk penawaran harga produk kitchen set, biasa dipatok berdasar ukuran meter persegi. Pak Wahyu memberikan harga rata-rata 2 juta per meter persegi. Sejauh ini produk yang pernah dikerjakan beliau paling mahal senilai 30 juta.

Kendala

Dalam usaha ini kendala yang dihadapi adalah masalah klasik, yaitu masalah modal. Untuk masalah competitor meski bermunculan sejak tahun 2005, tidak dirasa berpengaruh terhadap usaha yang dimiliki beliau. Rencana bisnis kedepan adalah pelayanan tidak hanya sebatas pengerjaan dan pembuatan kitchen set saja, tetapi juga akan melayani jasa perawatan dan renovasi kitcen set.

Analisa Ekonomi

Perhitungan didasarkan pada pendapatan tiap bulan

Pengeluaran per bulan

Kayu              5 m3 x Rp 1.000.000,00        Rp  5.000.000,00
Tukang kayu       5 orang x Rp 40.000,00 x 30   Rp  6.000.000,00
Pembantu tukang   2 orang x Rp 25.000,00 x 30   Rp  1.500.000,00
Tukang finishing  3 orang x Rp 40.000,00 x 30   Rp  4.800.000,00
Aksesoris         4 x 1 paket x Rp 1.000.000,00 Rp  4.000.000,00+
Total pengeluaran                               Rp 21.300.000,00

Pendapatan
Omset per bulan                                 Rp 25.000.000,00

Keuntungan
Rp 25.000.000,00 – Rp 21.300.000,00             Rp  3.700.000,00

Dengan fokus menekuni usaha pembuatan kitchen set, kini Pak Wahyu dapat memperoleh untung jutaan rupiah untuk tiap bulannya. Jika Pak Wahyu bisa sukses dengan modal ketekunan, Anda pun juga memiliki peluang sukses sama seperti Pak Wahyu. Salam sukses.

Diolah dari berbagai sumber
Sumber gambar: http://wb3.itrademarket.com/pdimage/63/758363_2.jpg

30 thoughts on “Usaha Pembuatan Kitchen Set”

  1. Saya baru mau memulai usaha ini, pengalaman sebelumnya di perusahaan yang mengerjakan furniture dengan bahan kayu solid. saat ini saya mencoba untuk kayu olahan dengan finishing tempel.
    berapa harga dan bagaimana cara pengiriman video pembuatan kitchenset. apakah isi video juga membahas pembuatan kitchenset dengan sistem finishing tempel.?

  2. Saya Arif di Jawa Timur. Saya sangat ingin membuka usaha jenis ini..
    Berapa harga video pembuatan kitchen set ?
    gimana cara pembayaran & pengirimannya?
    Saya Tunggu Infonya segera
    Terima kasih

  3. Salam sukses… Bos, saya pingin belajar buat kitchen set sendiri, dan jika sudah mencoba dgn hasil yang lumayan bagus, saya ingin mencoba buka usaha di bidang kitchen set. Saya ingin beli cd tutorial nya, dan apakah tetap bisa berkelanjutan komunikasi nya ? Terima kasih

  4. Yth Admin bisnisukm.com

    Mohon info, saya tertarik dg video/tutorial dan ebook tentang pembuatan kitchen set serta budidaya jamur tiram, berapa biaya dan ongkos kirim untuk ke Muara Enim Sumatera Selatan? Tolong info via email saya.

    Terimakasih, good luck
    Alpino

  5. saya sangat tertarik dengan cd kitchen set yang mas tawarkan utk panduan memulai usaha saya. apa bukti transfer nya bisa kirim via email? soal nya sy gak ada fax..
    terima kasih .

    Terimakasih atas respon yang Bapak berikan.
    Untuk bukti pembayaran Bapak cukup melakukan konfirmasi pada kami bahwa telah melakukan transfer ke nomor rekening kami melalui no.sms 081-329-612-111. Setelah itu akan kami cek kiriman transfer Bapak. Demikian informasi dari kami.

    Terimakasih

    Salam Sukses

  6. Pak Admin,

    saya di Jakarta. Saya tertarik untuk membeli CD tutorial pembuatan kitchen set. Ditambah ongkos kirim, berapa yang harus saya bayar untuk mendapatkan CD tersebut. Terima kasih.

    Wassalam,
    Awang

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba