Cara Beriklan Di Media Sosial Pinterest, Begini Caranya

Media sosial pinterest adalah salah satu media sosial yang dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk melakukan promosi. Sekarang ini kegunaan pinterest tidak hanya sebatas untuk kegiatan pribadi yakni untuk berbagi foto, video. Namun juga membantu menunjang para pelaku bisnis untuk melebarkan sayapnya dalam menjangkau para calon pembeli diluar daerah, pulau bahkan mancanegara. Sebelumnya memang instagram dan facebook menjadi salah satu media sosial yang sangat populer untuk promosi.

Namun pada 2012 silam pinterest mulai muncul, namun memang digunakan dan populernya baru beberapa tahun terakhir ini. Meskipun kemunculannya sudah lama namun untuk dikenal oleh masyarakat luas belum begitu lama. Bahkan sampai saat ini belum banyak yang memanfaatkan media sosial ini untuk kegiatan bisnis.

Namun dengan seiring perkembangan zaman yang semakin modern dan semakin banyaknya persaingan bisnis ini menuntut para pelaku bisnis untuk lebih melek akan teknologi dan media sosial untuk mempromosikan dan meningkatakan penjualan. Tentunya para pelaku bisnis ini tidak mau ketinggalan strategi dan cara yang digunakan oleh para pesaing.

Kini semakin kesini para pelaku bisnis semakin tertarik untuk menggunakan aplikasi pinterest ini untuk membuat board dan pin untuk mempromosikan produk mereka. Dengan menggunakan pinterest ini para pelaku bisnis ini dapat mengupload foto atau gambar yang dimasukkan dalam kategori atau folder yang bisa dicustomize sesuai dengan produk unggulan yang kamu pasarkan.

Nah untuk kamu yang memiliki bisnis dan ingin meningkatkan tak ada salahnya juga turut memanfaatkan media sosial piterest ini. Untuk yang belum mengetahui tentang pinterest, bagaimana dan cara menggunakannya, berikut ini adalah cara menggunakan iklan pinterest.

Cara Memasang Iklan Di Media Sosial Pinterest

Berikut ini cara memasang pinterest untuk membantu meningkatkan penjualan, perhatikan langkah – langkahnya satu persatu yang akan kita bahas sekarang ini.

Menjelajah Halaman Pinterest

  • Buka pinterest, kamu bisa menyentuh ikon pinterest. Namun pastikan jika kamu sebelumnya sudah memiliki akun pinterest. Kemudian langkah selanjutnya adalah pastikan jika kamu sudah login pada menu pojok kanan atas pada halaman.
  • Tinjau halaman utama ointerst, pad ahalaman ini terdapat topik yang mungkin akan kamu sukai, board atau pengguna yang diikutii. Kamu bisa kembali pada halaman utama dengan klik logo pinterest. Kemudian jika ingin kembali pada halam baranda kamu tinggal klik home.
  • Buka halaman profil, kamu bisa mengakses dnegan menyentuh ikon manusia yang ada pada menu pojok kanan bawah. Kamu pun bisa melihat board yang kamu buat sendiri dan juga dapat mengubah pengaturannya dengan menyentuh menu segi enam setting.
  • Periksa pemberitahuan akun pinterest dengan menyentuh ikon balon percakapan di bagian kanan halaman. Kamu pun bisa memilih box inbox untuk melihat obrolan pribadi.
  • Cari pengguna dan ide, kamu bisa mencari saran hasil pencarian dan kemudian menekan menu enter pada keyword yang diketikkan.
  • Gunakan fitur explore, ini untuk membuka halaman topik yang sedang trend, new dan saran konten yang bisa menjadi referensi kamu.
  • Tab profil, kemudian kamu akan dibawa pada halaman profil, pada halaman tersebut kamu bisa membuat board pertama kamu.

Membuat Papan Board

  • Pertama, pilih tombol + yang berada pada pojok kanan atas atau bisa create board yang berada pada sisi kiri halaman.
  • Kemudian pilih create board pada bagian bawah halaman.
  • Lalu ketikkan nama papan kiriman atau board, judul atau nama yang dimasukkan harus mencerminkan jenis konten dan tempelkan ke papan.
  • Lalu pilih create, setelahnya kamu bisa mengupload dan menyimpan kiriman atau pin.

Upload Kiriman

  • Pertama klik ikon + kemudian kamu akan diarahkan pada beberapa pilihan photo atau upload a pin. Pada pilhan ini memungkinkan kamu memilih foto dari album dari penyimpanan perangkat. Website atau save from a website yang memungkinkan mencari situs web tautan dan mencari konten yang bisa ditambahkan pada papan pada situs, kemudian sentuh tautan copied link untuk membuka tautan terakhir yang disalin.
  • Lalu menentukan pilihan yang diinginkan, pada proses yang satu ini adalah proses upload kiriman atau konten yang tergantung pada pilihanmu. APabila kamu mengijinkan aplikasi mengakses perangkat maka klik tautan choose photos dan apabila kamu menggunakan situs web pastikan jika kamu memasukkan url situs web pada kolom yang disediakan kemudian save.
  • Kemudian pilih konten yang ingin ditambahkan, pada saat upload ini semua metode pengungahan tergantung pada pilihanmu.
  • Pilih papan ketika diminta, tambahkan deskripsi konten pada kolom.

Simpan Kiriman

  • Buka menu pencarian pada ikon kaca pembesar atau tulisan search, kemudian pilih kiriman yang akan disimpan dan kamu bisa memilih mengentikkan kata kunci pada pencarian.
  • Lalu klik konten yang diungguh pada pinterest, kemudian konten akan dibuka
  • Kemudian klik tombol save, lalu pilih papan atau board ketika diminta. Setelah itu konten akan ditambah pada papan yang sudah dipilih.

Mengikuti Papan Board

  • Buka pencarian pinterest, gunakan kata kunci untuk encari papan dan para pengguna yang bisa diikuti.
  • Lalu cari entri yang berkaitan dengan konten yang diinginkan, kamu pun bisa mengetikkan apapun yang ingin dicari.
  • Klik ikon filter pada samping menu search atau pencarian. Lalu pilih filter yang sesuai, untuk menampilkan board atau papan pilih boards dan jika ingin mencari pengguna pinterest lain untuk diikutin pilih people. Lalu klik pinners atau klik tombol follow.

Nah itu tadi adalah cara untuk memasang iklan pada pinterest, semoga bisa membantu kamu yang pengen beriklan dengan memanfaatkan aplikasi ini. Pastikan jika kamu sebelumya memiliki akun pinterest. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Dengan keterlibatan media sosial pinterest pada akhirnya akan membantu meningkatkan penjualan produk dan menghasilkan lebih banyak pintasan pada websitemu. Namun jika kamu ingin lebih detail dalam mempromosikan produkmu kamu mungkin perlu menyiapkan kampanye konten yang menarik. Namun dengan memanfaatkan kampanye ini tentunya kamu akan diarahkan pada penawaran pendaftaran dimana penggunaan fitur ini untuk promosi maka harus membayar dalam jumlah tertentu yang sudah ditentukan.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba