Bisnis Beras Usaha Rumahan Omzet Menjanjikan

Bisnis beras merupakan salah satu peluang yang prospeknya menjanjikan. Siapa yang tidak membutuhkan beras? Tentunya semua orang bahkan sebagian besar orang Indonesia membutuhkan dan menyukai beras. Sebab beras merupakan salah satu dari bahan pokok makanan di Indonesia ini. Inilah kenapa bisnis beras termasuk bisnis jangka panjang yang menjanjikan. Bahkan untuk memulainya bisa dalam skala rumahan. Cukup melakukan bisnis dari rumah penghasilan bisa mengalir deras.

Bisnis Beras

Bisnis Beras Usaha Rumahan Omzet Menjanjikan
freepik.com

Anda bisa memulai bisnis beras di area perumahan tempat Anda tinggal yang pastinya akan banyak konsumen potensial, karena siapa sih yang tidak akan membeli beras? Coba Anda misalkan saja ketika memulai bisnis ini di rumah, pembelinya dalam sehari adalah warga satu RT, belum lagi ditambah dari RT sebelah, dan seterusnya. Bahkan Anda bisa menjadi pemasok beras ke berbagai toko sembako. Tapi perlu Anda persiapkan juga kemasan beras supaya produk beras Anda makin dikenal konsumen.

Persiapan Bisnis Beras

Kali ini Bisnis UKM akan mengulas beberapa poin penting ketika Anda ingin menjalankan bisnis beras. Simak beberapa poin berikut ini supaya bisnis yang Anda jalankan bisa mendatangkan omzet yang menjanjikan.

1. Kelola Stok Beras

Biasanya stok untuk bisnis beras yang dikelola oleh seseorang akan diambil dari para agen maupun distributor. Anda harus mengetahui berapa lama stok beras bisa bertahan. Setidaknya jika nanti bisnis makin berkembang dan diminati banyak pembeli maka Anda juga harus pAndai dalam menentukan seberapa banyak stok beras yang harus disimpan. Perhitungkan dengan baik pengelolaan stok beras untuk meminimalisir kerugian karena kualitas stok beras menurun saking lamanya berada di penyimpanan.

2. Temukan Supplier Beras Terpercaya

Tidak ada yang bisa menjalankan bisnisnya sendirian tanpa ada campur tangan dari rekan kerja. Untuk memulai bisnis ini partner kerja Anda adalah para pemasok atau supplier beras. Agar bisnis Anda berjalan dengan lancar maka Anda harus pandai dalam memilh pemasok beras. Tidak hanya memilih pemasok yang bisa menawarkan kualitas maupun harga termurah dan terbaik saja. Anda juga harus mencari supplier yang konsisten, tepat waktu, dan selalu bertanggung jawab terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Tentukan Kualitas Beras
medicalnewstoday.com

3. Tentukan Kualitas Beras

Ada banyak jenis beras yang beredar di pasaran. Anda tinggal mencari dan memilih beberapa jenis beras yang sering dibeli oleh konsumen pada umumnya. Jangan hanya menyediakan satu jenis beras saja, tapi sediakan juga beberapa jenis beras yang sesuai dan memang permintaan pasarnya tinggi. Biasanya akan ada dua versi dari jenis beras yang laku di pasaran. Pertama adalah beras yang memiliki kualitas biasa hingga sedang dan yang kedua adalah beras kualitas premium.

Walaupun jenis beras premium akan lebih mahal daripada jenis yang pertama, tidak sedikit juga para pembeli yang memang konsisten mengonsumsi beras tersebut. Tidak jarang banyak ditemui beras yang kualitasnya sangat jauh di bawah standar kesehatan. Seperti beras yang mengandung pemutih dan pewangi. Jangan tergoda hanya karena harganya murah, pastikan beras yang Anda jual benar-benar berkualitas supaya tidak merugikan konsumen.

4. Target Konsumen

Dalam memulai sebuah bisnis di bidang apa saja, pasti harus paham dengan pengelolaan target konsumen. Jadi Anda harus menentukan berapa banyak target konsumen yang bisa membuat bisnis Anda mengalami kemajuan dan perkembangan. Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu jauh dalam menentukan target konsumen, Anda bisa membidik terlebih dahulu orang-orang di lingkungan terdekat di mana bisnis dijalankan. Fokuslah untuk membuat mereka menjadi pelanggan tetap. Setahap demi setahap pasti bisnis ini akan mengalami perkembangan ketika Anda konsisten dalam menjalankannya.

quickanddirtytips.co

5. Kelengkapan Alat Takar Beras

Tidak semua konsumen akan mudah percaya dengan takaran yang Anda gunakan dalam bisnis ini. Itulah kenapa Anda memerlukan beberapa alat takar dan juga timbangan beras. Ketika Anda menjalankan bisnis beras eceran ini, tentunya akan ada beragam permintaan dari konsumen tentang takaran seberapa banyak beras yang mereka inginkan. Dengan ketersediaan alat takar yang memadai ini akan membuat mereka percaya dengan ukuran yang Anda tawarkan.

6. Terus Berinovasi

Mungkin para pedagang maupun pebisnis beras yang sukses adalah mereka yang selalu melakukan inovasi dan melakukan bebarapa bentuk perbaikan terhadap usahanya. Tentunya Anda juga bisa menerapkan hal ini. Di mana Anda bisa menggunakan beberapa ide dan perubahan baru demi kemajuan bisnis Anda. Ide atau inovasi tersebut bisa berupa potongan harga akhir bulan atau beberapa tawaran menarik lainnya.

7. Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Jangan terlalu kaku dalam memberikan pelayanan, orang akan lebih tertarik jika mendapatkan pelayanan yang baik, ramah, dan sopan. Maka dari itulah Anda di tuntut untuk lebih berani dan lebih jeli untuk membuat konsumen nyaman dan betah dengan usaha Anda. Selain itu sediakan juga layanan pemesanan secara online dan jasa pengirimannya. Sekarang bisnis beras juga sudah merambah ke pemasaran online. Anda juga bisa mendaftarkan diri menjadi mitra mart pada aplikasi ojek online.

depositphotos.com

8. Buatlah Kemitraan

Banyaknya peluang kerja sama yang Anda tawarkan tentunya akan lebih mudah dalam mengembangkan bisnis ini, karena akan selalu ada potensi yang dimiliki dengan adanya kemitraan yang Anda bangun. Buatlah kerja sama dengan toko sembako atau swalayan kecil di mana Anda bisa menjual beras kemasan dari ukuran 3kg, 5kg, hingga 10kg.

9. Manajemen Harga

Selalu pantau harga yang diberikan oleh para pesain bisnis beras. Sebab dengan hal ini Anda bisa memainkan harga yang tidak berpotensi untuk kehilangan konsumen. Harga yang terlalu tinggi dibandingkan dengan kompetitor justru akan menjadi bumerang bagi sebuah bisnis.

10. Startegi Keuntungan

Sebagai awalan Anda tidak disarankan untuk terlalu banyak mengambil keuntungan dengan mematok harga yang terlalu tinggi. Hal Ini berguna untuk membangun kepercayaan dan hubungan baik antara Anda dan konsumen. Sebab keuntungan yang terlalu besar akan berdampak pada harga jual dan akan berdampak juga pada keinginan mereka untuk menjadi konsumen. Anda bisa mengamati dan mempelajari strategi dari kompetitor Anda. Cermatilah bagaimana pola bisnis dan pengelolaan hubungan baik dengan konsumen supaya bisa diterapkan juga pada bisnis yang Anda jalankan.

Itulah beberapa poin yang perlu Anda perhatikan ketika memutuskan untuk menjalankan bisnis beras. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa membuat kemasan beras baik itu dalam bentuk kemasan plastik atau karung beras juga penting supaya produk Anda makin dikenal konsumen. Bahkan peluang Anda untuk menjadi suplier beras ke swalayan atau retail modern juga semakin besar. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis Anda #NaikKelas ! Semoga tulisan ini bermanfaat. Ikuti terus informasi seputar bisnis rumahan lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga ke rekan Anda yang lain supaya semakin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba