Berita UKM

BUMDes Bisa Raup Keuntungan Rp 75 Triliun Kalau Dikelola Serius!

BUMDes Bisa Raup Keuntungan Rp 75 Triliun Kalau Dikelola Serius!Prihatin dengan banyaknya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sekarang ini kondisinya tinggal nama dan bangunan saja, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mulai serius memaksimalkan peran BUMDes di seluruh daerah.

Pasalnya kalau dikelola dengan serius, Badan Usaha Milik Desa ini bisa mendorong pertumbuhan perekonomian di pelosok desa dan berpotensi menghasilkan keuntungan hingga Rp 75 triliun setiap tahunnya.

“Saat ini sudah ada BUMDes yang bisa mengantongi laba bersih Rp 10 miliar per tahun. Sementara kalau semuanya aktif, jumlah BUMDes di seluruh Indonesia mencapai 18.446,” jelas Eko Putro Sandjojo.

Mendes juga menargetkan pihaknya akan memperbanyak jumlah BUMDes di tanah air. Rencananya bakal menambahkan 75 ribu BUMDes di seluruh daerah, dengan asumsi setiap BUMDes minimal bisa mengantongi keuntungan bersih minimal RP 1 miliar.

“Bayangkan saja kalau total ada 75 ribu BUMDes, berarti setiap tahunnya bisa terkumpul keuntungan Rp 75 triliun dari unit usaha desa ini,” tambahnya.

Guna merealisasikan program pembangunan Badan Usaha Milik Desa di tanah air, Mendes Eko sengaja menggandeng BUMN perbankan dan Bulog. Apalagi setiap desa di Indonesia punya potensi daerah yang luar biasa, sehingga pembangunan BUMDes bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Melalui program jangka panjang BUMDes yang rencananya bakal direalisasikan 7 tahun mendatang, semoga pertumbuhan ekonomi di setiap desa bisa semakin merata.

SHARE YUK!