Cari Ide Usaha Minim Modal? Cobain Usaha Sate Jamur Sehat

Usaha sate jamur adalah solusi menarik untuk para pemula pelaku usaha yang memiliki modal minim dan ingin punya usaha. Meskipun bahan makanan ini termasuk bahan baku yang murah dan terjangkau. Namun ditangan-tangan kreatif bisa diolah menjadi makanan yang memiliki nilai jual tinggi. rasanya tak kalah enak, lezat dan menarik jika dibandingkan dari sate daging. 

Sudah cukup lama aneka makanan olahan jamur kini semakin mewabah seiring meningkatnya minat dan permintaan masyarakat akan jamur konsumsi. Jika awalnya jamur hanya diolah menjadi keripik atau campuran masakan sehari-hari saja, kini aneka olahannya sangat beragam mulai dari nugget, abon, sosis, burger, bakso hingga sate jamur yang ramai ditawarkan beberapa tempat kuliner di berbagai pelosok daerah.

Usaha Sate Jamur Memiliki Prospek Cerah 

Dari sekian banyak menu makanan serba jamur yang ditawarkan, sate jamur merupakan salah satu kuliner yang paling diminati konsumen. Selain rasanya yang enak, sate jamur juga lebih sehat jika dibandingkan sate ayam atau kambing yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi. Sehingga tidak heran bila inovasi baru di bidang kuliner ini dengan mudahnya diterima pasar, karena sate jamur bebas kolesterol dan menjadi alternatif tepat bagi semua kalangan masyarakat yang menggemari sajian nikmat sate sehat.

This image has an empty alt attribute; its file name is Cari-Ide-Usaha-Minim-Modal-Cobain-Usaha-Sate-Jamur-Sehat-720x432.jpg

Biasanya sate jamur yang ditawarkan di pasaran, menggunakan jamur tiram sebagai bahan utamanya. Jenis jamur tiram dipilih para pelaku usaha karena tekstur rasanya sangat mirip dengan daging ayam. Disamping itu harganya juga relatif lebih murah dan mudah ditemukan di berbagai daerah. Sehingga harga sate jamur per porsinya bisa lebih murah dibandingkan sate daging ayam atau sate kambing. Rata-rata seporsi sate jamur (berisi 12 tusuk sate) ditawarkan dengan harga Rp 12.000-Rp 13.000 harga yang sangat terjangkau untuk makanan nikmat yang kaya manfaat ini.

Nah, bagi Anda yang tertarik menekuni usaha sate jamur sehat, berikut ini kami informasikan resep menu makanan sehat sate jamur yang dapat Anda coba dirumah sebelum akhirnya dikembangkan menjadi peluang usaha.

Resep Membuat Sate Jamur

Bahan Sate :

  • 100 gram jamur tiram, potong-potong
  • 5 buah tusuk sate

Bumbu Kacang :

  • 50 gram kacang tanah goreng lalu dihaluskan
  • 3 siung bawang merah, haluskan
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 3 buah cabe merah, haluskan
  • 3 sdm gula merah, disisir tipis-tipis
  • 1/4 sdt garam
  • 3 sdm minyak goreng
  • Air matang

Pelengkap :

  • Selada
  • Tomat

Cara Membuat Bumbu Kacang :

  1. Siapkan wajan, panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan hingga matang dan harum.
  2. Masukkan cabe merah, kacang tanah yang telah dihaluskan, gula merah, garam dan air. Masak hingga bumbu matang dan mengental, angkat, lalu sisihkan.

Cara Membuat Sate Jamur :

  1. Tusukkan potongan jamur ke tusuk sate, ulangi hingga kelima tusuk sate selesai terisi.
  2. Siapkan alat bakaran, bakar sate hingga setengah matang, kemudian olesi bakaran jamur dengan bumbu kacang lalu dibakar lagi sampai kecoklatan dan benar-benar matang. Angkat, dan sisihkan
  3. Lengkapi piring saji dengan irisan kol dan tomat, letakkan sate jamur lalu siram dengan bumbu kacang atau bisa juga menyajikannya dengan sambal kecap. Sajikan selagi hangat.

Analisa Ekonomi

Biaya Investasi 
Etalase                                      Rp 1.000.000
Spanduk ukuran besar  3x1m                   Rp    60.000
Spanduk ukuran kecil  1x1m                   Rp    25.000
Alat masak                                   Rp   200.000
Pemanggang sate  2 buah                      Rp   300.000
Kemasan  lunch box  @1300x100                Rp   130.000
Perlengkapan lain                            Rp   200.000
Total                                        Rp 1.915.000

Biaya Operasional 
Jamur tiram 1kg Rp 25.000x60kg              Rp 1.500.000
Bumbu                                       Rp 1.000.000
Listrik                                     Rp   100.000
Arang 1kg Rp 13.000x60kg                    Rp   780.000
Total                                       Rp 3.380.000
Total Modal                                 Rp 5.295.000

*Jamur tiram 1kg bisa menjadi 250 tusuk 

Pendapatan perbulan 
Sate jamur per@ Rp 13.000x25 porsi = Rp 325.000
Rp 325.000x30 hari = Rp 9.750.000

Keuntungan 
Laba = Total pendapatan - total biaya operasional 
     = Rp 9.750.000 - Rp 5.295.000
     = Rp 4.455.000
  

Tingginya minat masyarakat akan masakan jamur, membukakan peluang besar bagi Anda untuk segera memulai usaha. Semoga info usaha sate jamur sehat ini bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi inspirasi bagi para pencari usaha. Selalu ada jalan bila Anda mau berusaha, mulai dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang.

Cara Memulai Usaha Sate Jamur

Selanjutnya kita akan membahas cara memulai usaha sate jamur sehat. Bagi para pemula wajib mempelajari ini agar tidak binggung memulai usahanya dimulai dari mana dan bagaimana. Tentu analisa peluang usaha ini tidak akan berjalan kalau kamu tidak memiliki strategi dalam menjalankan usaha supaya ramai dikunjungi pelanggan. Berikut ini Bisnis UKM akan membagikan tips supaya usaha sate jamur yang kamu jalankan bisa laku keras dan laris manis.

Produksi

Pengolahan sate jamur ini sangat perlu diperhatikan. Mulai dari produksi dari bahan mentah, setengah jadi, sampai bahan jadi atau matang yang siap dikonsumsi oleh pelanggan. Untuk proses menjadi sate jamur siap konsumsi kamu harus memperhatikan betul bagaimana sate dipanggang, bara api yang stabil, daging ayam harus dipastikan benar-benar matang, tidak gosong, bumbu yang pas, dan penyajian yang menarik.

Alat dan Bahan

Tidak hanya mempersiapkan alat yang digunakan dan menyiapkan bahan-bahan yang berkualitas untuk menghasilkan cita rasa yang enka dan lezat. Untuk menjaga kualitas dan kepercayaan pembeli kamu perlu memperhatikan kebersihan bahan baku dan peralatan. Pastikan dan jaga agar etelase, meja, kursi, pemanggang sate, kipas, alat makan tetap bersih. Rutin dalam menbersihakan perlatan setiap harinya agar pembeli juga tidak segan dan ragu untuk membeli karena sudah terjamin kualitas kebersihannya. Selain itu pastikan juga jika dalam mengolah sate dalam proses memasak dan pencuciannya benar-benar bersih.

Resep

Sebelum terjun dalam usaha sate jamur ini kamu perlu untuk memperlajari resep dan menguasai takaran yang pas dan sesuai dengan sate pada umumnya. Jika perlu tambahkan inovasi rasanya agar sate buatanmu memiliki cita rasa yang khas tersendiri. Disamping itu jaga cita rasa seperti racikan bumbun yang lezat, daging sate jamur yang tidak alot tapi tidak gosong, serta rasanya gurih sedap akan membuat sate jamur yang kamu jual menjadi favorit pecinta sate jamur. Berikan juga pilihan sambal kacangnya menjadi pedas dan tidak pedas. Mengingat penikmat sate jamur tidak hanya orang tua namun juga anak-anak.

Riset Kompetitor

Kamu bisa melakukan riset sederhana dengan mendatangi warung sate jamur atau ayam disekitar lingkunagnmu yang ramai dikunjungi pembeli. Kemudian kamu bisa beli sate yang mereka jual, perhatikan kebiasaan para pembeli. Berapa banyak atau porsi yang mereka beli. Rentan usia berapa kebanyakan yang membeli. Rasakan pula cita rasa dari sate tersebut untuk mengira-ira rasa dan bumbu yang ditambahkan. Jika perlu perhatikan inovasi menu yang ada, menu tamahan, lauk tambahan dan harga yang ditawarkan.

Lokasi Usaha

Usaha sate jamur ini bisa dijalankan dari rumah, apalagi kalau rumahmu berada dilokasi yang strategis. Seperti di pinggir jalan, dekat pasar, dekat perkantoran, dekat perumahan, atau dekat dengan pusat jajanan kuliner. Lokasi jualan sate jamur yang strategis akan menjadi poin penting supaya banyak konsumen yang berdatangan. Karena konsumen akan mudah menjangkau lokasi usaha untuk bisa menikmati sate jamur yang kamu jual.

Promosi

Peluang usaha di rumah yang menjanjikan dengan usaha sate jamur tidak akan terkenal kalau tidak dibarengi dengan promosi. Maka dari itu promosikan usahamu dengan spanduk yang lebar dan tulisan yang menarik. Kamu juga bisa menyebar brosur dengan mengadakan promo menarik diskon atau potongan harga. Selain itu sertakan juga gambar-gambar menarik yang menggunggah selera, sehingga bisa mendorong rasa penasaran orang yang melihat untuk membeli. Manfaatkanlah juga media sosial dan mendaftarkan diri menjadi merchant di jasa ojek online supaya jangkauan konsumen menjadi lebih luas.

Pelayanan Prima

Pelayanan yang baik pada pelanggan dengan menyuguhkan senyum ramah dan penyajian yang cekatan adalah hal yang menjadikan pelanggan merasa puas. Sebab membuat pelanggan tidak perlu menunggu lama merupakan poin khusus yang dapat menjadikan warung sate jamur kamu laris manis dan banyak pelanggan.

Itu tadi adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk bekal memulai usaha sate jamur ini. Pastikan sebelum memulai usaha sate ini kamu sudah terlebih dahulu mencoba membuatnya sampai menemukan rasa yang sesuai dan disukai orang. Setelah kamu selesai membuat bagikan ke tetangga terdekat agar mereka mengetahui bagaimana kualitas rasa dari sate jamur yang kamu buat. Kemudian minta mereka untuk memberikan masukan dan saran. Maka kamu bisa belajar dari masukan yang ada tersebut untuk lebih mengembangkan usahamu.

Sekian, semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pemula yang sedang mencari ide usaha dan dan bagaimana cara menjalankannya. Terus berjuang mewujudkan impian menjadi pengusaha sukses karena siapapun itu bisa asalkan mau berusaha dan belajar terus berkembang. Ikuti terus BisnisUKM.com karena masih ada banyak ide usaha menarik lagi dari berbagai bidang yang bisa kamu jadikan referensi.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba