Buah Sukun, Bahan Pangan Lokal Yang Potensial

buah sukunTermasuk salah satu tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis, sukun atau yang memiliki nama latin Artocarpus altilis Park ini buahnya dapat digolongkan menjadi dua jenis, yakni sukun yang berbiji (breadnut) dan sukun tanpa biji yang disebut dengan breadfruit. Pohonnya yang mempunyai daya adaptasi cukup tinggi, menjadikan tanaman sukun bisa tumbuh subur di dataran rendah maupun dataran tinggi. Kondisi inilah yang kemudian membuat penyebaran pohon sukun cukup luas, bahkan sekarang ini telah tersebar di seluruh pelosok Indonesia dari mulai Pulau Sumatra hingga Papua.

Ketersediaan buah sukun yang melimpah di berbagai penjuru daerah,  mejadikan buah sukun sebagai salah satu bahan pangan lokal yang memiliki nilai jual cukup potensial. Kandungan karbohidrat serta proteinnya yang cukup tinggi, belakangan ini mulai dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan pangan alternatif pengganti beras karena keberadaannya dapat menutupi kekosongan produksi beras di nusantara.

Biasanya, panen raya buah sukun di Indonesia bisa dilakukan setahun dua kali yaitu pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Tentunya hasil panen tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan alternatif pada musim paceklik padi. Sebab, pada bulan Januari, Februari dan September rata-rata hampir di seluruh daerah terjadi paceklik beras yang secara tidak langsung mempengaruhi ketahanan pangan nasional.

Kandungan gizi pada buah sukun yang relatif tinggi, dipercaya bisa menggantikan peran nasi yang selama ini dijadikan sebagai bahan pangan utama masyarakat Indonesia. Dalam 100 gram sukun, terkandung sedikitnya karbohidrat 35,5 %, protein 0,1 %, lemak 0,2 %, fosfor 0,048 %, kalsium 0,21 %, besi 0,0026 %, kadar air 61,8% dan serat atau fiber 2 %. Bahkan menurut hasil penelitian, daging buah sukun yang telah dimasak dikenal sebagai sumber vitamin A dan B komplek meskipun buah tersebut miskin akan vitamin C.

tepung-sukunMelihat kandungan gizinya yang cukup besar, tidak heran bila pemanfaatan buah sukun sebagai bahan pangan lokal pengganti beras perlu diperhitungkan oleh sebagian besar masyarakat. Kendati sejak pemerintah mulai melancarkan program diversifikasi pangan, hanya tanaman jagung, kentang, singkong, dan ubi jalar saja yang sering diangkat menjadi bahan pangan alternatif, namun tidak menutup kemungkinan bila di kemudian hari buah sukun bisa menjadi salah satu bahan pangan lokal pendamping beras yang tak kalah potensial.

Semoga informasi potensi bisnis daerah yang mengangkat buah sukun, bahan pangan lokal yang potensial ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk mulai mengeksplorasi potensi buah sukun sebagai salah satu peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan cukup besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.polynesianworld.com/wp-content/uploads/2012/02/Breadfruit1.jpg
2. http://w24.indonetwork.co.id/pdimage/86/1843586_tepung-sukun.jpg

5 Komentar

  1. Sya tertarik untuk usaha olahan sukun ini.tpi di daerah saya tanaman suku belum begitu banyak,dan untuk cara pengolahan juga belum tau. MuNkin ada yg sudah berjalan bisa membantu.makasih sebelumnya..

  2. ass..sy tertarik juga nih.klau boleh tahu kemana harus saya pasarkan buah sukun ini.karena klau proses sy terkendala dana aja.di daerah sy banyak buah sukun ini yang tak dihiraukan /dibiarkan ama pemliknya.mohon infonya.atau kirim email.ke abagus3@gmail.com

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk ide bisnis olahan sukun, Bapak Agus bisa membuka langsung artikel-artikel tentang olahan sukun melalui link beritu OLAHAN SUKUN. Dan kebetulan sebagai bocoran, majalah digital bisnisukm.com edisi bulan September 2013 akan mengupas segala macam peluang bisnis olahan sukun. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  3. jd sy senang sukun bs di jd kan Tepung, mgkn dr dulu tp tdk ada yg perhatikan, , nah skrg, buah sukun itu di jdkan keripik buah yg selama ini kami lihat, pertanyaan sy klo di bikin Tepung ada nga market nya, mesin apa yg bs di pakai utk mengolah menjadi Tepung sukun. tks

  4. sy tertarik dgn pembuatan tepung dari sukun tapi ghimana caranya dn ap ad alatnya berupa pabriknya/mesinnya/””’

Comments are closed.